Connect with us

Crypto

Pentingnya Sertifikasi Exchange untuk Investasi yang Aman 

Published

on

investasi aman

Istilah trading sudah tak asing terdengar di telinga masyarakat umum. Kini, trading dikenal sebagai aktivitas menjual dan membeli instrumen investasi yang dapat dikendalikan dengan mudah hanya dengan laptop dan smartphone. Jika dahulu trading terkhusus di bursa efek dan untuk jual-beli saham. Kini muncul aset baru dalam trading, yakni aset kripto seperti Bitcoin pun turut mendominasi pasar. Namun, sebelum memulai investasi dalam aset kripto, penting bagi Anda untuk memilih exchange yang sudah tersertifikasi agar investasi aman. 

Alasan Pentingnya Memilih Exchange Investasi Aman yang Telah Diakui oleh Bappebti

Pertama kali sebelum menjajaki investasi aset kripto, Anda haruslah memilih media exchange yang aman. Indonesia sendiri telah mengatur regulasi dalam jual beli aset kripto melalui kebijakan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). 

Hal ini untuk memastikan perkembangan aset kripto ini telah diakui secara legal dan dapat diperjualbelikan melalui beberapa media exchange yang telah terdaftar secara resmi. Dengan terdaftarnya media exchange yang Anda pilih di Bappebti, berarti dapat dipastikan transaksi yang Anda lakukan akan terjamin keamanannya.

Sebuah exchange untuk bisa terdaftar di Bappebti haruslah memenuhi syarat-syarat. Salah satunya adalah exchange tersebut harus memiliki IS0 27001, ISO sendiri merupakan information security management system (ISMS) yang merupakan kerangka kerja kebijakan dan prosedur yang mencakup semua kontrol hukum, fisik, dan teknis yang terlibat dalam proses manajemen risiko informasi organisasi. Untuk itu, pastikan exchange yang Anda pilih terdaftar di Bappebti.

Scam yang Dapat Diakibatkan dari Tidak Amannya Exchange

Memilih exchange yang sudah terdaftar di Bappebti tentunya untuk menjamin keamanan aset kripto Anda dan menghindari penipuan. Karena tak ayal, banyak penipuan yang terjadi pada investasi aset kripto ini. Inilah beberapa penipuan yang dapat diakibatkan karena tidak amannya exchange:

  • Phishing

Penipuan yang pertama ialah phishing, penipuan ini biasanya dilakukan dengan mengirimkan link dengan cara menghubunginya melalui e-mail, telepon, ataupun sms yang mengatasnamakan legal institusi yang ditargetkan kepada pengguna  untuk mencuri aset kripto yang ada di dalam wallet.

Penipuan dengan jenis ini biasanya akan mengambil informasi penting terkait informasi diri, seperti nomor telepon, alamat rekening bank, detail kartu debit/kredit yang dimiliki pengguna, bahkan hingga detail wallet blockchain pengguna serta password

Advertisement
  • Exchange atau Wallet Palsu

Penipuan yang marak terjadi selanjutnya adalah exchange atau wallet palsu. Biasanya, para penipu memiliki situs webnya sendiri dengan title sebagai exchange tertentu. Tak hanya itu, dalam penipuan ini ada juga penipu yang membuat sebuah aplikasi dengan alamat wallet yang palsu untuk mengecoh pengguna dan memangsa korbannya. 

  • Giveaway Palsu

Penipuan yang berkedok acara berhadiah Bitcoin atau crypto juga kerap terjadi, lho. Bahkan, ada penipu yang tidak segan untuk mencantumkan nama orang ternama ketika menjalankan aksinya. Dalam menjalankan aksinya, penipu memberikan iming-iming imbalan dua kali lipat, untuk menipu orang awam sehingga mereka mengirimkan crypto-nya ke alamat tertentu. 

  • Mining Scam

Mendapatkan Bitcoin ada beberapa cara, salah satunya mining. Untuk menghasilkan bitcoin melalui mining membutuhkan daya pemrosesan dan listrik yang besar. Hal ini yang membuat para miners individu ikut ke dalam kelompok mining tertentu dan ada beberapa perusahaan pertukaran besar yang menawarkan fasilitas mining kepada para penggunanya. 

Sayangnya, ada orang-orang yang mengambil keuntungan dari pengguna lain dengan memanfaatkan cara tersebut. Strategi yang dipakai adalah menawarkan “kontrak seumur hidup” yang berarti pengguna akan menerima bayaran yang sama dengan mengesampingkan keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan.

  • Skema Ponzi

Dalam skema ponzi ini memiliki sistem yang hampir mirip dengan praktik multi level marketing, yakni pengguna harus merekrut pengguna baru lainnya agar mendapatkan imbalan dan menjanjikan keuntungan yang tinggi.

Intinya, platform ini adalah lingkaran yang tidak bisa dihentikan, pengguna tingkat atas akan terus mendapatkan keuntungan, sedangkan pengguna yang berada di bawahnya akan terus mencari dan mendapatkan pengguna baru lainnya. 

Nah itulah penjelasan pentingnya untuk Anda memilih exchange yang terdaftar agar investasi aman dan terhindar dari penipuan yang dapat terjadi. Pilihlah exchange yang sudah terdaftar di Bappebti, yakni Tokocrypto! Selain sudah terdaftar, Tokocrypto menggunakan teknologi Binance Cloud yang sudah teruji sebagai exchange dengan rating cybersecurity yang tertinggi yakni sebesar 9,35 dan telah melalui berbagai test keamanan yang berlapis seperti penetration testing, proof of fund, dan bug bounty. Yuk, daftar trading di Tokocrypto dan ikuti program referral di sini untuk mendapatkan keuntungan lebih!

 

 

 

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular