Chairman Virgin Galactic Prediksi Bitcoin Tembus 1 Juta Dollar

0
43
Virgin GalacticChairman Virgin Galactic, Chamath Palihapitiya berbagi strategi investasi Bitcoin miliknya. Ia memprediksi bahwa harga Bitcoin bisa mencapai 1 Juta Dollar. Lebih lanjut, ia menyarankan bahwa setiap orang harus memiliki paling tidak 1% dari aset mereka dalam bitcoin, mengingat hal tersebut adalah “nilai lindung yang fantastis”.

Harga Bitcoin Dapat Mencapai 1 Juta Dollar

Chamath Palihapitiya, ketua Virgin Galactic dan pendiri perusahaan investasi Social Capital, baru-baru ini membahas Bitcoin dan cara berinvetasi selama krisis keuangan saat ini.

Dalam wawancara melalui podcast dengan salah satu pendiri Morgan Creek Digital, Anthony Pompliano yang dirilis minggu lalu, Palihapitiya ditanya mengenai strategi investasi bitcoin miliknya. Menanggapi pertanyaan mengenai apakah ia telah membeli, menjual, atau mengubah alokasi bitcoin dalam portofolionya dengan cara apa pun, kapitalis ventura tersebut mengungkapkan:

“Pada tahun 2013, saya membeli dengan jumlah banyak dan pada satu titik saya pikir saya memiliki hampir 5% dari semua Bitcoin. Basis saya berada di sekitar 80 dollar per koin. Setelahnya saya tidak pernah membeli lebih banyak lagi”

“Sebagian besar bitcoin yang saya miliki sekarang menempati posisi di sebuah perusahaan dan mereka menggunakannya untuk tujuan perdagangan. Mereka menggunakannya untuk menjalankan banyak strategi lain”, lanjutnya.

“Saya melakukan hal tersebut sebagian besar untuk keselamatan, keamanan, dan ketenangan pikiran saya. Saya tidak ingin menghadapinya sendiri. Saya ingin memiliki ekuitas dalam bisnis ini. Ekuitas itu dapat berupa nilai lindung. Ekuitas dapat menjadi struktur pajak yang menguntungkan, dan kemudian memungkinkan mereka untuk menjalankan bisnis besar yang menghasilkan uang tunai, dan saya bisa mendapatkan uang tunai dan aliran dividen dari hal tersebut.”

Dia mengkonfirmasi, “jadi pada dasarnya saya belum membeli lagi sejak saya menulis artikel tersebut untuk Bloomberg pada 2013”

Bitcoin Masih Terlalu Fluktuatif

Dalam wawancaranya tersebut, Palihapatiya berbicara mengenai topik-topik yang berkaitan dengan ekenomi global saat ini. Dalam hal menggantikan USD atau mata uang global lainnya, Palihapitiya merasa Bitcoin masih terlalu fluktuatif.

“Bitcoin masih merupakan instrumen spekulatif dan terlalu spekulatif untuk dapat diandalkan”, pendapat Palihapitiya.

“Jadi, jika Anda ingin membuat kasus di mana Bitcoin menggantikan mata uang fiat, satu hal yang harus Anda amati lebih lanjut adalah volatilitas dollar AS dan Anda tidak dapat menggantinya dengan sesuatu yang sembilan sigma jauh lebih mudah berubah. Hal tersebut tidak akan bekerja.”

Dia kemudian berbagi ramalannya mengenai seberapa tinggi harga bitcoin akan tercapai dalam 10 tahun ke depan. “Sekarang adalah lintasan 10 tahun. Saya selalu menganggap Bitcoin sebagai investasi yang sangat biner, apakah itu berubah dari 80 menjadi 8.000, lalu menjadi 6.000, lalu menjadi 3.000, dan kemudian menjadi 13.000, semuanya tidak masalah.”

Entah harga Bitcoin akan bernilai “nol atau bahkan jutaan”, Palihapitiya menegaskan:

“Apa yang akan dilakukan Bitcoin adalah menciptakan standar kuasi-emasnya sendiri. Namun, dengan alih-alih memiliki emas, di mana emas dimiliki oleh bank sentral, Bitcoin akan membuat indeks yang merupakan instrumen yang memiliki nilai yang ditentukan oleh dan di antara para penggunanya, dan keputusan tersebut dimiliki oleh semua orang.”

Palihapitiya telah mendirikan enam perusahaan dan saat ini melayani sebagai dewan perusahaan lainnya, termasuk Syapse Inc. dan Remind101. Dulu dia juga pernah bekerja pada Facebook, Mayfield Fund, AOL, dan Winmap.

Baca juga: Pompliano: Nilai Bitcoin akan Mencapai $100.000 di 2021

Setiap Orang Harus Memiliki Bitcoin

Palihapitiya juga membahas investasi bitcoin dalam sebuah wawancara dengan CNBC bulan lalu. Ketua Virgin Galactic ini menegaskan kembali bahwa pandangannya tentang Bitcoin tetap tidak berubah sejak ia menulis artikel pada Bloomberg pada tahun 2013, ia menguraikan:

“Setiap orang mungkin harus memiliki setidaknya 1% dari aset mereka dalam Bitcoin secara khusus. Saya masih percaya sampai hari ini dan saya berpikir bahwa Bitcoin adalah nilai lindung yang fantastis.”

Ketika ditanya pendapatnya mengenai apa yang dikatakan CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffet tentang Bitcoin, Palihapitiya menekankan bahwa Buffet “benar-benar salah dan ketinggalan zaman dalam sudut pandang ini.”

Buffet pernah menegaskan bahwa dia tidak memiliki bitcoin dan tidak akan pernah. Buffet juga beberapa kali mengatakan bahwa bitcoin memiliki nilai nol, ia juga pernah menyebut cryptocurrency sebagai “kotak racun tikus”.

Palihapitiya mengklarifikasi hal ini kepada CNBC dengan mengatakan berinvestasi dalam Bitcoin tidak boleh didorong oleh peristiwa apa pun.

Dia berpendapat, “ketika Anda bangun dan Anda melihat ketakutan karena virus corona dan Dow turun sebanyak 2.000, Anda seharusnya tidak masuk dan membeli bitcoin, hal tersebut merupakan strategi bodoh.”

“Justru saya berpendapat strategi yang masuk akal adalah 1% dari kekayaan bersih saya harus ada dalam sesuatu yang sama sekali tidak berkolerasi dengan dunia dan dengan bagaimana dunia bekerja”, ujar Palihapitiya.

Chairman Virgin Galactic ini juga menyarankan masuk ke pasar bitcoin secara “diam-diam” dan membiarkan investasi terakumulasi.

Dia juga menyimpulkan, “dengan begitu, Anda tidak akan pernah melihatnya lagi dan berharap bahwa simpanan tersebut tidak perlu jatuh tempo”, ia juga menambahkan:

“Tetapi jika hal itu terjadi, maka ia akan melindungi Anda karena hal tersebut akan bernilai ratusan ribu atau bahkan satu juta dollar per koin”

Sumber