Bitcoin News

Yuk, Simak Penjelasan Lengkap Mengenai Fear and Greed Index pada Kripto!

Published

on

Saat mendalami dunia kripto, Anda pasti pernah menemukan istilah “fear and greed index”. Biasanya, istilah tersebut muncul pada bahasan seputar sentimen pasar kripto. Namun, sebenarnya apa itu fear and greed index”. dalam dunia kripto? Apa kegunaannya? Simak ulasannya berikut ini!

Pengertian Fear and Greed Index pada Kripto

Fear and greed index sebenarnya bukanlah suatu istilah yang eksklusif untuk dunia kripto saja. Indeks ini juga bisa Anda temukan pada pasar saham, yang pertama kali dikembangkan oleh CNNMoney melansir Investopedia. Kegunaannya di kedua sektor tersebut pun kurang-lebih sama. Secara garis besar, fear and greed index merupakan barometer yang digunakan untuk menilai apakah suatu aset dihargai secara wajar. Penilaiannya adalah dengan mengamati emosi para investor. Biasanya, informasi mengenai fear and greed index pada kripto bisa didapatkan di situs Alternative.me mulai dari harian, bulanan, hingga tahunan.

Namun, bagaimana hal ini bisa dilakukan?

Bagaimana Cara Memahami Fear & Greed Index?

Saat seorang investor merasa takut (fear) dengan performa aset kripto, ada kemungkinan mereka akan menjual aset tersebut. Besar kemungkinan juga, aset tersebut dijual dengan harga miring yang bahkan lebih rendah dari nilai normal. Sebaliknya, saat investor serakah (greed) karena melihat performa aset kripto sedang baik, mereka akan membeli banyak aset kripto dengan harga yang tidak wajar.

Umumnya, indeks fear dijadikan indikator pembelian. Sementara itu, indeks gear dapat mewakili indikator penjualan. Indeks ini memiliki rating sebagai berikut secara umum:

  • Skor 0-49 menandakan fear
  • Skor 50 adalah indeks netral
  • Skor 51-100 menandakan greed

Meski begitu, indeks ini juga memiliki rating  yang lebih khusus apabila telah memasuki kondisi tertentu, di mana:

  • Skor 0-24 menandakan extreme fear
  • Skor 25-49 menandakan fear
  • Skor 50-74 menandakan greed
  • Skor 75-100 menandakan extreme greed

Manfaat Fear and Greed Index

Mengapa fear and greed index penting dalam analisis aset kripto? Apa yang bisa didapatkan oleh investor kripto dengan mengamati indeks ini?

1. Melihat perubahan sentimen pasar

Dengan melihat fear and greed index, investor bisa mengetahui adanya perubahan terhadap sentimen pasar. Katakanlah Anda melihat bahwa indeks menunjukkan pasar sedang berada di angka 40. Itu berarti, saat ini sentimen pasar sedang memasuki situasi fear. Banyak investor yang melakukan penjualan aset dan mengakibatkan harga aset turun.

Advertisement

Namun, jika semisal indeks bergerak hingga menunjukkan angka 80, maka pasar masuk ke situasi greed. Artinya, kebanyakan investor melakukan pembelian, bahkan dengan harga di atas wajar. Inilah saat yang tepat untuk melepas aset kripto karena harganya sedang tinggi.

2. Membantu menentukan langkah investasi

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, mengamati fear and greed index akan membantu Anda untuk menentukan langkah yang harus diambil saat investasi kripto. Dengan indeks ini, Anda bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk melepas aset (sebelum bullish berakhir) dan kapan waktu yang tepat untuk melakukan pembelian (buy the dip). Jadi, Anda pun terhindar dari risiko merugi.

Faktor yang Memengaruhi Fear and Greed Index

Lantas, faktor apa saja yang memengaruhi fear and greed index ini? Berikut penjelasannya!

1. Volatilitas

Faktor ini membandingkan volatilitas (metrik yang mewakili penyebaran return suatu aset) dengan penarikan maksimum terhadap volatilitas dalam rentang 30 hari dan 90 hari. Mengapa penarikan maksimum? Sebab, penarikan dapat menunjukkan penurunan nilai suatu aset. Tingkat volatilitas yang tinggi menunjukkan indeks fear. Porsi penggunaannya sebagai indeks adalah sebanyak 25% dari total seluruh faktor.

2. Volume

Selanjutnya ada volume atau momentum. Indeks ini mengukur momentum dan volume pasar Bitcoin (BTC) saat ini. Masih sama dengan volatilitas, pengukurannya juga dalam durasi 30 dan 90 hari. Jika volume tinggi, maka metrik akan dianggap negatif atau masuk ke situasi fear. Porsi penggunaannya sebagai indeks adalah sebanyak 25% dari total seluruh faktor.

Baca juga: Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Advertisement

3. Media sosial

Penyebutan nama aset kripto BTC dalam media sosial ternyata juga memengaruhi fear and greed index. Makin banyak aset disebut di media sosial, maka tingkat keterlibatan pasar aset tersebut dianggap tinggi. Itu artinya, output akhir indeks akan mengalami peningkatan. Porsi penggunaannya sebagai indeks adalah sebanyak 15% dari total seluruh faktor.

4. Dominasi BTC di pasar

Indeks ini mengukur dominasi BTC di pasar kripto secara keseluruhan. Makin tinggi tingkat dominance BTC, maka pasar akan cenderung bergerak ke situasi fear. Sebaliknya, jika dominasi BTC melemah, pasar kripto dan para investor akan condong ke situasi greed. Porsi penggunaannya sebagai indeks adalah sebanyak 10% dari total seluruh faktor.

5. Google Trends

Fear and greed index juga dipengaruhi oleh Google Trends. Pengukurannya mirip dengan indeks media sosial. Jika volume pencarian BTC naik, terutama jika disebabkan oleh pemberitaan miring, maka sentimen pasar akan bergerak ke fear. Porsi penggunaannya sebagai indeks adalah sebanyak 10% dari total seluruh faktor.

6. Hasil survei

Terakhir ada indeks survei. Indeks ini melakukan pengukuran dengan menyebar survei ke seluruh pasar setiap minggunya. Dalam satu survei, biasanya akan diikuti oleh 2.000-3.000 peserta. Apabila hasil survei menunjukkan antusiasme peserta, maka sentimen pasar cenderung bergerak ke arah greed. Sebaliknya, peserta yang pasif menunjukkan sentimen pasar masuk ke fase fear

Porsi penggunaannya sebagai indeks adalah sebanyak 15% dari total seluruh faktor. Namun, saat ini hasil survei sedang tidak digunakan sebagai faktor hingga waktu yang belum ditentukan.

Advertisement

Mempelajari fear and greed index akan membantu Anda menentukan kapan waktu yang paling tepat untuk melepas atau menjual aset kripto. Meski begitu, ada baiknya Anda juga mempertimbangkan indeks lain dalam mengambil keputusan investasi kripto. Yuk, daftar dan selesaikan KYC Anda di Tokocrypto. Jangan lupa juga untuk mengikuti perkembangan terbaru dunia kripto melalui Tokonews dan Komunitas Tokocrypto!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version