Connect with us

Market

Sinyal The Fed Naikkan Suku Bunga Tinggi, Investor Kripto Harus Siap

Published

on

Ilustrasi market kripto Bitcoin.

The Fed bakal menaikkan suku bunga baru pada 22 Maret nanti, dan investor kripto dapat menggunakan strategi penghindaran risiko untuk menghasilkan keuntungan. Kebijakan The Fed sangat mempengaruhi pergerakan market kripto.

Suka atau tidak suka, bagi investor kripto, kebijakan Federal Reserve AS tentang kenaikan suku bunga dan inflasi yang tinggi adalah satu-satunya ukuran yang paling relevan untuk mengukur permintaan aset berisiko. Dengan meningkatkan biaya modal, Fed meningkatkan profitabilitas instrumen pendapatan tetap, tetapi ini merugikan pasar saham, real estat, komoditas, dan aset kripto.

Salah satu aspek positif dari pertemuan Fed adalah bahwa pertemuan tersebut dijadwalkan jauh sebelumnya, jadi investor kripto dapat mempersiapkannya. Keputusan kebijakan Federal Reserve secara historis menyebabkan volatilitas intraday ekstrim dalam aset berisiko, namun investor dapat menggunakan instrumen derivatif untuk menghasilkan hasil yang optimal karena Fed menyesuaikan suku bunga.

Tantangan

Ilustrasi Bank Sentral AS, The Fed. Foto: Shutterstock.
Ilustrasi Bank Sentral AS, The Fed. Foto: Shutterstock.

Baca juga: IWD 2023: Perempuan Bisa Berkarya di Bidang Blockchain dan Kripto

Tantangan lain bagi para investor dan trader adalah mereka menghadapi tekanan dari Bitcoin yang sangat berkorelasi dengan ekuitas. Misalnya, koefisien korelasi 50-day versus kontrak berjangka S&P 500 telah berjalan di atas 70% sejak 7 Februari. Meskipun tidak menyatakan sebab dan akibat, terbukti bahwa investor aset kripto sedang menunggu arah pasar tradisional.

Investor menyadari bahwa Fed kehabisan pilihan untuk mengekang inflasi. Dengan menaikkan suku bunga lebih jauh, hal itu dapat menyebabkan pembayaran utang pemerintah AS lepas kendali dan akhirnya melampaui US$ 1 triliun per tahun. Ini menciptakan insentif yang sangat besar bagi bulls Bitcoin, tetapi kehati-hatian yang ekstrim diperlukan oleh mereka yang bersedia melakukan perdagangan berdasarkan kenaikan suku bunga.

Pengambil risiko dapat mengambil manfaat dari membeli kontrak berjangka Bitcoin untuk meningkatkan posisi mereka, tetapi mereka juga dapat dilikuidasi, jika pergerakan harga negatif yang tiba-tiba terjadi menjelang keputusan The Fed pada 22 Maret.

Belum Stabil

Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.
Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Market Kripto Tertekan, The Fed Mau Naikan Suku Bunga Lebih Tinggi?

Bitcoin (BTC) jatuh ke posisi terendah tiga minggu pada 8 Maret karena data ketenagakerjaan yang lebih kuat dari perkiraan dari Amerika Serikat mengurangi aset berisiko. Statistik ketenagakerjaan meningkatkan sikap hawkish The Fed dan membuat harga BTC turun.

Advertisement

Peristiwa makro menawarkan hasil yang beragam dalam hal menggerakkan pasar kripto. Pernyataan Ketua The Fed, Jerome Powell, di hadapan Kongres AS sehari sebelumnya gagal memicu reaksi, tetapi data pekerjaan pada hari itu membuat suasana hati menurun.

Angka ketenagakerjaan “panas” seperti itu secara tradisional meresahkan aset berisiko karena menyiratkan bahwa Fed memiliki lebih banyak kelonggaran untuk menjaga kondisi keuangan lebih ketat lebih lama.

Perkiraan seberapa jauh The Fed akan menaikkan suku bunga pada pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) berikutnya pada 22 Maret membuktikan meningkatnya ketidakpastian atas penurunan inflasi. Di samping itu, Indeks Dolar AS (DXY) juga menyimpan potensi kejutan yang tidak diinginkan untuk kenaikan Bitcoin.

Popular