Pasar NFT Tumbuh 1785% Selama 2021

0
773
pasar nft

Pasar NFT (Non-Fungible Token) tumbuh 1.785 persen selama 2021. Angka itu kelanjutan panasnya aset kripto unik itu sejak medio tahun 2020. Berikut perkembangan terkini!

Permintaan NFT terus meningkat. Dan hingga kini pasar NFT juga tidak menunjukkan tanda-tanda perlambatan.

Secara year-to-date, dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan, kapitalisasi pasar gabungan dari proyek-proyek besar NFT telah meningkat sebesar 1.785 persen.

Sebagian besar karena transaksi NFT karya Beeple, juga karena banyaknya figur publik yang mulai berinvestasi dan merilis NFT mereka sendiri. Dari tren ini menyebabkan volume penjualan yang meroket.

Baca Juga: 5 Crypto Potensial untuk Mengakhiri Maret dengan Keuntungan

THETA, ENJ, SAND dan AXS adalah beberapa aset kripto yang terkait langsung dengan NFT. Sebagian dari itu berfokus pada game dan mengalami pengubahan ulang dalam beberapa bulan terakhir.

Akibatnya, pasar utama NFT semisal Rarible dan Opensea mengalami peningkatan penjualan sebesar 50 kali lipat hingga 100 kali lipat dalam tiga bulan terakhir.

Opensea, sebagai contoh, hampir tidak memperoleh US$5 juta dalam penjualan kumulatifnya pada pekan pertama Januari 2021.

Sejak itu, hanya dalam waktu tiga bulan lonjakan penjualan kumulatifnya menjadi lebih dari US$100 juta.

“Opensea mendukung CryptoPunks & HashMasks. Sistemnya memberikan kemampuan penerbitan dan memfasilitasi transaksi di Ethereum. Penjualan kumulatifnya pun melampaui US$100 juta lebih dari 50.000 pengguna,” Kata Mira Christanto, peneliti dari Messari, Selasa (30/3/2021), dilansir dari Forbes.

Dampaknya, proyek dan perusahaan NFT mulai muncul di berbagai ekosistem blockchain.

Pasar NFT melihat investasi besar yang datang dari perusahaan, dana, bursa, dan perusahaan ventura tradisional.

Opensea sendiri mendapatkan dana investasi sebesar US$23 juta utamanya oleh Andreessen Horowitz.

Hal ini juga menunjukkan kepercayaan diri terhadap modal perusahaan dalam jangka panjang terhadap pasar NFT.

Sementara Recur berhasil mengumpulkan US$5 juta dana crypto dari investor-investor seperti Hashed dan Gary Vaynerchuk.

Blind Boxes, platform NFT di Binance Smart Chain baru-baru ini juga menyelesaikan penjualan strategisnya yang mencapai US$590 juta dalam beberapa hari setelah peluncuran.

Baca Juga: Ada Michael Jordan di Platform NFT Ini

Di bulan mendatang, beberapa platform NFT pun tengah bersiap meluncur.

Ada Moonrock Capital, investor dalam ekosistem Polkadot, sementara menginkubasi Polkamon; sebuah game dan platform koleksi digital beranimasi, bersama Morningstar Ventures.

Polkamon saat ini menjalankan kampanyenya yang diberi slogan #ClaimYourEgg. Pengklaiman “telur” di platform-nya itu harus menggunakan blockchain Ethereum.

Karena biaya transaksi rata-rata pada Ethereum berkisar sekitar US$15 pada saat itu, jadi lebih dari US$1,5 juta kemungkinan dihabiskan oleh pengguna gas fee.

Crypto Prophecies mengumpulkan dana DeFi teratas dan Polygon, dinilai menjadi solusi kedua terbesar dalam membangun permainan NFT.

Refinable menerima investasi langsung dari Binance untuk membangun salah satu pasar NFT pertama Binance Smart Chain.

Platform NFT asuransi dan beberapa platform lainnya sudah melihat investasi besar pada DeFi, yang memungkinkan seluruh infrastruktur NFT meningkat pesat dalam beberapa bulan mendatang.

Pasar NFT, asuransi, fraksionalisasi, perdagangan, dianggap sebagai wilayah invetasi yang paling banyak diinvestasikan di pasar.

Jika tren ini berlanjut, dua sektor NFT kemungkinan akan mendapat cuan paling banyak yakni pasar NFT, studio game blockchain, dan alternatif blockchain yang menargetkan NFT.

Efinity Enjin adalah alternatif blockchain terbaru yang menargetkan game blockchain dan NFT.

Ada juga Sandbox, Axie Infinity, yang merupakan proyek blockchain dengan fokus game lainnya menunjukkan minat besar setelah melihat lonjakan kuartal pertama 2021.