Blockchain

Apa itu Axie Marketplace? YukSimak Pengertian dan Cara Kerjanya Disini!

Published

on

Axie Infinity merupakan metaverse game yang diluncurkan pada 2018. Game berbasis blockchain yang dikembangkan oleh Sky Mavis ini unik, di mana pemain dapat mengumpulkan dan membiakkan hewan peliharaan digital.’ Sejak awal kemunculannya, salah satu NFT game ini sudah populer, hingga bisa meluncurkan marketplace Axie.

Bahkan hingga kini, Axie Infinity masih berada dalam daftar sepuluh besar game NFT dengan pengguna terbanyak versi DappRadar. Demi melengkapi game tersebut, akhirnya para developer juga mengembangkan marketplace untuk Axie Infinity yang penggunaannya mulai populer pada 2020. Tak hanya itu, Axie Infinity juga memiliki token AXS yang per tanggal 21 April 2022, dengan harga per kepingnya tercatat di angka 46,02 USD.

Baca juga; Yuk, Kenalan dengan Game Berbasis NFT, Axie Infinity Indonesia!

Setiap hewan peliharaan (Axie) adalah aset digital unik yang berbeda satu sama lain. Sementara itu, Anda harus mendapatkan setidaknya tiga NFT Axie dari marketplace Axie untuk mulai bermain. Selain itu, Anda juga harus memiliki dompet Ether, seperti Metamask, dan menyiapkan dompet Ronin.

Lantas, apa yang dimaksud dengan marketplace Axie?

Advertisement

Apa itu Axie Marketplace?

Axie Marketplace adalah marketplace resmi yang disediakan untuk game Axie Infinity. Melalui marketplace ini, pemain bisa beli Axies baru dan berbagai item lainnya sebagai NFT untuk dipakai dalam game. Jika ingin beli atau jual Axies, Anda juga bisa melakukannya di marketplace ini.

Meski begitu, Anda juga bisa menjual atau membeli item di marketplace NFT lainnya. Hal ini disebabkan karena token Axie Infinity, atau disebut juga Axie Shards, dibangun di atas blockchain Ethereum sehingga bisa dibeli dan dijual di berbagai pasar NFT lainnya.

Tujuan dibentuknya Axie Marketplace

Berikut dua tujuan utama dibentuknya Axie marketplace:

  1. Memfasilitasi jual-beli item dalam game

Tujuan utama dibentuknya marketplace ini adalah memfasilitasi transaksi jual-beli dalam game, seperti Axies, Item, Land, dan beragam paket gabungan untuk bermain game Axie Infinity. Berbeda dari pasar NFT lain, platform ini ditujukan hanya untuk jual-beli item dan karakter dalam game Axie Infinity. 

  1. Memudahkan pengguna untuk mendapatkan item yang sulit didapat lewat bermain game

Sementara itu, tujuan eksklusif adalah untuk memudahkan pengguna dalam mendapatkan item game yang sulit diperoleh secara cuma-cuma dengan bermain game saja. Berkat tujuan ini, token Axie Infinity (AXS) pun menjadi sebuah aset yang bernilai. Sebab, item yang diperoleh tersebut tergolong langka dan bisa dijadikan investasi untuk ke depannya.

Tujuan ini juga yang membuat marketplace ini dibanjiri pengguna dan mencatat banyak transaksi sejak September 2020. Bahkan, tercatat jumlah transaksi harian di marketplace ini tembus 2.200 per 27 September 2020 dengan volume perdagangan harian sebesar $87.070, lho!

Syarat Pendaftaran di Axie Marketplace

Sebelum mempelajari cara kerja marketplace Axie, ketahui dulu beberapa syarat pendaftarannya:

Buat dompet Ethereum

Anda bisa membuat MetaMask, salah satu dompet kripto yang dikaitkan dengan blockchain Ethereum. MetaMask adalah salah satu dompet kripto yang bisa diakses lewat aplikasi browser.

