Connect with us

Uncategorized

Asosiasi Industri Kripto Rusia Kecam Pemerintah Karena Tidak Mengatur Sektor Kripto

Published

on

Ilustrasi cryptocurrency.

Salah satu organisasi besar yang mewakili peserta di sektor cryptocurrency Rusia telah mengkritik otoritas Moskow karena tindakan yang tidak memadai untuk mengatur industri. Kritik tersebut datang empat tahun setelah Putin mengarahkan institusi untuk secara legal mendefinisikan status keuangan digital. 

Pengatur Kebijakan Gagal Membuat Undang Undang Yang Utuh

Regulator Rusia telah dikritik karena tindakan mereka terhadap industri cryptocurrency Rusia. Menurut Yuri Pripachkin, presiden Association of Russian Cryptoeconomics, Artificial Intelligence and Blockchain (RACIB), tindakan mereka masih “setengah hati” dan tidak bertujuan untuk menemukan solusi sistematis kebijakan negara Rusia di bidang aset digital.

Di portal berita bisnis RBC, Pripachkin mengingat kembali keputusan Presiden Vladimir Putin pada 21 Oktober 2017. RACIB, sebelumnya dikenal sebagai Asosiasi Industri Cryptocurrency dan Blockchain Rusia, mencatat bahwa kapitalisasi pasar cryptocurrency telah meningkat sebesar 1.250% sejak Putin mengeluarkan perintah tersebut.

Menurut Pripachkin “Dari sudut pandang regulasi industri kripto di Federasi Rusia, menurut perwakilan ahlinya, tidak ada yang dilakukan untuk mengeluarkan segmen pasar kripto (yang menyumbang lebih dari 10% di seluruh dunia) dari pasar,”. Anggaran federal ($270 miliar) Sebuah bayangan dengan omset yang mirip dengan pendapatan tahunan “.

Masalah cryptocurrency di Rusia  hanya sebagian diatur setelah adopsi undang-undang “Tentang Aset Keuangan Digital”, yang mulai berlaku pada bulan Januari tahun ini. Meskipun dengan jelas mengatur peraturan untuk mata uang ini, tidak ada aturan yang diperkenalkan untuk mengontrol penerbitan dan peredarannya dalam perekonomian nasional.

Pripachkin menunjukkan bahwa istilah “kontrak pintar” tidak muncul di regulasi, baik dalam undang-undang yang disahkan, maupun dalam RUU yang saat ini sedang dipertimbangkan. Lalu ada penambangan cryptocurrency, meskipun tidak dilarang di Rusia, tapi tetap saja tidak diatur. Pejabat RACIB menambahkan bahwa belum ada kemajuan pada instruksi lebih lanjut di bawah perintah Putin dan memberikan contoh lain. 

Bank Sentral Rusia (CBR) tetap dengan tegas menentang legalisasi cryptocurrency seperti bitcoin di Rusia. Otoritas moneter menganggapnya sebagai pengganti uang, yang dilarang berdasarkan hukum Rusia saat ini. Awal tahun ini, bank menyarankan bursa untuk tidak mencantumkan instrumen keuangan yang terkait dengan aset kripto. Minggu ini, gubernur Elvira Nabiullina mengatakan CBR tidak siap untuk mengizinkan ETF bitcoin untuk diperdagangkan.

Advertisement

Menurut Pripachkin dalam situasi yang ditentukan oleh undang-undang yang tidak lengkap dan tidak jelas, pengguna crypto Rusia terpaksa mengekspor sekitar 18 triliun rubel (255 miliar US Dollar) dana di luar ekonomi Rusia. Ini dibandingkan dengan total pendapatan anggaran federal Rusia untuk keseluruhan tahun 2020, yaitu sekitar 20 triliun rubel.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular