Harga Bitcoin di Iran Capai $24.000

0
44
Penjual lokal di negara Iran pada  platform perdagangan peer –to-peer LocalBitcoins saat ini mematok harga sekitar 1 milliar real Iran atau lebih dari $24.000 per Bitcoin (BTC), berdasarkan nilai tukar resmi dari bank sentral negara tersebut.

Penyebab harga Bitcoin melambung di Iran diduga karena ketegangan antara AS-Iran. Dilansir dari Cointelegraph, serangan udara bandara Baghdad yang diperintahkan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah membunuh kepala Pasukan elit Pengawal Revolusi Iran, Jenderal Qasem Soleimani.  Karena hal ini harga minyak global serta Bitcoin mengalami rebound dari posisi terendah mingguan sekitar $6.850

Sementara itu, dilihat dari tingkat BTC pada LocalBitcoin di Iran, pendiri outlet analytical crypto Messari Ryan Selkis secara keliru mencatat bahwa sekarang ada premi yang sangat besar sebagai hasilnya.

“Bitcoin diperdagangkan hampir $ 24.000 dalam USD setara dengan Rial Iran di LocalBitcoin hari ini. Tidak mungkin pembelian itu membayar tanggapan militer Iran. Sebaliknya, itu mungkin orang Iran yang tidak bersalah (dan putus asa) mencari jalan keluar dari kekacauan yang akan datang, “ jelas Messari.

Tetapi mengingat kenyataan nilai tukar ganda di Iran, kemungkinan tidak ada yang benar-benar membayar sebanyak ini per Bitcoin.

Terbatasnya Akses Internet dan Perdagangan Bitcoin Iran

Pada saat yang sama, volume perdagangan yang dilaporkan pada LocalBitcoins telah mencapai titik terendah dalam beberapa bulan terakhir. Ini kemungkinan karena pemerintah Iran membatasi akses internet di seluruh negara sejak November di tengah protes nasional dalam menanggapi kenaikan harga bahan bakar.

Sementara itu, Iran berjanji akan membalas dendam pada AS yang telah membunuh Soleimani.

Iran juga telah mengusulkan untuk pembuatan mata uang digital Muslim sebagai salah satu cara untuk menghadapi dominasi ekonomi Amerika.

“Dunia Muslim harus merancang langkah-langkah untuk menyelamatkan diri dari dominasi dolar Amerika Serikat dan rezim keuangan Amerika,” kata Presiden Iran Hassan Rouhani.

Sayangnya, Iran kini tengah memegang posisi yang tidak menguntungkan pada Bitcoin dan cryptocurrency secara umum. Karena pihak berwenang telah menawarkan hadiah kepada siapa saja yang mengekspos operasi penambangan tidak sah di negara itu.

Sumber