Connect with us

Academy

Apa yang Dimaksud dengan Yield Guild Games (YGG)?

Published

on

Apa yang Dimaksud dengan Yield Guild Games (YGG)? Sumber: Binance Academy.

Yield Guild Games (YGG) merupakan sebuah guild game yang mengutamakan konsep play-to-earn di ranah blockchain. YGG sendiri merupakan sebuah komunitas yang berinvestasi dalam aset NFT dan menghubungkan para gamer blockchain dari berbagai penjuru dunia. Misi utama mereka adalah membangun jaringan antara pemain dan investor yang saling mendukung untuk memulai serta berkembang di dunia game berbasis NFT.

Pengantar

Seiring dengan kesuksesan Axie Infinity, industri game blockchain play-to-earn (P2E) telah mengalami perkembangan pesat. Walaupun tren P2E telah menarik perhatian jutaan orang di seluruh dunia, namun game NFT masih di luar jangkauan bagi sebagian besar pemain, terutama di negara-negara berkembang.

Yield Guild Games hadir sebagai solusi untuk menjembatani kesenjangan ini, dengan membangun sebuah komunitas P2E serta menawarkan solusi bagi para pemain untuk memasuki dunia game berbasis NFT.

Pengertian Yield Guild Games (YGG)

Yield Guild Games (YGG) merupakan sebuah Organisasi Otonom Terdesentralisasi (DAO) yang menginvestasikan dana dalam non-fungible token (NFT) yang digunakan dalam game blockchain. Game ini adalah bagian dari konsep yang lebih besar yang dikenal sebagai metaverse.

Istilah metaverse mengacu pada berbagai aspek dunia digital yang dibangun di atas teknologi blockchain, termasuk lahan digital, aset digital, dan lain sebagainya. Ide untuk menciptakan sebuah komunitas global game play-to-earn pertama kali muncul pada tahun 2018. Gabby Dizon, salah satu pendiri dan CEO YGG, memperhatikan bahwa game blockchain sedang menjadi tren di Asia Tenggara. Pada saat itu, banyak pemain game yang ingin mencoba permainan NFT populer seperti Axie Infinity, namun terkendala oleh keterbatasan finansial dalam membeli karakter NFT yang diperlukan dalam permainan tersebut.

Dengan kesadaran bahwa game blockchain bisa menjadi alat yang kuat bagi mereka yang tinggal di negara-negara berkembang, Dizon mulai meminjamkan karakter Axie miliknya kepada pemain lain yang tidak mampu membelinya sendiri. Pengalaman ini menginspirasinya untuk mendirikan Yield Guild Games bersama Beryl Li pada tahun 2020, dengan tujuan membantu para pemain dalam ekosistem NFT dan game blockchain untuk tumbuh dan berkembang.

Bagaimana Yield Guild Games Beroperasi?

Yield Guild Games menggabungkan dua konsep utama, yaitu Keuangan Terdesentralisasi (DeFi) dan NFT, untuk menciptakan sebuah ekonomi metaverse di blockchain Ethereum. DAO YGG merupakan protokol sumber terbuka yang diatur oleh smart contract.

Advertisement

DAO ini bertujuan untuk mencapai berbagai tujuan, mulai dari pelaksanaan keputusan tata kelola yang dipilih oleh komunitas, penerbitan reward, hingga memfasilitasi penyewaan NFT. YGG terdiri dari beberapa SubDAO yang masing-masing beranggotakan sekelompok pemain dari game NFT tertentu atau berasal dari lokasi geografis tertentu. Setiap SubDAO memiliki serangkaian aturan sendiri untuk mengelola aktivitas dan aset game play-to-earn yang dimilikinya.

Model ini memungkinkan para pemain dari game NFT yang sama untuk bekerja sama guna memaksimalkan keuntungan dalam permainan mereka. Model ini juga memfasilitasi para anggota guild untuk menyewa dan menggunakan aset yang dimiliki oleh komunitas untuk mendapatkan reward dalam permainan. Sebagai imbalannya, pihak yang meminjamkan NFT melalui DAO dapat berbagi sebagian dari penghasilan yang diperoleh oleh para pemain.

Di YGG, semua NFT dan aset digital disimpan di dalam YGG Treasury yang dikendalikan oleh komunitas. Treasury ini menyediakan NFT kepada setiap SubDAO dan mencakup aset play-to-earn dari beberapa game blockchain.

Beasiswa YGG

Untuk meningkatkan nilai dan utilitas NFT game, DAO YGG menggunakan program penyewaan NFT yang dikenal sebagai beasiswa. Konsep ini awalnya diperkenalkan oleh komunitas Axie Infinity sebagai bentuk insentif bagi pemilik NFT dan pemain play-to-earn.

Di Axie Infinity, pemilik karakter Axie dapat meminjamkan aset game mereka untuk membantu pengguna baru memulai permainan, sebagai ganti persentase dari reward yang diperoleh dalam permainan tersebut. Proses ini diatur melalui smart contract blockchain sedemikian rupa sehingga hanya penerima beasiswa yang dapat menggunakan NFT dalam permainan. Hanya manajer yang dapat melakukan perdagangan atau transfer NFT.

