Wow, Transaksi Syariah Kini Bisa Dilakukan via Blockchain

0
9

Kabar bagus datang bagi pegiat blockchain sekaligus industri keuangan syariah. Hal ini seiring dengan kesuksesan Algorand Foundation mengantongi sertifikasi untuk pembiayaan sesuai dengan prinsip-prinsip keuangan syariah.

Kabar itu disampaikan sendiri oleh Algorand Foundation melalui keterangan resminya yang diterbitkan akhir Oktober 2019 lalu, sebagaimana dilansir oleh cointelegraph.com. Dengan demikian, kini lembaga-lembaga keuangan syariah bisa mulai memanfaatkan produk Algorand untuk membantu transaksi keuangannya.

Hal ini sekaligus menjadi peluang bisnis baru terkait penyediaan platform blockchain yang sesuai dengan pedoman keuangan syariah bagi perusahaan-perusahaan yang menerapkan prinsip dan standar keuangan syariah.

Meski Algorand telah memperoleh sertifikasi untuk pembiayaan syariah, setiap aplikasi yang terdesentralisasi dan dibangun di atas platform Algorand masih perlu mendapatkan evaluasi dan diperiksa secara individual terkait fungsi kepatuhan perusahaan.Ke depan, diyakini bakal makin banyak lagi evaluasi lain terkait pengembangan sistem yang telah disertifikasi halal. Pihak Algorand mengakui bahwa pasar keuangan Islam memiliki peran yang sangat signifikan dan strategis terhadap perekonomian global.