Bitcoin Melewati Batas Atas, Harga Mulai Naik Kembali?

0
102
bitcoin kembali ATH

Bitcoin baru saja berhasil naik melewati batas atas pada $35.000 dan terus berhasil melewati $36.350 yang merupakan batas konsolidasinya beberapa hari terakhir. Akibatnya banyak pihak yang memprediksi bahwa Bitcoin akan kembali menyentuh $40.000 dalam waktu dekat.

Bitcoin Melewati Batas Atas

Bitcoin berhasil melewati batas atas konsolidasinya setelah beberapa hari terakhir terlihat stagnan dari sentimen Dolar Amerika. Akibatnya saat ini diprediksi bahwa harga akan mulai menyentuh $38.000 bahkan $40.000 dalam jangka waktu dekat.

Apresiasi ini juga membuat pola head and shoulders pada grafik 4 Jam rusak yang menandakan bahwa kemungkinan pergerakan ke bawah menjadi lebih kecil. Hal ini disebabkan pada umumnya pola tersebut menandakan bahwa harga akan bergerak turun, yang jika rusak berarti tanda tersebut juga rusak.

bitcoin ath
Pergerakan Harga Bitcoin 4 Jam

Jika apresiasi terjadi dan membalik $36.000 menjadi batas bawah dapat menggagalkan narasi bahwa Bitcoin sedang menuju pergerakan turun setelah jatuh 26,5% pekan ini. Narasi ini muncul juga akibat kapitalisasi pasarnya yang jatuh sekitar $200 Miliar pekan ini.

Walaupun terjadi depresiasi ini, mayoritas pelaku pasar keuangan masih terus memiliki pandangan positif terhadap Bitcoin dan pasar crypto secara menyeluruh. Pandangan positif ini mendapat dorongan besar dari Office of the Comptroller of the Currency (OCC).

Baca juga: 3 Cara Aman Beli Bitcoin Saat Harganya Meroket

Biro independen yang mengurus tentang mata uang di Kementerian Keuangan ini baru saja memperbolehkan penggunaan stablecoins. Penggunaan ini dikhususkan untuk bank dalam melaksanakan transaksi dan untuk menjadi kustodian bagi stablecoins itu sendiri.

Salah satu bukti nyatanya adalah Anchorage yang baru saja diizinkan oleh OCC untuk menjadi kustodian bank digital pertama. Hasilnya dengan adanya pernyataan positif tentang mata uang crypto dari Kepala OCC, pelaku asar crypto melihat kabar ini sebagai sentimen positif dan terus mendukung crypto walau sedang turun.

Sektor DeFi dan Altcoins Juga Menguat

Kondisi pasar saat ini sangat mencerminkan pergerakan pasar sebelumnya dimana Bitcoin mengalami koreksi tajam yang berujung pada konsolidasi setelah adanya apresiasi berbentuk parabola.

Saat fase konsolidasi ini, mayoritas investor lebih sering mengalokasikan dananya pada altcoins. Pergerakan ini nampaknya telah terjadi lagi dengan volume perdagangan altcoins hari ini yang naik bersama apresiasi harganya.

Baca juga:Coinfest 2021: Prediksi Koin DeFi Berpotensi Naik di 2021

Dengan Bitcoin yang baru saja berkonsolidasi di $32.000 dan $35.000 beberapa hari terakhir, Ethereum mengalami apresiasi. Pada saat konsolidasi tersebut, ETH naik sekitar 3,96% dan berada di harga $1.120.

Selain itu, Polkadot (DOT) juga terlihat mencetak rekor baru dengan apresiasinya yang hampir mencapai 37% bersama Kusama (KSM) yang naik lebih dari 21%. Secara keseluruhan kapitalisasi pasar crypto telah mengalami apresiasi dan berada di $983,5 Miliar.

Bitcoin Masih Mendominasi

Walaupun terjadi apresiasi di seluruh pasar crypto, saat ini Bitcoin masih terlihat mendominasi. Tingkat dominasi Bitcoin di pasar crypto saat ini terlihat telah mencapai 68,7% yang walau turun, tetap menunjukkan kekuatan Bitcoin.

Oleh karena itu, dengan mayoritas altcoins yang kembali konsolidasi setelah mengalami apresiasi signifikan, nampaknya saat ini Bitcoin akan mulai naik kembali. Kemungkinan besar, dengan adanya apresiasi sebelumnya, target pada $40.000 saat ini masih sangat mungkin.

bitcoin ATH
Pergerakan Harga Bitcoin 1 Jam

Tetapi sayangnya saat ini apresiasi tersebut masih terhalang oleh batas atas yang jika berhasil dilewati dapat membawa Bitcoin kembali ke zona pergerakan naik sebelumnya. Pada grafik 1 Jam, saat ini volume perdagangan masih belum besar, yang membuat Bitcoin masih kesulitan untuk naik.

Ada kemungkinan bahwa pergerakan naik saat ini hanya sebuah retest akibat setelah menyentuh zona apresiasi sebelumnya, Bitcoin bergerak turun. Namun, sesi perdagangan Amerika dapat merubah semua akibat volume umumnya memuncak pada sesi tersebut.

Kemungkinan besar harga saat ini akan turun mencapai $36.350 sebelum naik kembali menuju $37.445. Jika berhasil naik kembali dan menembus batas tersebut, kemungkinan target selanjutnya berada di $38.700 sebelum menuju $40.000.

Baca Juga: Perusahaan Penasihat Keuangan Borong Bitcoin?

Namun, jika turun kemungkinan besar batas selanjutnya berada pada $35.600 yang kemungkinan akan menjadi batas pengaman terakhir. Jika ditembus, kemungkinan harga akan kembali bergerak turun walau kemungkinannya sangat kecil.

sumber.