Connect with us

Academy

Apa Itu Aave (AAVE)?

Published

on

Apa Itu Aave (AAVE). Sumber: Binance Academy.

AAVE adalah token yang mendasari protokol Aave, sebuah inovasi dalam ekosistem DeFi di Ethereum. Bagi pemegang aset kripto berbasis Ethereum, AAVE bukan hanya sekadar koin digital biasa, melainkan juga merupakan sarana partisipasi dalam pengambilan keputusan dan perubahan arah proyek ini melalui proses voting terbuka.

Dalam dunia yang sedang berkembang pesat seperti DeFi (Decentralized Finance), Aave memegang peran penting sebagai salah satu protokol terdesentralisasi terkemuka. Karena itu, AAVE adalah salah satu koin DeFi terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar. Melalui Aave, pemegang Ethereum dapat dengan mudah meminjamkan dan meminjamkan aset kripto mereka dengan cara yang sepenuhnya terdesentralisasi.

Pengenalan

Pusat dari semua ekosistem keuangan modern adalah kemampuan pengguna untuk meminjam dan meminjamkan aset mereka. Proses meminjam memberikan kesempatan untuk meningkatkan modal untuk berbagai keperluan, sementara meminjamkan memungkinkan seseorang untuk meraih pendapatan yang konsisten dan aman dari aset yang tidak digunakan.

Para pengembang di dunia kripto telah dengan cepat menyadari kebutuhan akan layanan semacam ini dan memperkenalkan apa yang disebut sebagai pasar kripto. Aave adalah salah satu yang terbesar dan paling sukses di antaranya.

Apa Itu Aave?

Aave adalah sebuah platform pasar uang yang berbasis di Ethereum. Di platform ini, pengguna memiliki kemampuan untuk meminjam dan meminjamkan berbagai jenis aset digital, termasuk stablecoin dan altcoin. Manajemen protokol Aave dilakukan oleh para pemegang AAVE.

Untuk memahami sepenuhnya apa itu token AAVE, kita perlu memahami protokol Aave yang menjadi dasarnya. Mari kita eksplorasi lebih dalam.

Asal Usulnya: ETHLend

Sejarah Aave dimulai pada tahun 2017 dengan peluncuran ETHLend. Stani Kulechov dan tim pengembangnya memulai perjalanan ini dengan Initial Coin Offering (ICO) pada bulan November 2017. Tujuan utama ETHLend adalah memfasilitasi peminjaman dan peminjaman mata uang kripto antar pengguna dengan cara memungkinkan mereka untuk mengajukan permintaan dan tawaran pinjaman.

Advertisement

Meskipun ETHLend dan token LEND-nya adalah konsep yang baru saat itu, proyek ini mengalami tantangan selama pasar berada dalam kondisi bear market pada tahun 2018. Salah satu masalah utama adalah kurangnya likuiditas dan kesulitan dalam mencocokkan permintaan dan penawaran pinjaman.

Menghadapi tantangan tersebut, tim ETHLend memutuskan untuk mengubah dan menyempurnakan produk mereka, yang kemudian menghasilkan Aave pada awal tahun 2020.

Dalam sebuah wawancara podcast, Stani Kulechov menyatakan bahwa kondisi bear market sebenarnya menjadi peluang emas bagi ETHLend. Selama periode tersebut, ia dan timnya memiliki waktu untuk mengubah konsep peminjaman aset kripto terdesentralisasi, dan itulah yang menjadi dasar dari Aave seperti yang kita kenal sekarang.

Bagaimana Aave Bekerja

Aave yang baru dan ditingkatkan tetap mempertahankan konsep dasar yang mirip dengan ETHLend, yaitu memungkinkan pengguna Ethereum untuk meminjamkan dan meminjamkan aset kripto mereka. Namun, di balik layar, ada perbedaan yang signifikan.

Aave adalah pasar uang algoritmik, yang berarti pinjaman diberikan melalui pool yang terdesentralisasi, bukan melalui proses pencocokan individual dengan pemberi pinjaman. Tingkat bunga yang dikenakan tergantung pada “tingkat pemanfaatan” dari aset dalam suatu pool. 

Ketika hampir semua aset dalam pool digunakan, tingkat bunga akan naik untuk menarik lebih banyak penyedia likuiditas. Sebaliknya, jika pool memiliki sedikit penggunaan, tingkat bunga akan turun untuk mendorong peminjaman.

Aave juga memungkinkan pengguna untuk mengambil pinjaman dalam mata uang kripto yang berbeda dari yang mereka setorkan. Misalnya, seorang pengguna dapat menyetor Ethereum (ETH), kemudian mengambil stablecoin, dan bahkan menyetorkan stablecoin tersebut ke Yearn.finance (YFI) untuk menghasilkan yield reguler.

Advertisement

Seperti ETHLend, semua pinjaman dalam Aave dijamin berlebih atau overcollateralized. Artinya, jika seseorang ingin meminjamkan aset kripto senilai $100 melalui Aave, ia harus menyetor lebih dari nilai tersebut sebagai jaminan. Untuk mengatasi volatilitas dalam kripto, Aave juga mengimplementasikan proses likuidasi. 

Jika nilai jaminan Anda turun di bawah rasio jaminan yang ditentukan oleh protokol, maka jaminan Anda dapat dilikuidasi. Penting untuk selalu memahami risiko yang terkait dengan menyetor dana ke dalam Aave sebelum Anda melibatkan diri dalam proses ini.