Advertisement

Lanjut buat akun Axie

Anda hanya bisa bermain Axie Infinity hanya jika sudah memiliki Axies, karakter peliharaan digital pada game Axie Infinity. Setelah buat akun, Anda bisa membeli Axies lewat marketplace Axie Infinity.

Mengatur email dan password

Anda akan diarahkan ke halaman dashboard utama usai mendaftar akun Axie. Lengkapi email dan password yang akan dipakai dengan klik tombol “Set up Email and Password”.

Jangan lupa buat dompet Ronin

Sidechain dompet Ronin ini memiliki fungsi mewadahi semua aktivitas dan transaksi yang dilakukan dalam game Axie Infinity. Jadi, jangan lupa untuk mendaftar ke dompet Ronin, ya.

Tautkan ke akun Axie Infinity

Perintah aktivasi dompet Ronin akan Anda temukan di dashboard saat masuk laman marketplace Axie Infinity.

Beli Axies di marketplace

Miliki Axies agar Anda bisa mengakses mode petualangan dan mode arena di Axie Infinity. Ada tiga Axies yang perlu Anda beli, yaitu beast (hewan), plant (tanaman), dan bird (burung). 

Advertisement

Install

Setelah mempunyai akun Axie dan Axies, Anda hanya perlu install atau mengunduh dan memainkan Axie Infinity.

Cara Menggunakan Axie Marketplace

Nah, jika sudah memenuhi berbagai syarat pendaftaran tersebut, Anda bisa membeli dan menjual item Axie Infinity dengan melakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Langkah membeli item 

Untuk membeli Axies di Axie Infinity, Anda bisa ikuti sejumlah langkah berikut ini:

  • Mulai dengan membuat akun di situs resmi Axie Infinity di sini.
  • Masuk ke akun dompet MetaMask dan Ronin.
  • Dari Ethereum Network, lakukan deposit ke Ronin Network.
  • Jika token WETH sudah masuk ke dompet Ronin, Anda bisa langsung membeli Axie.
  • Caranya, klik menu Marketplace.
  • Anda akan dibawa ke halaman Dashboard.
  • Di sana, pilih lagi menu Marketplace untuk melihat daftar Axie yang dijual.
  • Atur filter pencarian, seperti Class, Parts, Purity & Genes, Breed Count, dan Stats.
  • Bagi Anda yang masih pemula, pilih Lower Price untuk daftar Axie dari harga termurah.
  • Temukan Axies yang Anda mau.
  • Jika sudah dapat, cukup klik tombol Buy Now.
  • Selesaikan pembelian dengan tekan tombol Confirm pada menu pop-up dompet Ronin
  1. Langkah menjual item

Untuk menjual item game Axie Infinity di marketplace Axie, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama-tama, hubungkan dompet Ronin ke akun Axie Infinity.
  • Jika sudah, buka menu “Inventory”.
  • Lanjutkan dengan klik Axie yang ingin Anda jual.
  • Anda akan mendapat pilihan untuk menjual Axie dengan harga tetap atau harga lelang.
  • Jika ingin menjual Axie dengan harga tetap, tentukan harga tetap dan kemudian Axie akan langsung terdaftar di Marketplace.
  • Dibanding harga lelang, penjualan dengan harga tetap jauh lebih mudah dan efisien.

Setelah diluncurkan pada Februari 2018, popularitas game NFT Axie Infinity telah menyebar ke berbagai kalangan di ekosistem kripto. Tim pengembang game ini akhirnya menyediakan marketplace Axie, sebuah fitur baru untuk memudahkan proses transaksi jual-beli atribut game. Selain main game NFT Axie Infinity, Anda juga bisa lho berkiprah di  dunia NFT art dan menawarkannya di TokoMall, salah satu platform marketplace NFT pertama di Indonesia! Jangan lupa juga untuk gabung Komunitas Resmi TokoMall di Discord dan Telegram, ya!

Popular

Exit mobile version