Market

5 Dampak Pemangkasan Suku Bunga The Fed AS terhadap Pasar Kripto

Published

on

Ekspektasi terhadap pemangkasan suku bunga oleh Federal Reserve (The Fed) di Amerika Serikat masih tinggi, dengan kemungkinan pemangkasan pertama yang diantisipasi pada bulan September. Berikut ini adalah beberapa dampak potensial yang mungkin terjadi di pasar saham kripto.

1. Peningkatan Likuiditas Akibat Pemangkasan Suku Bunga

Jika The Fed menurunkan suku bunga, seperti yang telah diisyaratkan oleh beberapa pejabatnya, hal ini dapat memicu peningkatan likuiditas di pasar. Saat suku bunga rendah, biaya pinjaman menjadi lebih murah, sehingga perusahaan dapat memanfaatkan arus kas berlebih untuk memperkuat operasional mereka.

Contohnya, perusahaan seperti Marathon Digital dan Riot Platforms mungkin akan lebih mudah untuk meningkatkan operasinya, sementara perusahaan seperti MicroStrategy bisa lebih nyaman menerbitkan obligasi untuk membeli Bitcoin.

2. Valuasi Pasar Saham Kripto yang Lebih Menarik

Ilustrasi pergerakan indeks saham AS. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Risalah Rapat FOMC Dorong Pasar Kripto Akan Menguat

Penurunan suku bunga juga dapat meningkatkan valuasi perusahaan yang fokus pada pertumbuhan. Dengan akses kredit yang lebih mudah, perusahaan yang terlibat di pasar saham kripto dapat memperbesar aset mereka, yang pada akhirnya meningkatkan prospek bisnis mereka.

Advertisement

3. Penguatan Saham Teknologi

Pemangkasan suku bunga oleh The Fed berpotensi memperkuat saham-saham teknologi. Sebagai titik temu utama antara pasar saham dan industri kripto, perusahaan AI terkemuka seperti NVIDIA dapat mempertahankan valuasi mereka yang mengesankan. Selain itu, saham-saham seperti MicroStrategy (MSTR), Coinbase (COIN), dan lainnya yang terkait dengan industri kripto juga dapat mengalami kenaikan lebih lanjut seiring dengan tren positif harga Bitcoin.

4. Devaluasi Dolar AS

Penurunan suku bunga oleh The Fed juga dapat berdampak negatif terhadap nilai tukar Dolar AS. Ini bisa mengingatkan kita pada peristiwa tahun 2020, ketika pandemi COVID-19 memaksa pemerintah di seluruh dunia untuk menggelontorkan bantuan finansial besar-besaran, yang menyebabkan kelebihan likuiditas dan melemahkan daya beli mata uang fiat, termasuk Dolar AS. Jika skenario ini terulang, dampaknya bisa sangat signifikan bagi pasar kripto.

5. Bitcoin dan Aset Kripto Lainnya Berpotensi Menguat

Dengan turunnya suku bunga, produk keuangan tradisional mungkin menjadi kurang menarik, membuka peluang bagi produk kripto seperti ETF Bitcoin dan Ethereum untuk mencuri perhatian. Produk-produk ini mengikuti harga BTC dan ETH, dua aset yang dikenal dengan potensi pertumbuhan yang positif.

Dalam jangka panjang, Bitcoin telah terbukti mengungguli indeks S&P 500 dan surat berharga lainnya. Jika pemotongan suku bunga The Fed benar-benar terjadi, peningkatan pengeluaran dapat mendorong inflasi, sehingga memperkuat daya tarik Bitcoin sebagai lindung nilai terhadap inflasi.

Advertisement

Morgan Stanley telah menunjukkan minat terhadap Bitcoin ETF, dan setiap langkah kebijakan moneter yang diambil kemungkinan akan meningkatkan adopsi aset kripto dalam jangka panjang.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular

Exit mobile version