Ketua CMT Digital: Trading Bitcoin Tetap Kuat Meskipun Kondisi Global Terpuruk

0
28
“Trading Bitcoin tidak jauh berbeda,” menurut kepala perdagangan dan pengembangan bisnis CMT Digital, Brad Koeppen kepada Cointelegraph melalui surat elektronik pada 31 Maret 2020. “Volatilitas dan volume trading menunjukkan kenaikan ketika BTC dijual pada pasar tradisional tetapi volatilitas tinggi bukanlah hal baru dalam Bitcoin.”

Referensi permasalahan yang terlihat di sekitar bursa crypto saat penurunan besar Bitcoin antara 11 dan 13 Maret, Koeppen mencatat bahwa ini “bukan hal baru” pada pasar crypto.

Apakah Bitcoin Terpisah dari Pasar Lain?

Selama penurunan besar-besaran Bitcoin di paruh pertama Maret 2020, koin tampaknya bergerak selaras dengan aksi jual di pasar utama.

“Saya tidak terkejut bahwa perdagangan Bitcoin sejalan dengan pasar biasa selama krisis ini. Likuiditas sangat mahal sehingga orang berbondong-bondong menjual aset, termasuk Bitcoin.”

“Terkadang Bitcoin adalah satu-satunya pasar yang terbuka sehingga ada beberapa gerakan dalam Bitcoin yang tidak bergerak bersamaan dengan perpindahan pada pasar biasa, tetapi saya berharap Bitcoin memiliki korelasi yang rendah atau tidak sama sekali dengan pasar biasa dalam jangka panjang”, ujar Koeppen.

Selama beberapa minggu terakhir, harga Bitcoin telah bergerak sedikit lebih independen dari keseluruhan dari penurunan yang dialami oleh pasar biasa.

Baca juga: Cara Bitcoin Bergerak Lebih Kuat Setelah Krisis Ekonomi

Bagaimana Semua Ini Berpengaruh pada Halving Event Bitcoin Mendatang?

Bitcoin diperkirakan akan menyelesaikan Halving Event sekitar Mei 2020. Beberapa orang melihat peristiwa itu sebagai indikasi bahwa harga akan segera meningkat, dengan catatan bahwa Halving berkaitan erat dengan penurunan jumlah koin baru secara teratur dalam memasuki sistem. Sejarah mencatat, harga aset memang naik setelah Halving Events Bitcoin.

Ketakutan global terhadap pandemi saat ini, berjalan selaras dengan ketidakpastian yang ada pada pasar biasa. Hal ini dapat menjadi faktor dalam perkembangan pasar crypto mendatang.

“Halving Events adalah momen yang sangat dinanti-nanti dalam siklus hidup Bitcoin. Saya tidak memiliki pandangan tentang arah harga yang mengarah ke Halving Events tetapi saya berpikir akan ada peningkatan aktivitas di pasar”, ujar Koeppen.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa

“Pasar Bitcoin penuh dengan orang-orang spekulan dan Halving Events memunculkan lebih banyak trader yang ingin berspekulasi tentang harga ini. Hal tersebut sebenarnya dapat menyebabkan volatilitas yang berkepanjangan di pasar. Saya pikir Halving nanti akan berdampak positif pada harga Bitcoin dalam jangka panjang. Tetapi saya menganggap bahwa peristiwa itu tidak akan terlalu memiliki dampak besar pada harga

Pasar dan industri perdagangan ini memang memiliki beragam harapan pada peristiwa Halving tersebut. Banyak yang menganggap bahwa Bitcoin sekarang ini adalah arus utama perkembangan aset itu sendiri dibanding dengan peristiwa Halving empat tahun lalu.

Sumber