Apakah Harga Bitcoin Naik Jika Investor Institusi Meletakan 1% Dana ke BTC?

0
37
Apakah Harga Bitcoin Naik Jika Investor Institusi Meletakan 1% Dana ke BTC?

Investor institusi memang sudah sejak lama diharap-harapkan oleh para pecinta crypto untuk memasuki pasar cryptocurrency, khususnya Bitcoin (BTC), dimana berbagai spekulasi lonjakan harga selalu menyertainya sehingga jika memang terjadi, maka ini bisa menjadi angin segar untuk masa depan BTC.

Dan belum lama ini, Ryan Watkins, analis dari Messari, telah mengungkapkan suaranya dengan memperkirakan bahwa, jika investor Institusi memasuki pasar crypto, dengan 1% saja dari dana mereka, maka BTC ia perkirakan akan melonjak hingga $ 50.000 (Rp 700 juta) dan kapitalisasi pasar akan menyentuh angka  $ 1 Triliun!

Pada saat pers, harga Bitcoin turun Rp 2 juta dalam 24 jam, dari Rp 136 menjadi Rp 134 juta.

Mengacu pada berita menghebohkan sebelumnya, saat investor kelas kakap Paul Tudor Jones, memiliki kekayaran $5.1 Miliar mengungkapkan bahwa ia menempatkan sekitar 2% dari portofolionya ke Bitcoin dan juga mengajak investor institusi lainnya untuk mempertimbangkan potensi BTC.

Ryan pun menguji skenario dari perkiraannya tersebut untuk melihat dampaknya terhadap Bitcoin. Dia menghitung bahwa saat ini, $ 1 Triliun ada di aset reksadana, dana pensiun, dan lainnya, dan jika 1% saja diambil dan ditempatkan ke Bitcoin, maka itu akan memasukan dana segar sebesar $ 480 Miliar ke pasar.

Meski begitu, ini masihlah hanya sekedar perkiraan, dimana Ryan menulis dalam artikelnya kalau hingga saat ini, realitanya, investor institusi hanya menginvestasikan sebagian kecil saja dari aset mereka ke Bitcoin karena masih khawatir dengan ketidakpastian regulasi, ketidaksiapan infrastruktur, pandangan negatif dari masyarakat perihal aksi penipuan dan peretasan.

Baca Juga: Ulasan Bityard: Tempat Trading Kontrak Uang Kripto Termudah

Lalu bagaimana jika ini semua terjadi?

Sebelumnya, Ryan pun mengatakan bahwa “Chris Burniske telah menjelaskan mengalir masuk dan keluar dari suatu aset tidak serta merta menghasilkan 1 ke 1 pergerakan harga aset, dan dapat diamplifikasi menjadi pergerakan harga yang jauh lebih besar, sekitar 2-25x dari harga sekarang.”

Masuknya investor institusi akan menyeret harga BTC naik bak roket ke level $ 50.000 dan kapitalisasi pasar di angka $ 1 Triliun.

Saat ini, menurut Pedro Febrero, analis di Quantum Economic, ketertarikan investor institusi terhadap BTC bisa dilihat pada produk perdagangan OTC, karena ini dinilai lebih aman, dan tidak berbaur dengan transaksi pada umumnya dipasar langsung serta tidak begitu memberi dampak pada harga untuk jangka pendek.

Dan menurut Ryan, investor institusi masih perlu mengubah cara pandang mereka dalam mentransaksikan Bitcoin agar dapat memberi dampak lebih pada harga untuk masa depan Bitcoin yang cerah dan tentunya pasar crypto pada umumnya. Semoga saja ini semua bisa terwujud dalam waktu dekat. (Decrypt)

Baca Juga: Jual atau Beli Bitcoin Untuk Saat Ini?