Connect with us

Altcoin News

Analisis: Alasan Kenapa Harga Emas Harus 5x Lebih Besar

Published

on

Jelajahcoin.com – Alasan kenapa harga Emas harus 5x lebih besar dari sebelumnya. Disaat Pasar keuangan global mengalami pukulan serius bulan ini di tengah kekhawatiran yang berkembang dari coronavirus novel (COVID-19).

Namun, di tengah-tengah ketidakpastian ekonomi, investor sering beralih ke emas sebagai lindung nilai untuk melindungi portofolio mereka. Menurut salah satu model, nilai wajar emas saat ini seharusnya sekitar $8.900, yang lebih dari lima kali lipat dari harga saat ini.

Model Mercusuar Emas

Harga emas saat ini berkisar sekitar $1.600 per ons. Ini menandai peningkatan 11% dalam enam bulan terakhir tetapi penurunan 1% pada bulan lalu. Mengingat kinerja pasar keuangan global, emas tampaknya bertahan dengan baik.

Namun, menurut apa yang disebut Lighthouse Gold Model, nilai wajarnya adalah sekitar $8.900. Sekitar enam kali lebih banyak dari harga saat ini. Menurut model, karya Eddy Elfenbein, “harga emas naik jika suku bunga riil di bawah 2% (riil – tagihan T-3-bulan dikurangi CPI) dengan 6,5x selisih hingga 2%. Sebaliknya, emas harus turun selisih 5x jika tingkat riil di atas 2%.”

Perlu dicatat bahwa singkatan T-bills adalah singkatan dari Treasury Bills. CPI, di sisi lain, singkatan dari Indeks Harga Konsumen. Postingan ini juga memberikan contoh dengan T-Bills 3 bulan pada 0% dan CPI pada 1,75%. Di mana tingkat bunga riilnya adalah -1,75%. Perbedaan menjadi 2% adalah 3,75. Dan dalam lingkungan ini, harga emas harus naik 24,375% per tahun (6,5 x 3,75).

Kinerja Emas Melalui Krisis Coronavirus

Sementara itu berhasil stabil pada saat penulisan ini, emas juga mengalami bulan yang sangat menantang di bulan Maret. Pada satu titik, itu naik dari tertinggi 7 tahun di sekitar $1.700 turun ke $1.490, mencatat kerugian total 12%. Namun, menurut ekonom populer Peter Schiff, ini karena investor tidak mengetahui apa yang akan terjadi. Berbicara tentang masalah ini, dia berkata:

“Emas jatuh karena investor tidak tahu apa yang akan terjadi. Pola pikir mereka mirip dengan para bankir sentral. Mereka tidak tahu seberapa buruk konsekuensi dari kesalahan kebijakan moneter & fiskal saat ini. Ketika mereka mengetahuinya secara massal, emas akan meroket.”

Sangat menarik untuk melihat ke mana logam mulia akan membawanya dari sini karena banyak ahli percaya krisis ekonomi baru saja dimulai.

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular