Connect with us

Market

Market Awal Pekan: Gerak Kripto Optimis ke Zona Hijau

Published

on

Ilustrasi market kripto Bitcoin.

Pergerakan market aset kripto pada hari Senin (18/7) terpantau masih berenergi. Hal ini sudah berlangsung sejak pekan lalu, walaupun kemarin sempat terlihat kurang bergairah.

Melansir situs CoinMarketCap, Senin (18/7) pukul 11.00 WIB, ada 10 aset kripto big cap kompak naik ke zona hijau dalam 24 jam terakhir. Misalnya, nilai Bitcoin (BTC) naik 0,58% ke US$ 21.252 per keping dalam sehari terakhir.

Kemudian, Ethereum (ETH) naik 3,24% ke level US$ 1.402. Solana (SOL), Dogecoin (DOGE), Cardano (ADA) dan XRP mengalami kenaikan masing-masing 0,89, 0,29%, 0,42% dan 0,26%.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, mengatakan meskipun secara keseluruhan pergerakan market awal pekan ini kuat tipis menghijau, tapi harga aset bakal terus bergerak di rentang sempit sampai investor mendapat gambaran mengenai prospek ekonomi ke depan.

“Prospek ke depan tekanan di market kripto semakin berat setelah nilai Dolar AS semakin kuat sejak pekan lalu. Saat ini, investor menanti kepastian mengenai kenaikan suku bunga acuan yang akan dilakukan bank sentral AS, The Fed, demi menekan inflasi tanpa harus menimbulkan efek samping berupa resesi ekonomi. Terlebih inflasi AS bulan Juni masih sangat tinggi 9,1%. Jika merunut pada data historisnya, data inflasi AS selalu memukul kinerja pasar kripto,” kata Afid.

Ilustrasi bear market
Ilustrasi bear market.

Baca juga: Analis: Reli Bitcoin yang Eksplosif Sudah Dekat

Afid melanjutkan The Fed sendiri rencananya akan menggelar rapat bulanannya pada 26-27 Juli mendatang. Sehingga, pergerakan harga kripto bakal terbilang sideways setidaknya hingga The Fed mengumumkan kesimpulan rapat FOMC-nya bulan ini.

Di samping itu, optimisme investor semakin goyah menyusul deretan kabar buruk dari industri kripto global. Seperti, Celsius yang akhirnya mengajukan kebangkrutan ke pengadilan niaga New York dan OpenSea untuk memangkas 20% dari jumlah karyawannya.

Advertisement

“Selanjutnya, kabar dari Presiden Rusia, Vladimir Putin, yang melarang warganya untuk memanfaatkan aset digital dan token utilitas sebagai alat pembayaran barang dan jasa di Rusia. Putin telah mengesahkan Undang-Undang yang melarang pembayaran digital di negara tersebut,” jelasnya.

Ilustrasi aset kripto, Bitcoin dan Ethereum.
Ilustrasi aset kripto, Bitcoin dan Ethereum. Foto: Jaap Arriens | NurPhoto | Getty Images.

Baca juga: Alasan Investasi Bitcoin Tetap Menarik untuk Jangka Panjang

Kendati demikian, bisa dibilang kondisi pasar kripto saat ini lebih sehat dibanding sebelum-sebelumnya. Sebab, pelaku pasar terpantau sangat reaktif terhadap kabar-kabar positif yang menyangkut jaringan blockchain. Seperti, Celsius melunasi utangnya ke dua platform keuangan terdesentralisasi, Compound dan Aave, serta kabar baik Ethereum siap upgrade jaringan di bulan September mendatang.

Sentimen positif lainnya ada di ekosistem kripto yang membuat market kembali tumbuh datang dari beberapa kabar, mulai dari Binance yang menyelesaikan burn periode triwulanan ke-20 dari token aslinya, BNB sekitar hampir 1,96 juta BNB (sekitar US$ 444,6 juta).

Selain itu ada Polygon Network yang memperluas cakupan infrastruktur Web3 miliknya dengan Walt Disney Company. Dampaknya nilai Polygon (MATIC) meroket 18,39% dalam 24 jam terakhir. Kemudian, platform Celsius dikabarkan juga telah melunasi utangnya kepada platform keuangan terdesentralisasi, Aave.

Analisis Harga Bitcoin dan Ethereum Pekan Ini

Khusus untuk analisis pergerakan Bitcoin sendiri, menurut Afid, kemungkinan besar pergerakan pada pekan ini masih dalam kisaran US$ 18.000 hingga US$ 22.000, setidaknya sampai investor memiliki tanda yang lebih jelas apakah The Fed dapat menekan inflasi tanpa membuat ekonomi global ke dalam resesi.

“Dari sisi teknikal, BTC saat ini memiliki titik support terdekat di level US$ 20.000 dengan target kenaikan terdekat ke US$ 21.300 hingga US$ 22.500. Namun, pergerakan ini sebenarnya masih dalam rentang sideways dan belum bisa dikatakan masuk ke fase bullish, karena harus tembus level resistance-nya di US$ 23.300,” tutur Afid.

Ilustrasi aset kripto, Bitcoin dan Ethereum.
Ilustrasi aset kripto, Bitcoin dan Ethereum. Foto: Pixabay.

Baca juga: Bitcoin dan Kripto Lainnya Terbang saat Data Inflasi AS Meroket

Dinamika market kripto pekan ini menjadi pertanda bahwa altcoin season sudah semakin panas. Hal ini tercermin dari pergerakan BTC yang mulai tidak selaras dengan koin lainnya, terutama Ethereum (ETH) dan Ethereum Classic (ETC) yang melonjak tinggi.

Advertisement

Dalam jangka pendek, ETH terjebak di antara titik support US$ 1.313 dan resistance di US$ 1.386. Harga lebih dekat ke level atas saat ini, yang berarti bahwa bull lebih kuat daripada bear. Dalam hal ini, skenario yang lebih mungkin adalah perdagangan ETH sideways antara US$ 1.300-US$ 1.400.

“Ethereum Classic (ETC) nilainya pagi ini tumbuh 18,21% dengan volume trading melonjak 144% capai US$ 1,3 miliar dalam sehari terakhir. Hal ini terjadi menjelang pembaruan jaringan Ethereum bernama The Merge,” pungkas Afid.

Popular