YGG juga memberikan beasiswa kepada para pemain baru dengan model bagi hasil, yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan aset NFT untuk memulai permainan dan mendapatkan reward. Penerima beasiswa tidak perlu mengeluarkan uang di muka, tetapi mereka harus berbagi sebagian dari penghasilan mereka dengan manajer. Selain dari NFT, para pemain baru juga akan menerima pelatihan dan panduan dari komunitas manajer.

Beasiswa YGG tidak terbatas pada NFT di Axie Infinity. Treasury YGG juga memiliki lahan virtual di The Sandbox dan League of Kingdoms, serta mobil virtual di F1 Delta Time, di antara beberapa game play-to-earn lainnya.

Advertisement

SubDAO

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, DAO YGG terutama terdiri dari SubDAO. SubDAO dapat diibaratkan sebagai komunitas lokal dalam DAO YGG utama. Komunitas lokal ini terdiri dari para pemain dari game P2E tertentu atau berasal dari lokasi geografis tertentu. Sebagai contoh, terdapat SubDAO khusus untuk para pemain Axie Infinity, SubDAO untuk para pemain The Sandbox, SubDAO lainnya untuk para pemain di wilayah Asia Tenggara, dan sebagainya. Dengan mengelompokkan para pemain ke dalam berbagai SubDAO, mereka dapat berdiskusi mengenai strategi bermain dan saling membantu untuk memaksimalkan kinerja mereka.

Setiap SubDAO mengelola aktivitas dan aset permainannya masing-masing dengan serangkaian aturan dan persyaratan yang berbeda, tetapi mereka masih berkontribusi pada hasil keseluruhan dari DAO YGG. Di dalam SubDAO, terdapat pemimpin komunitas, dompet, dan token SubDAO.

Pemilik token dapat berbagi hasil dari permainan berdasarkan kontribusinya. Mereka juga dapat memberikan saran dan melakukan voting terhadap keputusan tata kelola yang terkait dengan SubDAO, seperti apakah akan membeli lebih banyak NFT dalam permainan atau bagaimana cara mengelola aset mereka.

Apa itu Token YGG?

Yield Guild Games (YGG) adalah token ERC-20 yang memberikan hak kepada pemiliknya untuk berpartisipasi dalam tata kelola DAO YGG. Total pasokan token ini adalah sebesar 1 miliar, dan 25 juta YGG telah dijual melalui Penawaran DEX Perdana (IDO) di SushiSwap pada tahun 2021.

Sebagai dukungan bagi komunitas, 45% dari total pasokan ini akan didistribusikan kepada pengguna secara bertahap selama empat tahun. Sebagai token platform asli, YGG digunakan untuk membayar layanan di jaringan. Token ini juga dapat di-stake untuk mendapatkan reward di brankas YGG atau digunakan untuk membuka konten eksklusif di saluran Discord YGG.

Selain itu, pemilik YGG dapat mengusulkan dan memberikan suara terhadap keputusan yang terkait dengan teknologi, produk, proyek, distribusi token, dan struktur tata kelola guild secara keseluruhan. Saran yang berhasil diterapkan pada DAO akan diberikan reward dalam bentuk token YGG.

Brankas YGG

DAO YGG mengadopsi pendekatan yang berbeda dalam farming hasil dibandingkan dengan sebagian besar platform staking DeFi. Biasanya, token di-stake untuk mendapatkan bunga dengan tarif tetap. Di YGG, setiap brankas mewakili program reward token dari aktivitas tertentu yang dijalankan oleh YGG.

Advertisement

Sebagai contoh, satu brankas dapat memberikan hasil berdasarkan kinerja program beasiswa, sementara brankas lain memberikan reward kepada staker berdasarkan program ternak Axie. YGG juga berencana untuk mengembangkan brankas indeks super terpadu yang mewakili semua aktivitas penghasil hasil di ekosistemnya. Brankas ini akan memberikan reward kepada staker berdasarkan pendapatan guild dari langganan, merchandise, penyewaan, pertumbuhan perbendaharaan, dan kinerja indeks SubDAO.

Pemilik token dapat melakukan staking untuk aktivitas yang didukung, dan reward akan didistribusikan secara proporsional berdasarkan jumlah YGG yang di-stake melalui smart contract. Bergantung pada cara brankas diprogram, reward juga dapat berupa token YGG, Ether (ETH), atau stablecoin.

Penutup

Melalui model bagi hasil yang unik, YGG telah berhasil membangun sebuah komunitas terdesentralisasi yang aktif di dunia nyata. YGG memberikan kesempatan bagi para peserta untuk tumbuh dan berkembang di dunia virtual ini melalui ekonomi game yang inovatif.

Dengan munculnya proyek-proyek metaverse, guild NFT seperti Yield Guild Games akan terus mendapatkan manfaat dari kedatangan para pendatang baru serta penggemar kripto yang tertarik untuk menjelajahi game NFT play-to-earn sebagai alternatif sumber penghasilan.

Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai aset kripto atau cryptocurrency, bisa baca artikel “Belajar Crypto untuk Pemula Mulai Dari Sini.”

Sumber: Binance Academy

Advertisement

Popular