Ini 8 Perusahaan Blockchain yang Masuk Kategori Unicorn!

0
23
Unicorn adalah sebutan untuk perusahaan swasta yang nilai kapitalisasinya mencapai $1 miliar. Kategori ini termasuk langka, menurut Harun Research Institute kurang dari 500 perusahaan di seluruh dunia yang termasuk kategori tersebut termasuk di antaranya perusahaan blockchain.

Dari jumlah tersebut ada beberapa perusahaan Blockchain yang berhasil menyandang status Unicorn. Ini dia daftarnya!

Bitmain – $12 Miliar

Bitmain sejauh ini merupakan perusahaan crypto dengan nilai tertinggi. Perusahaan penambangan ini berhasil mengakumulasi kekayaan dengan menjual hardware untuk proses .

Mereka juga mengoperasikan kolam penambangan dan pertanian penambangan untuk aset kripto dengan menarik modal ventura. Bitmain memiliki nilai sekitar $12 miliar sekitar Rp169 triliun. Angka ini pernah dilaporkan outlet berita Cina Caixin pada Juni 2018.

Coinbase – $8 Miliar

Coinbase terkenal sebagai perusahaan trading yang profesional. Namun, mereka juga memiliki pendapatan lain, terutama penyediaan layanan Coinbase Custody yang berguna untuk investor institusi dalam melakukan perdagangan aset kripto.

Pada Oktober 2018, Coinbase mengumumkan bahwa pendapatan mereka telah melampaui $8 miliar, setara dengan Rp112,8 triliun.

Robinhood -$7 Miliar

Robinhood memulai sebagai platform perdagangan saham yang fokus pada feeless trading. Perusahaan ini baru memulai crypto trading pada 2018. Dikenal dengan sebuatan “ Aplikasi trading kripto yang cocok untuk millenial”.

Daya tarik ini berhasil membuat Robinhho sukses dan bernilai $7 miliar setara dengan Rp98,7 triliun yang dilaporkan pertama kali pada bulan Mei.

Baca Juga : Ini Lho 13 Startup Blockchain di Indonesia

Kraken – $4 Miliar

Kraken termasuk bursa kripto terbesar. Di Februari, perusahaan mengalami ekspansi ekspansi besar-besaran ketika mengakuisisi platform perdagangan berjangka, melakukan rebranding dan mempekerjakan beberapa karyawan. Kraken berhasil menaikan valuasinya hingga $4 miliar, setara dengan Rp56 triliun.

Circle – $3 Miliar

Circle adalah perusahaan layanan crypto multifaset. Awalnya perusahaan ini merupakan perusahaan pembayaran biasa. Namun mereka mulai menawarkan layanan perdagangan aset kripto dan investasi.

Circle juga bertanggung jawab pada USD coin salah stau stablecoin yang populer. Di 2018 Circle mendapatlan nilai valuasi sebesar $3 milyar setara dengan Rp42 triliun.

Block.one – $3 Miliar

Block.one adalah perusahaan di belakang EOS, yang merupakan cryptocurrency terbesar ketujuh dan pesaing utama dari Ethereum. Pada bulan Maret, Bloomberg menerima email pemegang saham yang mengatakan bahwa Block.one memiliki nilai $3 miliar.

BitMex -$3 Miliar

Bitmex adalah perusahaan pertukaran mata uang kripto yang menawakrkan kontrak berjangan dan abadi sebagai andalan utama. Kedua produk itu memungkinkan investor untuk terlibat dalam leveraged trading.

Pada Juli 2018, Times memperkirakan jika nilai Bitmex adalah $3,6 miliar berdasarkan laba tahunan.  Perkiraan lainnya, nilai aktual perusahaan ini mendekati $1 miliar.

Binance – $2 Miliar

Binance adalah bursa pertukara aset kripto terbesar berdasarkan volume perdagangan, di sana juga menyediakan beberapa fitur dan layanan termasuk Binance Coin dan Binance Chain.

Dalam wawancara di bulan Oktober bersama ForkLog, CEO Changpeng Zhao,mengonfirmasi bahwa Binanve memiliki nilai valuasi paling tidak $2 miliar atau bahkan lebih tinggi dari itu.

Itu dia 8 perusahaan Blockchain yang masuk kategori Unicorn karena nilai valuasinya yang melebihi $1 Miliar. Mereka juga merupakan perusahaan yang notabene memiliki reputasi bagus.

Sumber