Tingkatkan Penjualan Perusahaan Berlian Ini Pakai Blockchain

0
55
Perusahaan pertambangan berlian asal Rusia, Alrosa saat ini bekerja sama dengan perusahaan teknologi Inggris Everledger dan  Tencent untuk meluncurkan sebuah mini program pada WeChat, yang mana bertujuan untuk lebih transparan dan aman untuk melakukan pembelian berlian berkat adanya bantuan dari teknologi blockchain.

Mini program yang akan diluncurkan ini memungkinkan penjual dan konsumen untuk melacak keaslian berlian, mengecek karakteristik dari batu berlian tersebut dan sertifikasi kepemilikan dengan melakukan verifikasi melalui platform blockchain Everledger.

“Pembeli juga bisa menyelesaikan pembayaran di mini program ini menggunakan layanan pembayaran mobile, WeChat Pay,” berdasarkan pernyataan yang dikeluarkan oleh perusahaan Alrosa.

Perjanjian tritateral yang melibatkan tiga negara melalui kemitraan peluncuran mini program ini, yaitu Inggris (Everledger), Rusia (Alrosa), dan Tiongkok (Tencent) merupakan upaya dari perusahaan Alrosa untuk menguatkan penjualan berliannya di wilayah Tiongkok. Apalagi, ditambah fakta bahwa teknologi blockchain di Tiongkok sudah banyak digunakan untuk membantu pembayaran tagihan pajak dan aktivitas pendanaan yang melibatkan banyak pihak.

WeChat adalah platform sosial media paling populer di Tiongkok dengan 1,15 miliar pengguna aktif setiap bulannya, dan peluncuran mini program blockchain pada WeChat ini semakin digunakan oleh merchant untuk menjual produk mereka. Sebuah mini program itu berbeda dengan aplikasi yang mengizinkan pengguna secara langsung dan instan menggunakannya pada platform WeChat tanpa sebuah unduhan terpisah.

Pada September, Tencent yang merupakan investor mayoritas pada pendanaan seri A untuk Everledger yang memperoleh dana investasi sebesar $20 juta. Perusahan startup teknologi ini memulai dengan sebuah platform yang menggunakan teknologi blockchain untuk melakukan verifikasi otentikasi dari berlian.

Sumber