Benarkah Bitcoin Dapat Menjadi Satu-satunya Solusi Resesi Global? Simak Yuk!

0
23
Di saat pasar saham terus melambung ke angka tertinggi sepanjang masa, para ekonom memperkirakan bahwa ekonomi global mendekati resesi. Sejumlah indikator menunjukkan bahwa nantinya ada kegagalan keuangan global, dan pemerintah tampaknya tidak berdaya untuk menghentikannya.

Penyebab resesi global ini yang paling mencolok adalah rasio utang yang meledak di seluruh dunia dan ‘deglobalisasi’ ekonomi dunia. Kedua masalah besar ini dapat mengarahkan ke resesi, dan penyelesaiannya masih sulit dilakukan.

Tapi menurut beberapa ahli ekonomi, Bitcoin bisa menjadi solusi dari resesi global, benarkah itu?

Hutang dan Pemutusan Hubungan Kerjasama

Hutang global telah mencapai proporsi epidemi. Saat ini, pemerintah di seluruh dunia berhutang $ 244 triliun yang mana itu merupakan level tertinggi dari selama ini. Pembengkakan hutang ini sebagian besar karena bank sentral berusaha mencegah resesi dengan kebijakan moneter.

Menurunkan suku bunga untuk meningkatkan likuiditas, dan kebijakan seperti pelonggaran kuantitatif, telah mengubah hutang menjadi buku besar pemerintah. Dan hal terburuknya, resesi mungkin dapat dimulai pada tahun 2020.

Pengamatan saat ini, ekonomi dunia telah memulai proses ‘deglobalisasi.’ Sebagai contoh, keluarnya Inggris dari Uni Eropa dan perang dagang antara AS dan Cina. Keduanya menunjukkan putusnya kerjasama dasar antara ekonomi dunia.

Bagaimanapun pendapat tentang globalisasi, pastinya sudah menyebabkan lonjakan ekonomi. Bahkan dengan kompleksitas coronavirus, ekonomi global telah mampu mempertahankan perdagangan dan aktivitas ekonomi lain. Pembalikan politik dari stabilitas ini bisa menyebabkan bencana.

Bank-bank sentral di seluruh dunia sedang berupaya keras untuk melindungi Negara-negara mereka dari resesi. Salah satu yang dipercaya untuk melindungi dari resesi adalah dengan mengurangi suku bunga dan menyuntikkan likuiditas melalui pinjaman.
Namun, suku bunga sudah ada di level rekor terendah.

Di Eropa, beberapa bank sentral telah menurunkan suku bunga di bawah nol dan ini yang pertama bagi ekonomi global. Sedangkan Amerika Serikat sudah pada posisi terendah dalam sejarah, meskipun beberapa kenaikan terjadi pada tahun lalu.

Ternyata, suntikan dana melalui hutang ini tanpa hasil yang signifikan. Rasio hutang saat ini sangat tinggi karena hal ini, menjadikan bank sentral tanpa amunisi.

Apakah Bitcoin Penyelamat Terhadap Resesi Global?

Dalam kekacauan seperti sekarang ini, Bitcoin menawarkan solusi potensial. Karena mata uang digital dapat berfungsi baik sebagai aset ‘safe-haven’, dan sebagai platform pembayaran. Bisa dikatakan bahwa mata uang digital ini menyediakan likuiditas dan stabilitas.

Sebagai platform pembayaran, Bitcoin dapat digunakan untuk membayar transaksi oleh entitas apa pun. Ini memberikan likuiditas global dan membalikkan tren deglobalisasi. Sementara sebagai aset safe-haven, Bitcoin menawarkan alat penyimpanan nilai yang tidak terpengaruh oleh kebijakan fiskal pemerintah.

Tidak ada jumlah hutang bank sentral yang dapat menyebabkan Bitcoin mengembang jumlahnya. Dengan cara ini, Bitcoin memberikan stabilitas fiskal global. Secara bersamaan, Bitcoin mungkin menjadi harapan terakhir bagi pemerintah yang berusaha mencegah resesi. Dengan menggunakan mata uang digital sebagai “standar emas” lainnya dan memungkinkan bank sentral mengubah arah kebijakan sebelum tumbang.

Bagaimana menurut anda? Bisakah bitcoin menjadi solusi dari resesi dunia?