Tak Perlu Bingung Cara Bermain Bitcoin, Ini Penjelasannya!

0
1244
Tips bermain bitcoin

Bitcoin diketahui sebagai aset kripto terbesar saat ini, hampir tidak ada orang yang tidak mengenal kata Bitcoin. Bitcoin berhasil menarik perhatian banyak pemula yang ingin terjun ke dunia investasi kripto. Sebagai pemula, penting untuk mengetahui cara bermain Bitcoin dan apa saja yang perlu dipersiapkan. 

Jika Anda merupakan salah satunya, yuk, pahami lebih dalam lewat artikel ini!

Tren Investasi Bitcoin di Kalangan Pemula

Tidak bisa dipungkiri, investasi aset kripto khususnya Bitcoin di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama dalam setahun ke belakang. Tren ini ternyata melahirkan banyak sekali investor baru. Bisa dibilang, Bitcoin membuka pintu gerbang investasi aset kripto di Indonesia.

Hal ini diawali dengan adanya kenaikan besar-besaran pada harga Bitcoin. Harga Bitcoin sangat bergantung pada supply dan demand, sehingga kenaikan ini menandakan bahwa semakin banyak orang yang ikut bermain Bitcoin. Bahkan, di awal pandemi meluas yaitu pada tahun 2020, harga Bitcoin meroket hingga 354 persen, dilansir dari katadata

Walaupun tidak sedikit yang sudah memiliki persiapan yang matang, masih ada investor yang hanya ikut-ikutan karena tergiur dengan keuntungan besar-besaran yang bisa diperoleh dari investasi Bitcoin. Nyatanya, mereka yang mudah tergiur bukannya mendapat untung, malah buntung. Ternyata, kurangnya pemahaman terhadap aset yang diinvestasikan dan tata caranya, menjadi salah satu penyebab dari kerugian tersebut.

Cara Bermain Bitcoin untuk Pemula

Bermain Bitcoin merupakan kegiatan yang susah-susah gampang, terutama bagi para pemula yang baru masuk ke dunia aset kripto. Berikut cara yang dapat dilakukan dalam bermain Bitcoin agar tidak salah kaprah, yaitu

 

  • Registrasi & Verifikasi

 

Sebelum memulai bermain Bitcoin, Anda harus melakukan registrasi dan memasukkan identitas pada digital exchanger atau bursa. Setelah itu, dilakukan verifikasi identitas dengan meng-upload foto KTP dan foto diri. Perlu diingat, pastikan digital exchanger  yang dipilih adalah yang sudah resmi terdaftar di BAPPEBTI seperti Tokocrypto, agar terjamin keamanannya.

 

  • Beli Bitcoin

 

Setelah selesai registrasi & verifikasi, maka Anda dapat langsung mentransfer sejumlah dana ke wallet digital yang terdapat pada digital exchanger sebagai deposit. Kemudian, setelah dana berhasil terdeposit, langkah selanjutnya adalah membeli Bitcoin. 

Para pemula tidak perlu khawatir, karena Bitcoin dapat dibeli dalam jumlah desimal, tidak harus per keping. Sehingga, Anda dapat menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Cuan dari Bitcoin bisa Anda peroleh jika Anda membeli Bitcoin di kondisi harga sedang rendah, dan menjualnya di kondisi harga sedang meningkat. 

 

  • Trading Bitcoin

 

Proses ini merupakan proses perdagangan Bitcoin di pasar aset kripto. Dalam trading Bitcoin, dibutuhkan pengetahuan dan strategi yang cukup untuk menjalankannya. Ada beberapa strategi yang biasa dilakukan saat trading Bitcoin, seperti

 

  • Day Trading

 

Day Trading berarti melakukan trading atau jual-beli Bitcoin dalam satu hari yang sama. Cara ini mengharuskan trader untuk mengawasi pergerakan harga Bitcoin, agar trader dapat dengan mudah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menjual atau membeli Bitcoin di pasar.

 

  • Hodl

 

Hodl berasal dari kesalahan ejaan “Hold”, yang mengacu pada strategi beli dan tahan. Biasanya, para trader yang memilih cara ini menghindari volatilitas nilai aset kripto, termasuk Bitcoin, yang terjadi di pasar. Dengan strategi ini, para trader menyimpan Bitcoin untuk investasi jangka panjang.

