Majalah Fortune: Bitcoin di Daftar 100 Besar Rancangan Terbaik Sepanjang Masa

0
4
Majalah Fortune menempatkan Bitcoin di daftar 100 besar rancangan terbaik sepanjang masa. Pemeringkatan itu berdasarkan survei terhadap sejumlah praktisi dan akademisi di bidang bisnis, industri, rancang grafis dan seni.

“100 besar rancangan terbaik ini diharapkan menginspirasi Anda, karena rancangan produk yang baik, lebih dari sekadar tentang mengganti tampilan. Ini tentang membuat hidup Anda lebih mudah dan sederhana. Dan itu indah,” jelas Fortunedalam pengantarnya, Senin, 16 Maret 2020.

Dari 100 besar rancangan terbaik dunia itu, Bitcoin yang dirancang oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2008-2009 itu, berada di posisi ke-90.

“Bitcoin tidak ditemukan (invented), tetapi dirancang sedemikian rupa, sehingga berbagai pemangku kepentingan (pengembang, investor, bisnis, penambang, individu), semuanya mendapatkan imbalan guna memperkuat adopsi mata uang digital baru ini. Bitcoin dirancang tanpa entitas terpusat ataupun otoritas pemerintahan manapun. Hanya dalam 10 tahun sejak dirilis, sekarang bernilai hampir US$200 miliar dan digunakan oleh jutaan orang lintas negara. Bitcoin secara efektif menarik perhatian orang dalam waktu singkat,” kata David Kelley, Pendiri perusahaan desain IDEO dan dosen di Universitas Stanford.

BERITA TERKAIT  SnapEx Gelar Kompetisi Trading Aset Kripto Mulai 17 Maret, Total Hadiah Hingga Rp1,7 Miliar

Di atas Bitcoin ada Rumah Sakit Mata Aravind yang dirancang oleh Dr Govindappa Venkataswamy pada tahun 1976. Sedangkan di bawah Bitcoin adalah Peta Taman Nasional Amerika Serikat yang dirancang oleh Massimo dan Lella Vignelli, pada tahun 1977. Sedangkan di peringkat pertama adalah Apple iPhone tahun 2007. [vins]