Connect with us

Blockchain

Cara Kerja DeFi yang Jadi Revolusi Layanan Keuangan Dunia

Published

on

Ilustrasi DeFi (decentralized finance) jadi revolusi layanan keuangan

DeFi merupakan singkatan dari decentralized finance yang artinya keuangan terdesentralisasi. Layanan keuangan ini tentu berbeda dengan keuangan konvensional layaknya seperti bank, karena tidak ada yang memimpin dan mengatur layanan DeFi.

DeFi bekerja dengan bantuan smart contract berupa seperangkat aturan yang sudah terprogram dengan baik. Tugas dari smart contract ini ialah untuk menerima dan membayar uang serta menyesuaikan perubahan pasar.

Apa itu DeFi?

Decentralized finance merupakan sebuah platform berbasis blockchain yang bertugas untuk melakukan transaksi keuangan tanpa perantara dengan menggunakan sistem smart contract atau kontrak pintar.

Platform DeFi akan memutus perantara dan memberikan ruang kontrol yang lebih leluasa bagi pengguna dengan fleksibilitas yang tinggi, kecepatan transaksi lebih baik, dan fee yang lebih kecil.

Baca Juga: DeFi dan NFT Masih akan Moncer di Tahun 2022, Apa Saja Proyek yang Bagus?

Ilustrasi DeFi (decentralized finance).

Ilustrasi DeFi (decentralized finance).

Cara Kerja DeFi

Cara kerja dari decentralized finance yaitu mengumpulkan informasi dari blockchain terlebih dahulu. Selanjutnya, DeFi melakukan tindakan berdasarkan informasi yang didapatkan tersebut dengan menggunakan sistem yang sesuai dengan smart contract.

Blockchain merupakan sebuah database yang bisa memungkinkan pengguna untuk melihat, mengakses, hingga memverifikasi informasi yang diunggah. Blockchain akan membagikan data pada beberapa komputer yang disebut dengan node

Dengan adanya pengaturan node ini, data di blockchain tidak akan bisa diubah sembarangan. Sehingga, ketika pengguna telah memasukan ke blockchain data tersebut akan bersifat permanen karena tidak dapat diubah oleh siapapun. 

Advertisement

Blockchain akan merekam informasi berupa data logistik dan berbagai macam informasi yang berkaitan dengan transaksi keuangan. Selain itu, data yang sudah ada di blockchain lebih mudah untuk diakses oleh pengguna yang membutuhkannya.

Proses transaksi ini tidak lepas dari campur tangan smart contract, sebuah bahasa pemrograman pada komputer yang akan menjalankan fungsinya tergantung pada kondisi ekonomi tertentu. Apakah kondisi ekonomi tersebut sudah terpenuhi atau tidak. Itulah sebabnya, smart contract juga dijuluki sebagai mesin penjual otomatis.

Manfaat DeFi

Decentralized finance ini memiliki banyak manfaat. Ketika menggunakan DeFi, kamu tidak akan lagi membutuhkan broker hingga riwayat kredit. Platform ini akan tersedia di blockchain untuk umum sehingga bisa diakses oleh siapapun tanpa penjagaan seperti layaknya bank konvensional.

Ditegaskan oleh ketersediaan universal bahwa aplikasi DeFi ini dapat memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Adapun manfaatnya yaitu berupa fasilitas layanan keuangan yang terbuka untuk semua orang tanpa harus mengakses layanan perbankan.

Ilustrasi DeFi (decentralized finance).

Ilustrasi DeFi (decentralized finance).

Baca Juga: 5 Proyek DeFi Potensial 2022

Berdasarkan hasil studi World Bank’s Global Partnership soal inklusi keuangan Tahun 2021, saat ini sudah tercatat lebih dari 1,7 miliar orang di negara berkembang tidak dapat melakukan akses layanan bank. 

Hal tersebut dikarenakan layanan dari bank konvensional relatif lambat. Bagaimana tidak? Untuk bisa memproses sebuah transaksi, bank konvensional membutuhkan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu. Di sinilah peran DeFi hadir, yang akan menyelesaikan semua transaksi dalam hitungan menit saja. 

Ketika kamu menyimpan uang di bank konvensional atau broker, dana tersebut akan disimpan dalam sebuah rekening. Nantinya, dana tersebut akan digunakan oleh mereka untuk jaminan, atau meminjamkannya kepada orang lain kemudian mendapat keuntungan dari bunga yang ditetapkan.

Advertisement

Berbeda halnya ketika menggunakan DeFi sebagai layanan keuangan, semua dana akan kamu pegang dan kontrol sendiri. Hal ini juga berlaku pada saat kamu berinvestasi, biasanya nasabah akan dipaksa untuk mempercayai manajer investasi dan manajer keuangan.

Sedangkan ketika menggunakan DeFi, kamu yang akan memutuskan sendiri bagaimana pengelolaan investasi tersebut. Dengan begitu, peran DeFi ini sangat penting dalam setiap proses transaksi keuangan.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular