Cara Mudah Membuat NFT Dan Rekomendasi Platform Untuk Pemula

0
3773
Cara Mudah Membuat NFT Dan Rekomendasi Platform Untuk Pemula
Cara Mudah Membuat NFT Dan Rekomendasi Platform Untuk Pemula

Belakangan ini, Non-Fungible Token (NFT) ramai diperbincangkan di kalangan para seniman, transaksi NFT terjadi secara digital. NFT kebanyakan digunakan untuk transaksi karya seni. Penasaran gimana cara membuat NFT crypto? 

Sebelum kita membahas cara membuat NFT crypto, bijaknya untuk terlebih dahulu mengenal NFT. Yuk, simak NFT lebih lengkap di sini!

Apa sih NFT itu?

Non fungiable token atau NFT adalah token yang ditautkan ke dalam sistem blockchain,  sistemnya sama seperti melakukan transaksi aset kripto pada umumnya, hanya saja NFT tidak dapat direplikasi atau diduplikasi. Selain itu, NFT tidak bisa dijadikan sebagai alat tukar, tetapi bisa diperjualbelikan.

Saat ini NFT banyak digunakan untuk mewakili sebuah barang, seperti item dalam game, video pendek, hingga lukisan di forum digital. Bisa dibilang NFT adalah sebuah sertifikasi kepemilikan sebuah barang.

Sebetulnya NFT sudah ada sejak tahun 2014, namun saat ini semakin terkenal karena dianggap sebagai metode yang praktis untuk membeli serta menjual karya seni digital. Umumnya NFT dinilai sebagai salah satu dari proses transaksi yang sangat terbatas, dikarenakan memiliki kode pengenal yang unik.

Cara Membuat NFT

Jika Anda berminat untuk membuat NFT, Anda dapat membuatnya dengan beberapa pilihan platform yang tersedia untuk pembuatan NFT, salah satunya seperti OpenSea. OpenSea merupakan salah satu pasar NFT yang paling terkenal saat ini, namun masih terdapat beberapa pasar terkenal lainnya seperti Rarible dan SuperRare.

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti dalam membuat NFT melalui platform OpenSea:

  • Menyiapkan Dompet Digital

Langkah utama yang perlu Anda lakukan adalah membuat dompet digital yang diperuntukan menyimpan NFT serta uang digital (aset kripto). Umumnya OpenSea akan merekomendasikan MetaMask sebagai dompet digital Anda dan ekstensi dompetnya untuk Google Chrome dan Firefox. 

  • Mengakses OpenSea

Kemudian, Anda membuka OpenSea, setelah itu arahkan kursor Anda ke ikon profil di kanan atas untuk memilih My Profile (Profil Saya).

  • Menyiapkan Akun OpenSea

Selanjutnya, klik Sign In (Masuk) lalu Anda disarankan untuk mengikuti petunjuk di layar agar dapat menyelesaikan penyiapan akun Anda.

  • Akses Halaman Akun OpenSea

Setelah Anda menyelesaikan persiapan akun OpenSea, Anda akan melihat halaman akun Anda, selanjutnya klik Create dengan mengarahkan kursor Anda ke kanan atas, kemudian pilih My Collections. Selanjutnya Anda diminta untuk menghubungkan dompet digital Anda dengan OpenSea.

  • Setup Halaman My Collections

Setelah dompet digital Anda terhubung dengan OpenSea, lakukan setup pada halaman My Collections sebagai sarana menjual barang-barang. Klik Create new collection, lalu pilih Create kemudian Anda masukkan detail untuk koleksi Anda.

  • Menambahkan Karya Baru

Setelah menyelesaikan koleksi Anda, selanjutnya klik Add New Item dan Anda akan diminta untuk mengupload metadata yang meliputi video, gambar, dan file audio , selanjutnya berikan nama NFT Anda.

  • Klik Create

Langkah yang terakhir adalah klik Create, maka seni digital NFT Anda sudah siap.

Selanjutnya Anda dapat mendaftarkan koleksi Anda dalam bentuk video maupun gambar untuk dijual di OpenSea, namun hal yang penting untuk Anda ingat adalah Anda harus membayar gas atau biaya transaksi blockchain Ethereum sebelum Anda menambahkan NFT baru ke pasar.

Biaya “gas” bervariasi tergantung pada kemacetan jaringan. Semakin tinggi jumlah orang yang bertransaksi melalui jaringan pada waktu tertentu, semakin tinggi harga “gas” dan sebaliknya.

Bagaimana Cara Menjual NFT

Apabila Anda ingin untuk menjual NFT Anda di NFT marketplace. Klik menu koleksi Anda, selanjutnya klik tombol “sell” atau “jual”. Setelah Anda melakukan klik pada tombol tersebut, Anda akan dibawa menuju halaman harga. Pilih jenis penjualan yang Anda inginkan untuk listing. Saat ini pilihan yang tersedia adalah harga tetap, harga menurun, dan lelang. 

Kemudian Anda atur harga NFT serta mengatur waktu yang Anda butuhkan NFT Anda untuk di-listing. Tunggu hingga ada seorang yang membeli, pembayaran akan otomatis masuk ke dompet digital Anda, bila NFT sudah terjual dalam bentuk Ethereum. Biaya listing merupakan biaya kirim dari address Anda ke OpenSea.

Setelah mengetahui cara membuat NFT crypto, apakah Anda berniat untuk membeli aset digital sebagai sarana investasi? Atau Anda lebih tertarik untuk investasi dengan aset kripto? Hanya bermodalkan Rp 50.000 Anda sudah dapat memulai investasi aset kripto, lho. Yuk, mulai investasi di Tokocrypto!