Academy

Apa Itu PAX Gold (PAXG)?

Published

on

PAX Gold (PAXG) adalah sebuah stablecoin ERC-20 yang didukung oleh cadangan emas fisik yang tersimpan dengan aman dalam brankas di London. PAXG memudahkan investasi dalam emas dengan memberikan kesempatan kepada pengguna untuk memiliki emas fisik tanpa harus khawatir tentang masalah penyimpanan dan biaya transportasi. Para pengguna dapat dengan mudah memperdagangkan PAXG sebagai aset digital di berbagai bursa kripto, baik yang bersifat tersentralisasi maupun yang terdesentralisasi.

Pendahuluan

Selama ribuan tahun, emas telah mempertahankan posisinya sebagai komoditas berharga yang sangat dihargai. Emas digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pembuatan perhiasan hingga sebagai alat penyimpan nilai, bahkan sebagai perlindungan terhadap inflasi. Namun, bagi investor ritel, membeli emas fisik seringkali menjadi sesuatu yang mahal dan rumit. Menyimpan emas memerlukan tempat yang aman seperti brankas di bank, dan mengirim atau mengangkut emas fisik bisa menjadi tugas yang rumit karena bobotnya yang berat.

Paxos Trust Company berusaha mengatasi tantangan ini dengan menciptakan PAX Gold (PAXG) — bentuk tokenisasi dari emas yang ada di blockchain.

Apa itu PAX Gold (PAXG)?

PAX Gold (PAXG) merupakan sebuah stablecoin ERC-20 yang memiliki cadangan emas fisik yang disimpan oleh Paxos Trust Company. Setiap token PAX Gold setara dengan satu ons troy dari emas batangan London Good Delivery dengan berat sekitar 400 ons, yang dijaga dengan cermat dalam brankas emas yang aman seperti Brink’s. Karena PAXG mewakili emas fisik secara langsung, nilainya terkait erat dengan nilai pasar emas fisik tersebut dalam waktu nyata.

PAXG telah diatur dan mendapat persetujuan dari Departemen Layanan Keuangan Negara Bagian New York. Untuk memastikan bahwa Paxos selalu memiliki cadangan yang cukup, perusahaan ini menjalani audit bulanan oleh pihak ketiga untuk memverifikasi korelasi antara cadangan emas Paxos dan pasokan token PAXG. Laporan audit ini secara rutin dirilis di situs web resmi Paxos. Selain itu, para pengembang PAXG secara berkala melakukan audit terhadap smart contract untuk mengidentifikasi potensi bug atau kerentanannya.

Selain itu, aset-aset pelanggan Paxos, termasuk PAXG, dijamin terlindungi dari risiko kebangkrutan dan disimpan secara terpisah dari aset perusahaan.

Bagaimana PAXG Beroperasi?

PAX Gold beroperasi di dalam jaringan blockchain Ethereum. Sebagai token ERC-20, PAXG dapat digunakan dengan berbagai dompet yang kompatibel dengan Ethereum, terintegrasi dengan aplikasi dan protokol keuangan terdesentralisasi (DeFi), serta diperdagangkan di berbagai bursa kripto seperti Binance.

Advertisement

Dibandingkan dengan kepemilikan emas fisik, memiliki PAXG tidak memerlukan biaya penyimpanan di brankas atau pihak ketiga. Setiap transaksi PAXG hanya dikenai biaya transaksi yang kecil, sekitar 0,02%, dan beberapa biaya gas dalam bentuk Ethereum. Dengan PAXG, pengguna dapat dengan mudah berinvestasi dalam pecahan kecil dari emas fisik tanpa harus memikirkan masalah biaya penyimpanan atau transportasi yang umumnya terkait dengan kepemilikan emas fisik.

Token PAXG dilengkapi dengan nomor seri yang sesuai dengan setiap emas batangan yang diwakilinya. Para pemilik PAXG dapat melacak nomor seri, nilai, dan karakteristik lain dari emas fisik mereka dengan memasukkan alamat dompet Ethereum ke dalam alat pencarian PAXG. Mereka juga memiliki fleksibilitas untuk menukarkan PAXG mereka kapan saja dengan mata uang fiat, aset kripto lainnya, atau bahkan dengan emas fisik yang dialokasikan atau yang belum dialokasikan dari pengecer emas, dengan harga yang selalu mengikuti pasar emas saat ini.

Apa perbedaan antara PAXG dan ETF emas?

Exchange-traded fund (ETF) emas mengikuti nilai emas yang mendasarinya. Produk ini memberikan eksposur terhadap harga emas kepada investor, namun tidak memberikan kepemilikan langsung atas emas itu sendiri. Investor yang memiliki saham ETF emas memegang kontrak yang mewakili hak mereka atas persentase tertentu dari pool emas. ETF emas tidak menggantikan kepemilikan fisik emas. Contohnya, dalam situasi krisis atau saat volatilitas tinggi, nilai kontrak ETF emas bisa saja lebih rendah dari nilai aset dasar yang diwakilinya pada saat penyelesaian.

Pada sisi lain, PAXG adalah representasi digital dari emas fisik. Setiap token PAXG mewakili satu ons troy emas yang sebenarnya, yang tersimpan dalam brankas yang aman di London dan dapat diidentifikasi dengan nomor seri. Proses penyelesaian perdagangan PAXG berlangsung cepat dan efisien, mirip dengan perdagangan emas batangan fisik. Karena PAXG berbasis Ethereum sebagai token ERC-20, transaksi PAXG dapat diselesaikan hampir secara instan.

Penutup

Meskipun berbagai pilihan investasi kripto telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, komoditas fisik masih tetap menjadi komponen umum dalam portofolio investor pada umumnya. PAXG bertujuan untuk memberikan alternatif berbasis blockchain kepada pasar yang telah mapan ini, dengan memanfaatkan kecepatan dan likuiditas yang ditawarkan oleh aset kripto.


Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai aset kripto atau cryptocurrency, bisa baca artikel “Belajar Crypto untuk Pemula Mulai Dari Sini.”

Sumber: Binance Academy Indonesia

Advertisement

Popular

Exit mobile version