Connect with us

Bitcoin News

Ini Alasan Harga Bitcoin Hancur Menurut Multicoin Capital

Published

on

Penurunan harga Bitcoin yang brutal pekan lalu nampaknya masih sulit dilupakan, meski kini Bitcoin mulai membaik dengan berhasil menyentuh harga $6.137 atau setara dengan Rp100 juta.

Salah satu yang menyebabkan harga Bitcoin turun drastis adalah ekonomi yang runtuh akibat pandemi virus covid-19. Tetapi, menurut perusahaan investasi crypto Multicapital ada alasan lain yang membuat pasar cryptocurrency dan harga Bitcoin hancur dalam waktu singkat.

Pasar Cryptocurreny Miliki Struktur yang Lemah

Menurut perusahaan itu, pasar cryptocurrency memiliki struktur yang lemah, seandainya tetap utuh, Bitcoin tidak akan mudah untuk siap kembali.

“Jaringan Bitcoin dan Ethereum dalam bentuknya saat ini  tidak dapat beroperasi pada skala global, selama masa krisis, mereka menjadi sangat padat sehingga arbitrageur tidak dapat menjaga harga sejalan diberbagai tempat, menyebabkan dislokasi besar-besaran pada exchange individu,” kata Samani, Cofounder Multicoin Capital

Ini artinya, karena jaringan Bitcoin dapat kewalahan pada saat penggunaan tinggi, ini dapat menyulitkan untuk memindahkan Bitcoin di antara exchange. Sebagai hasilnya,  pengguna mendapatkan banyak exchange dengan likuiditas kecil yang mengakibatkan fluktuasi harga menjadi liar.

“Karena harga antar bursa menyimpang, arbitrageur benar-benar tidak dapat menyetorkan BTC pada BitMEX untuk membawa harga sejalan ,” kata Samani lagi.

Pertukaran berjangka Bitcoin, BitMEX adalah salah satu silo perdagangan utama. Seperti yang dilaporkan Decrypt, $750 juta pada posisi buy tdari trader yang bertaruh harga Bitcoin akan naik dilikuidasi dalam satu hari, ketika harga turun. Selama crash, BitMEX menderita serangan DDoS dan mengalami pemeliharaan dan ini mungkin menyelamatkan Bitcoin dari kehancuran harga yang lebih parah.

Advertisement

“Pada satu titik, hanya ada $ 20 juta tawaran yang tersisa di seluruh order book BitMEX dan lebih dari $200 juta long positions untuk dilikuidasi. Ini berarti harga BTC sempat jatuh ke $0 seandainya BitMEX tidak turun untuk ‘pemeliharaan, “ ujar Samani

Menurutnya mengingat posisi sentral BitMex dalam struktur pasar crypto, pergerakan harga hari ini dapat menyebar ke exchange BTC yang lain, karena dengan harga BitMEX jatuh dan pengaruhnya besar pada penemuan harga, ini menyebabkan harga turun lebih rendah.

Baca juga : 5 Hal Ini Buat Harga Bitcoin Turun Saat Krisis Global dan Pandemi

Efek dari Penambang Bitcoin

Penambang Bitcoin juga terpengaruh oleh harga. Ketika harga Bitcoin hancur, para penambang mematikan mesin mereka. Penurunan tingkat hash yang tiba-tiba ini, penghitungan daya menambang Bitcoin baru , menghasilkan blok baru yang lebih lama.

“Beberapa penambang menutup rig mereka setelah leg pertama turun. Banyak lagi yang dilakukan selama leg kedua turun,” kata Samani.

Ini membuatnya semakin sulit untuk mengirim crypto di antara exchange, membuat silo lebih jelas dan penurunan semakin parah.

Hal yang bisa dipelajari dari penurunan harga yang parah pada Bitcoin dan crypto lainnya menunjukan jika infrastruktur pasar crypto masih belum matang, ada banyak ruang untuk diperbaiki dan memiliki banyak peluang untuk investasi.

Advertisement

Sumber

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular