Mengenal Emurgo Tracebilty Solution dan Rencananya untuk Memajukan Blockchain Indonesia

0
88
Emurgo salah satu perusahaan blockchain asal Jepang meluncurkan “ Emurgo Tracebility Solution ” yang akan memberikan solusi mengenai rantai pasokan (supply chain) dengan modern dan bernilai tambah bagi berbagai kepentingan rantai pasokan dan tentunya konsumen.

Perusahaan yang sebelumnya juga sukses dengan blockchain Cardanonya ini pun menyediakan layanannya di Indonesia dengan bekerja sama dengan sektor usaha kopi.

Baca Juga: Emurgo Gabungkan Blockchain dan Rantai Suplai

Mengapa Emurgo ingin bekerja sama dengan usaha kopi, apa kelebihan blockchain ini dibanding kompetitor lainnya, hingga pendapat Emurgo soal blockchain di Indonesia dan bagaimana perusahaan ini bisa membantu blockchain dalam negeri untuk terus berkembang.

Simak perbincangan eksklusif Tim Coinvestasi dengan Shunsuke Murasaki, CEO of Emurgo Indonesia di artikel berikut ini.


Di antara semua sektor usaha di Indonesia, Emurgo memutuskan bekerja sama dengan Blue Korintji Coffee, sebuah perusahaan kopi komersial. Apa dan mengapa memilih sektor ini terlebih dahulu?

Sebelumnya kami telah memerhatikan pasar kopi di Indonesia, itu merupakan pasar di mana pasar domestik dan internasionalnya memiliki volume perdagangan yang baik. Kami percaya bahwa sangat masuk akal jika sektor  atau usaha kopi di Indonesia memiliki platform untuk menginformasikan rantai pasokan kopi dari awal hingga akhir.

Salah satu usaha yang kami pilih adalah Blue Koerintji Coffee, dengan menggunakan Emurgo Tracebility Solution pelanggan di coffe shop tersebut bisa memperolah informasi dari mana kopi mereka berasal dengan hanya menggunakan QR code. Ini merupakan sebuah pengaplikasian yang menarik bagi industri kopi. Ke depannya tentu kami juga akan mencoba sektor lain.

Ingin mencoba sektor lain, kira-kira sektor apa yang ingin dieksplor oleh Emurgo ke depannya?

Kami sangat tertarik untuk memperluas solusi dari blockchain yang kami hadirkan ke bidang keuangan. Dalam waktu tiga tahun Emurgo Tracebility Solution ingin membantu berbagai pihak dan kepentingan di manapun untuk memberikan pelacakan rantai pasokan untuk mengakses modal yang relevan bagi bisnis yang ingin dijalankan.

Emurgo percaya jika teknologi blockchain dapat mengatasi masalah keuangan di dunia bisnis. Oleh karena itu, kami ingin bekerja sama dengan banyak perusahaan serta membangun jaringan mitra yang bisa masuk ke dalam entitas blockchain dan memanfaatkan teknologi ini.

Sekarang ini sudah banyak perusahaan blockchain, apa yang membuat Emurgo Tracebility Solution ini berbeda dibanding kompetitor yang ada?

Memang sudah banyak perusahaan blockchain yang ada, karena itu kami bisa mengbservasi lebih jauh dan memiliki pendekatan yang berbeda dengan kompetitor yang ada.

Emurgo lebih focus pada UKM dan brief yang mampu memberikan informasi dari hulu ke hilir untuk memberdayakan petani dan memberika aturan yang adil baik itu soal reputasi atau lainnya. Selain itu,  Emurgo Tracebility Solution ini telah dirancang dengan fleksibel dan dapat mengakomodasi segala proses bisnis di industri apapun. Pengoperasinnya juga sederhana dan mudah digunakan.

Pertanyaan selanjutnya, menurut Emurgo apa poin penting yang bisa di improve oleh Indonesia agar teknologi Blockchain di Indonesia bisa berkembang?

Kami rasa yang bisa dikembangkan adalah soal pendidikannya. Kami percaya jika lebih banyak orang perlu mengetahui teknologi ini secara lebih luas di pemerintahan, bank dan sektor swasta.

Emurgo juga ingin fokus ke edukasi soal blockchain, kami saat ini bekerja dengan universitas lokasi untuk membina mahasiswa sehingga mereka bisa bekerja sebagai intern di perusahaan blockchain. Kami mencari mitra baik dari universitas atau perusahaan yang membutuhkan peserta magang.

Saat ini kami masih memtusukan universitas mana lagi yang akan diajak kerja sama, kemungkinan kami akan memulainya pada semester baru karena saat ini situasi terkendala oleh Covid-19. Tapi sejauh ini kami sudah pernah menyelenggarakan workshop di Universitas Atmajaya, dan Telkom University.

Untuk mengetahui soal edukasi yang telah dilakukan oleh Emurgo, Anda dapat mengkasesnya di sini ya!

Seputar Cardano dan ADA

Pertanyaan di bawah ini akan mengulas seputar Cardano dan Mata Uang yang bekerja di blockchain tersebut yakni ADA.

Setelah membahsa Emurgo, kini kita beralih ke pembahasan soal Cardano dalam menghadapi krisis dan bagaimana ADA bisa terdampak atau tidak dengan peristiwa Bitcoin Halving yang diprediksi akan berlangsung di pekan ke dua bulai Mei.

Saat ini pandemik sedang berlangsung, bagaimana Emurgo dan Cardano (ADA) melalui ini?

Sejauh ini Emurgo Indonesia berjalan, kami masih memiliki banyak pertemuan dengan para pemangku kepentingan, kami melakukannya secara online. Kami juga berencana untuk mengubah model pendidikan secara online agar bisa beradaptasi dengan kondisi saat ini

Melihat Bitcoin Halving sebentar lagi, menurut Murasaki apakah ini bisa berdampak kepada ADA?

Saya tahu kalau momen Bitcoin Halving sangat dinantikan oleh Bitcoiners, tapi saya kira Cardano tidak akan terpengaruh banyak karena Cardano sendiri adalah proyek yang didasarkan serangkaian penelitian ilmiah yang berat dan dengan cepat telah membentuk ribuan stakepools dalam transisi ke desentralisasi. Komunitas Cardano juga solid sehingga mereka akan paham jika proyek yang kuat semacam ini tentu membutuhkan waktu untuk terus berkembang.

Bagaimana level adopsi Ada di Indonesia, dan apa rencana ke depan untuk meningkatkannya?

Kami merasa jika Emurgo Indonesia telah mampu membangun kesadaran tentang Cardano (ADA) di Indonesia, tetapi kami mengharapkan peningkatan eksponensial dari adopsi di tahun 2020 ini, ketika era Goguen yang merupakan smart contract yang datang di blockchain Cardano.

Informasi selengkapnya soal Emurgo dapat Anda temukan di sini