Fitur Penting Lainnya

Aave telah memperluas jangkauannya melampaui pasar uang konvensional. Platform ini semakin dikenal sebagai tempat di mana pengguna DeFi dapat dengan cepat mengakses pinjaman kilat atau flash loan.

Pada umumnya, pool likuiditas dalam Aave seringkali lebih besar daripada jumlah pinjaman yang diminta oleh peminjam. Likuiditas yang tersedia yang tidak digunakan ini dapat dimanfaatkan oleh mereka yang mengambil flash loan, yaitu jenis pinjaman tanpa jaminan yang hanya tersedia dalam satu blok Ethereum.

Secara sederhana, flash loan memungkinkan pengguna untuk meminjam sejumlah besar mata uang kripto tanpa jaminan, lalu mengembalikannya dalam satu transaksi (dengan membayar biaya bunga satu blok).

Hal ini memberikan peluang bagi pengguna yang tidak memiliki modal besar untuk melakukan arbitrase dan mengambil keuntungan dari peluang yang muncul, semuanya dalam satu transaksi di blockchain. Misalnya, jika Anda melihat Ethereum diperdagangkan dengan harga 500 USDC di Uniswap dan 505 USDC di bursa terdesentralisasi lainnya, Anda dapat mencoba mengambil keuntungan dari selisih harga tersebut dengan meminjam sejumlah besar USDC dan melakukan trading kilat.

Selain fitur flash loan dan berbagai fitur lainnya, Aave juga memasuki dunia game dengan menciptakan token non-fungible (NFT) yang dikenal dengan nama Aavegotchi.

Advertisement

Mengenal AAVE

Meskipun ETHLend telah berganti nama menjadi Aave, token LEND masih ada. Ini menjadi perhatian karena LEND tidak memiliki mekanisme pengendalian yang sejalan dengan visi tim Aave. Pemegang LEND tidak memiliki kendali langsung terhadap arah perkembangan protokol Aave.

Hal ini menjadi permasalahan karena Aave terus mengumpulkan likuiditas yang semakin besar, sementara pengguna tidak memiliki kontrol langsung terhadap protokol. Sebagai solusi, diusulkan agar token LEND akan dialihkan menjadi koin baru bernama AAVE dengan rasio 100 LEND untuk satu AAVE.

AAVE, sebagai token ERC-20 baru yang berbasis di Ethereum, membawa sejumlah use case yang juga baru.

Pertama-tama, pemegang AAVE akan berperan sebagai penopang protokol. Peluncuran AAVE memperkenalkan konsep baru yang dikenal dengan istilah “Modul Keamanan”, yang berfungsi melindungi sistem dari potensi kekurangan modal. Dengan kata lain, jika ada kekurangan modal dalam protokol untuk menutupi dana pemberi pinjaman, AAVE dalam Modul Keamanan akan dijual untuk mendapatkan aset yang diperlukan guna menutupi defisit tersebut.

Hanya AAVE yang disimpan dalam modul ini yang dapat dilikuidasi saat terjadi defisit. Setoran ke dalam modul ini didorong oleh insentif dari yield reguler yang dibayarkan dalam bentuk token AAVE.

Use case penting kedua berkaitan dengan tata kelola protokol Aave. Pemegang token memiliki hak untuk berpartisipasi dalam diskusi dan melakukan voting terhadap Proposal Peningkatan Aave. Proposal tersebut dapat diterapkan jika mendapat persetujuan dengan jumlah minimum token AAVE yang telah ditentukan. Tata kelola ini mencakup pengaturan parameter dalam pasar uang Aave, serta pengelolaan dana di cadangan ekosistem. Seperti umumnya dalam token yang berfungsi sebagai alat tata kelola, satu token AAVE setara dengan satu suara.

AAVE memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan desentralisasi aplikasi DeFi dan menjadi penyeimbang penting untuk mengurangi risiko peristiwa tak terduga.

Advertisement

Tantangan yang Dihadapi Aave

Salah satu tantangan yang dihadapi oleh Aave adalah bahwa semua pinjaman di dalamnya harus memiliki jaminan berlebih atau overcollateralized. Berbeda dengan sistem keuangan tradisional yang mungkin memerlukan sedikit jaminan formal, pengguna Aave harus menyediakan mata uang kripto dengan nilai yang jauh lebih tinggi daripada jumlah pinjaman yang mereka minta.

Batasan ini mengimplikasikan bahwa Aave adalah sistem modal yang kurang efisien. Dalam upaya melindungi kreditor, Aave memaksa pengguna untuk mengunci jumlah modal yang signifikan untuk mendapatkan pinjaman, yang pada gilirannya bisa menjadi hambatan bagi pengguna yang memiliki modal terbatas. Meskipun ini dilakukan demi keamanan, namun sistem ini secara alami membatasi ukuran pinjaman agregat di Aave.

Kesimpulan

Pasar uang terdesentralisasi seperti Aave dan Compound telah membuka pintu menuju sistem keuangan yang lebih terbuka dan dapat diakses oleh siapa saja. Aave merupakan proyek DeFi yang menarik, yang memungkinkan pengguna kripto untuk mengakses dana dan layanan secara transparan.

Token AAVE juga menawarkan perkembangan yang menjanjikan. Aset ini memungkinkan pemegangnya untuk memiliki pengaruh terhadap perkembangan protokol Aave dan pada saat yang sama, melindungi protokol dari risiko peristiwa tak terduga.


Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai aset kripto atau cryptocurrency, bisa baca artikel “Belajar Crypto untuk Pemula Mulai Dari Sini.”

Sumber: Binance Academy Indonesia

Advertisement

Popular