 

  • Pump and Dump

 

Berdasarkan artinya, pump berarti membeli dan dump berarti menjual. Biasanya, para whales atau trader besar melakukan pump koin dalam jumlah besar. Hal ini menyebabkan timbulnya peningkatan harga Bitcoin secara besar-besaran. Sesaat setelah kondisi pasar tidak stabil, para whales melakukan dump koin yang dimilikinya, membuat harga menjadi rendah dalam waktu singkat. 

 

  • Jual Bitcoin

 

Setelah Anda membeli Bitcoin dalam jangka waktu tertentu dan merasa sudah dapat keuntungan, Anda bisa langsung menjualnya. Proses penjualan ini juga bertempat di digital exchanger yang sama dengan yang Anda gunakan untuk mendaftar dan membeli. Setelah berhasil, Anda dapat menukarkan hasil penjualan ke Rupiah.

Tips bagi Pemula dalam Bermain Bitcoin

Sebagai pemula, menyelam di dunia aset kripto tentu bukan hal yang mudah, tak terkecuali Bitcoin. Selain uang, ada banyak hal lain yang perlu dipersiapkan dengan matang untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat bermain Bitcoin. Terdapat tips yang cocok untuk para pemula, yaitu 

 

  • Pelajari Aset Kripto

 

Mempelajari aset kripto yang akan Anda beli atau investasikan sangat penting untuk dilakukan, bahkan dari sebelum terjun ke dunia aset kripto. Jika Anda tertarik dengan Bitcoin, maka Anda harus paham mengenai ketersediaannya yang terbatas pada jaringan dan juga pertumbuhan harga yang kerap kali melonjak.

Anda juga harus mengetahui bahwa selain lewat pembelian, Bitcoin dapat diperoleh lewat penambangan atau mining. Mining merupakan kegiatan yang biasa dilakukan untuk mendapatkan Bitcoin, dengan memanfaatkan kecanggihan perangkat komputer. Para penambang berlomba memverifikasi transaksi Bitcoin pada jaringan dalam bentuk teka-teki matematika. Jika berhasil, penambang akan diberi reward berupa Bitcoin.

 

  • Tetapkan Tujuan

 

Setelah Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang karakteristik koin yang akan dibeli, Bitcoin misalnya, saatnya Anda menentukan tujuan dalam berinvestasi. Dengan memiliki tujuan, Anda akan lebih mudah menentukan strategi dan persiapan apa saja yang perlu dilakukan, terutama dalam manajemen risiko.

Jika Anda bertujuan melakukan trading Bitcoin, Anda perlu memperhatikan strategi trading yang dipakai, misalnya Day Trading atau trading dalam satu hari. Strategi ini akan membantu Anda dalam menentukan kapan saat yang tepat bagi Anda untuk masuk maupun keluar dari pasar kripto.

 

  • Jangan FOMO

 

Istilah Fear Of Missing Out atau yang biasa disingkat dengan FOMO ini mendefinisikan orang-orang yang merasa takut akan ketertinggalan. Tidak sedikit orang yang terjun ke dunia aset kripto karena ikut-ikutan dan hanya mengikuti emosi sesaat saja, seperti panic buying dan panic selling, yang justru berakibat fatal.

Melihat perkembangannya, tren harga Bitcoin memang cenderung positif. Namun, layaknya aset kripto yang fluktuatif, harga Bitcoin dapat melonjak setinggi-tingginya dan kemudian menurun drastis. Akibatnya, alih-alih mendapat cuan, para pemula yang FOMO tersebut malah mengalami kerugian. Sehingga, dalam membuat keputusan jual-beli, Anda harus mempertimbangkannya lebih dulu secara matang.

Ternyata, keberhasilan Bitcoin di dunia aset kripto salah satunya disebabkan oleh para investor pemula yang mulai berinvestasi. Cara bermain Bitcoin di atas dapat membantu pemula dalam menjelajahi lika-liku berinvestasi aset kripto. 

Ingin mengetahui informasi lainnya seputar dunia aset kripto? Yuk, daftarkan diri Anda dan KYC di www.tokocrypto.com juga ikuti update terkini di media sosial Tokocrypto di Twitter dan Instagram sekarang!