Platform Pertukaran Mata Uang Crypto asal Finlandia, LocalBitcoins, Diam-diam Menangguhkan Akun Penggunanya Tanpa Pemberitahuan

0
44
Platform pertukaran Bitcoin Populer (BTC) LocalBitcoins diduga menangguhkan akun pengguna dengan sedikit keriuhan, dengan mengutip “proses uji tuntas yang ditingkatkan.”

Seperti yang di beritakan oleh Forbes pada 25 Januari. LocalBitcoins yang berbasis di Finlandia, salah satu pertukaran crypto peer-to-peer (P2P) global utama, dilaporkan telah menangguhkan akun pengguna di beberapa negara di Afrika, Timur Tengah dan Asia tanpa peringatan, dengan beberapa pengguna tidak dapat menarik Bitcoin mereka.

LocalBitcoins tidak memberikan pernyataan publik tentang masalah ini sementara laporan pertama datang sekitar seminggu yang lalu.

Menurut laporan itu, keluhan pertama mulai datang minggu lalu, dengan pengguna LocalBitcoins di negara-negara seperti Afghanistan, Irak, Nigeria, Suriah, dan Pakistan mengklaim bahwa mereka tidak dapat menarik Bitcoin mereka tanpa menghapus akun mereka.

Menurut laporan itu, keluhan pertama mulai datang minggu lalu, dengan pengguna LocalBitcoins di negara-negara seperti Afghanistan, Irak, Nigeria, Suriah, dan Pakistan mengklaim bahwa mereka tidak dapat menarik Bitcoin mereka tanpa menghapus akun mereka.

Karena LocalBitcoins belum membuat pengumuman resmi tentang masalah ini, situs berita seperti Cointelegraph telah meminta perusahaan untuk memberikan komentar, tetapi hingga saat ini mereka tidak menerima tanggapan. Seperti yang dilansir dari Cointelegraph, berita ini akan diperbarui jika ada respon dari pihak terkait. Sementara itu, LocalBitcoins men-tweet pada 28 Januari bahwa mereka memiliki beberapa pekerjaan pemeliharaan situs web yang direncanakan, yang dilaporkan berlangsung selama satu jam.

Apakah ada hubungannya dengan undang-undang AML baru Uni Eropa?

Menyusul penangguhan tersebut, salah satu yang diduga pengguna LocalBitcoins yang terkena dampak menyarankan kepada Reddit bahwa tindakan tersebut harus dihubungkan dengan undang-undang Anti Pencucian Uang atau yang dikenal dengan Anti-Money Laundering (AML) Uni Eropa yang baru, yang dikenal sebagai Arahan Anti Pencucian Uang ke-5 (5AMLD). Dalam posting 28 Januari di Reddit, pengguna mengklaim bahwa pengguna akun baru tidak dapat mengirim Bitcoin yang mereka terima di dompet mereka, sementara dukungan pelanggan tidak menanggapi “sama sekali.”

Dalam posting blog pribadi 22 Januari, Redditor melaporkan masalah ini secara rinci, mencatat bahwa para pengguna yang mendapatkan akun LocalBitcoins mereka ditangguhkan diperlihatkan pesan berikut:

” Pelanggan yang berada atau berlokasi di negara-negara berikut diharuskan memiliki proses uji tuntas yang ditingkatkan. Negara-negara ditentukan oleh komisi UE adalah sebagai berikut: Afghanistan, Samoa Amerika, Bahama, Botswana, Republik Rakyat Demokratik Korea, Ethiopia, Ghana, Guam, Irak, Libya, Nigeria, Pakistan, Panama, Puerto Riko, Samoa, Arab Saudi, Sri Lanka , Suriah, Trinidad dan Tobago, Tunisia, Kepulauan Virgin AS, Yaman.”

