Momen Halving Bitcoin Akan Berdampak Besar Pada Ruang Crypto

0
44

Pada bulan Mei 2020, hadiah Bitcoin yang ditambang akan menjadi 6,25. Momen halving telah lama diprediksi akan memberi tekanan pada harga. Seorang analis menunjukkan pentingnya langkah ini dengan membandingkannya dengan komoditas terbatas lainnya.

Analis PlanB mencuit grafik unik yang melihat rasio Stock-to-Flow (S2F) Bitcoin. Rasio ini adalah metrik yang membandingkan jumlah yang tersedia dengan tingkat produksi. Ini sering digunakan dengan logam mulia untuk memprediksi keuntungan produksi.

Grafik ini terkait dengan artikel yang ditulis oleh PlanB tahun lalu. Ia mencatat bahwa Bitcoin saat ini memiliki rasio Stock-to-Flow 25 (sekarang 27).

Ini berarti bahwa pada tingkat produksi saat ini, akan diperlukan 27 tahun untuk menambang jumlah yang ada sekarang. Namun, Halving akan menyebabkan angka ini menjadi dua kali lipat, karena hadiah dikurangi setengahnya.

PlanB telah menunjukkan bahwa selama sepuluh tahun terakhir, terdapat korelasi yang sangat jelas antara harga pasar Bitcoin dan rasio S2F-nya. Dia memperkirakan bahwa jika trend ini terus berlanjut, cryptocurrency andalannya dapat segera memiliki kapitalisasi pasar sebesar $ 1 Triliun, atau $ 55.000 per koin.

Analisis yang diajukan oleh PlanB cukup meyakinkan. Ini memperkuat argumen dari analis lain yang telah memperkirakan lonjakan harga besar karena Halving.

Namun, yang patut dicatat adalah fakta bahwa Bitcoin masih dalam proses. Untuk terus mempertahankan nilai, ia harus terus mencapai adopsi massal dan tetap mendominasi ruang cryptocurrency.

Lightning Network belum digunakan secara massal dan masih banyak projek yang sedang berjalan. Solusi ini mempunyai dampak yang signifikan terhadap Bitcoin karena solusi ini menyelesaikan masalah dalam Bitcoin.

Apakah Bitcoin akan tetap mendominasi di ruang cryptocurrency? Akankah harga menjadi $55.000 (Rp 927 Juta)?

sumber