ATM Bitcoin Mencapai 7500 Diseluruh Dunia! Apa saja?

0
75
ATM_Bitcoin

Industri ATM Bitcoin (BTC) telah mengalami peningkatan sebesar 70% sejak 2019, dengan jumlah total ATM Bitcoin yang dipasang di berbagai wilayah di seluruh dunia kini mencapai 7.500.

Meskipun ada hambatan peraturan saat ini seputar cryptocurrency, Amerika Serikat masih mendominasi industri, dengan 5.422 ATM Bitcoin fungsional, lapor Decrypt pada 20 April 2020.

Bitcoin Mengambil alih Dunia

Terlepas dari sifat Bitcoin (BTC) yang sangat fluktuatif, cryptocurrency andalan dunia, tampaknya dunia secara bertahap melakukan tahap pemanasan terhadap mata uang berbasis blockchain tersebut karena ketidakpastian terus tumbuh dalam ekosistem keuangan tradisional.

Berdasarkan sumber perkembangan terakhir, industri ATM Bitcoin telah mengalami lonjakan sebesar 70% sejak tahun lalu dan sekarang ada lebih dari 7.500 ATM Bitcoin di dunia, indikasi ini menguatkan bahwa disana semakin banyak orang bergabung dengan mata uang crypto.

Seperti yang terlihat di Coin ATM Radar, sebuah platform yang didedikasikan untuk melacak instalasi ATM bitcoin secara global, telah terjadi peningkatan sebesar 70% dalam jumlah mesin baru dari April 2019 dan sejak awal 2020, 1.200 ATM Bitcoin baru telah beroperasi di berbagai yurisdiksi.

Untuk perspektif, ATM Bitcoin pertama di dunia dipasang di pusat kota Vancouver Kanada pada 29 Oktober 2013 silam, di kedai kopi Waves, dan butuh waktu sekitar lima tahun, dari 2013 hingga 2018 untuk jumlah total instalasi ATM Bitcoin untuk mencapai 2.000 titik.

Baca Juga: Proyeksi Bitcoin Menjelang Halving

Distribusi ATM Bitcoin

Namun, dengan adanya pandemi coronavirus yang sekarang sedang terjadi di seluruh dunia dan berimbas pada ekonominya, semakin banyak orang sekarang melihat cryptocurrency sebagai aset yang berharga dan mereka sekarang meningkatkan kepemilikan mereka dalam upaya untuk melindungi masa depan keuangan mereka.

Khususnya, Amerika Serikat mendominasi industri ATM Bitcoin dengan total 5.422 ATM (70% dari pangsa pasar global), Kanada berada di urutan kedua dengan (9,5 persen), Inggris memiliki 279 (3,7 persen), sementara Austria menawarkan 137 (1,8) ATM Bitcoin fungsional.

Dalam hal popularitas ATM Bitcoin di seluruh benua, Amerika Utara menempati garis depan, diikuti oleh Eropa (16% pangsa pasar global), Amerika Selatan (0,8%) dan Asia (1,7%), dengan Hong Kong menyumbang 0,7% dari ATM Bitcoin pasar di wilayah tersebut.

CoinCloud saat ini berada di puncak liga operator ATM Bitcoin dengan 653 ATMnya yang tersebar di berbagai lokasi, diikuti oleh Bitcoin Depot (500 ATM) dan Coinsource (300).

Pabrikan ATM Bitcoin yang berbasis di Amerika Serikat, Genesis Coin memegang posisi teratas di sektor manufaktur ATM dengan total 2.575 instalasi (33,8%), diikuti oleh General Bytes (30,7%).

Sementara ATM Bitcoin terus mendapatkan daya tarik, ketidakpastian peraturan masih menjangkiti industri ini di beberapa yurisdiksi.

Seperti yang dilaporkan oleh BTCManager sebelumnya pada Juli 2019, otoritas Spanyol menyatakan bahwa ATM Bitcoin adalah alat yang hebat bagi para penjahat untuk menghindari undang-undang anti pencucian uang (AML).

Pada saat pers, harga Bitcoin (BTC) turun 4,68% pada jangka waktu 24 jam, diperdagangkan pada $ 6.845, dengan kapitalisasi pasar $ 125,52 miliar.