Pengguna LocalBitcoins harus menunggu selama 14 hari untuk mendapatkan akses ke BTC mereka

Redditor lain melaporkan bahwa pengguna LocalBitcoins yang terkena dampak harus menunggu setidaknya 14 hari untuk menghapus akun mereka supaya bisa menarik Bitcoin mereka. Seorang Redditor bahkan diberitakan harus meminta penghapusan akunnya untuk mendapatkan akses ke crypto-nya, dan itu perkirakan bahwa ia kemungkinan telah dipengaruhi oleh kebijakan baru yang tidak diumumkan oleh LocalBitcoins:

“Sangat menyedihkan melihat akun saya seperti itu meskipun saya memiliki status Tier 2 yang sepenuhnya diverifikasi, akun saya telah ditangguhkan karena kemungkinan saya berada di salah satu negara yang menjadi target. […] Saya benar-benar berharap bisa mendapatkan bitcoin saya kembali setelah 14 hari. Saya telah mengirimkan permintaan penghapusan akun dan menerima email konfirmasi dari tim pelayanan dukungan.”

Beberapa pengguna yang terkena dampak mengklaim bahwa akun mereka diblokir tanpa alasan

Redditor lain, yang mengaku mewakili bisnis terkait crypto di Lebanon, melaporkan bahwa LocalBitcoins menangguhkan akunnya tanpa mengirim email apa pun sebelum memblokir akun. Nader Dirany, salah satu pendiri bisnis crypto lokal, mengeluh bahwa penangguhan akun telah menyebabkan penghentian seluruh bisnisnya meskipun dia telah membuat akun hampir 3 tahun yang lalu serta memverifikasi akunnya dengan paspor.

Sementara itu, Bitcoin menjadi lebih dan lebih penting di Lebanon di tengah krisis ekonomi yang semakin intensif di negara itu, Dirany mengatakan dalam email ke Cointelegraph. Dia menganggap keputusan LocalBitcoins (LBC) telah menangguhkan akunnya secara tidak adil:

“Hormat saya menganggap keputusan LBC tidak adil dan tidak dapat dibenarkan, dan memberikan dampak yang buruk bagi bisnis saya; khususnya bahwa saya mengundurkan diri pada September-2019 dari posisi saya sebagai “Konsultan Utama” di Utilities & Energy untuk fokus pada memiliki bisnis online di Cryptocurrency di mana platform LBC dianggap sebagai salah satu pilar utamanya.”

Volume perdagangan LocalBitcoins turun lebih dari 50% dari Juni 2019 hingga awal Januari 2020

Didirikan pada tahun 2012, LocalBitcoins telah muncul sebagai salah satu pertukaran Bitcoin paling populer untuk memungkinkan transaksi P2P aman dengan langsung antara pengecer dan pelanggan dan tanpa keterlibatan oleh pihak ketiga.

Namun, pertukaran populer mulai memperlihatkan penurunan yang signifikan dalam volume perdagangan setelah pertukaran tiba-tiba menghentikan opsi bagi pengguna untuk melakukan perdagangan lokal tunai pada Juni 2019. Karena LocalBitcoins terus memperketat kebijakan AML pada 2019, volume perdagangan Bitcoin globalnya secara bertahap turun menyentuh level terendah dalam beberapa tahun pada awal 2020.

Menurut data dari situs statistik Bitcoin Coin Dance, volume perdagangan Bitcoin global di LocalBitcoins turun lebih dari 50% sejak September 2019 pada awal Januari 2020.

Volume LocalBitcoins mingguan global. Sumber: Dance Coin

Volume Mingguan LocalBitcoins global. Sumber: Dance Coin

AML milik LocalBitcoins dan kebijakan Know Your Customer bukan satu-satunya alasan penurunan besar perdagangan BTC di platform ini. Pada 10 Januari, undang-undang AML Uni Eropa 5AMLD secara resmi mulai berlaku, memaksa beberapa perusahaan untuk menghentikan atau merelokasi operasi sebelum awal 2020.

Dalam sebuah wawancara pada bulan November 2019, CEO LocalBitcoins Sebastian Sonntag mengatakan bahwa ia berharap bahwa situasi KYC akan menjadi lebih stabil “di minggu-minggu berikutnya,” memproyeksikan bahwa “perbaikan dalam aliran verifikasi juga akan mempengaruhi secara positif.”