Bitcoin News

Apakah Bitcoin Legal di Indonesia? Ini yang Kamu Perlu Tahu.

Published

on

Peraturan cryptocurrency di Indonesia adalah topik yang sangat penting sebelum seseorang membeli Bitcoin. Untuk legalitas Bitcoin sendiri, pada tahun 2019 Bappebti sudah mengeluarkan regulasi yang mengatur tentang aset digital kripto.

Peraturan Bappebti No. 5/2019 pasal 1 ayat (7) : 

Komoditi tidak berwujud yang berbentuk digital aset, menggunakan kriptografi, jaringan peer-to-peer, dan buku besar yang terdistribusi, untuk mengatur penciptaan unit baru, memberifikasi transaksi, dan mengamankan transaksi tanpa campur tangan pihak lain.

Tonton juga peraturan tentang aset kripto di Indonesia lainnya melalui video di bawah ini.

Baca juga : Mendag: Sebagian Tugas Bappebti Soal Kripto Dialihkan ke OJK

Advertisement

Bursa Kripto yang Legal untuk Membeli Bitcoin

Seperti yang telah diketahui, salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bursa Bitcoin di Indonesia adalah terdaftar di BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi). Jika Anda melakukan trading di bursa bitcoin legal ini, maka keamanan Anda saat trading bitcoin lebih terjamin dikarenakan aturan yang telah ditetapkan.

Jika Anda bergabung dengan bursa yang belum terdaftar secara legal di Indonesia, akun dan dompet Anda tidak akan terjaga dengan aman. Data Anda akan lebih mudah tersebar dan bahkan Anda akan mengalami peretasan dengan sangat mudah. Itulah kenapa Anda perlu mendaftar ke bursa bitcoin yang legal.

Bursa-bursa yang telah terdaftar di BAPPEBTI ini sudah terverifikasi sesuai dengan aturan yang berlaku. Perusahaan ini tidak hanya teruji dari segi keamanannya, melainkan juga dari latar belakang perusahaan, modal, dan sebagainya. Sehingga Anda sebagai pemula tidak perlu khawatir ketika melakukan trading di bursa yang legal ini.

Cara Sistem Keamanan Bursa Aset Kripto Bekerja

Pernahkah Anda penasaran tentang bagaimana cara sistem keamanan pada bursa aset kripto bekerja? Nah, setiap kali Anda melakukan login ke bursa Anda, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi dalam bentuk kode atau e-mail.

Hal itu dilakukan untuk memastikan kalau Anda lah yang mengakses akun tersebut. Makanya jika Anda mengalami percobaan login dari yang tidak dikenal, Anda dapat langsung melaporkan hal tersebut ke bursa Anda untuk mengamankan akun Anda.

Advertisement

Selain itu, Anda juga akan melewati tahap KYC (Know Your Customer) untuk memastikan tidak adanya transaksi ilegal yang terjadi di akun Anda.

Binance adalah salah satu bursa terbesar di dunia, penyimpanannya di binance cloud. Jika bursa pilihan Anda menggunakan binance cloud, maka bursa tersebut memiliki likuiditas keamanan dan volume yang sama dengan binance. Jadi aset kripto Anda tidak akan mengalami masalah.

Syarat Penting Bursa Aset Kripto di Indonesia

Setelah mengetahui tentang cara kerja sistem keamanan sebuah bursa aset kripto, Anda juga perlu mengetahui syarat penting untuk menjadi bursa aset kripto yang legal. Berikut syarat-syaratnya:

1. Memiliki ISO 27001

ISO merupakan Information Security Management System atau biasa dikenal dengan ISMS, sebuah sistem kerangka kerja, kebijakan, dan prosedur yang terlibat dalam proses manajemen risiko informasi organisasi.

Advertisement

ISO dapat membantu bursa bitcoin menghilangkan atau meminimalisir pelanggaran keamanan yang dapat mengakibatkan dalam bidang hukum bisnis. Jika sebuah bursa bitcoin memiliki ISO 270001, artinya bursa tersebut memiliki sistem informasi yang terlindungi.

Maka Anda tak lagi perlu khawatir, karena data Anda akan lebih aman. Informasi yang terdapat di bursa tersebut dapat dipastikan akurat dan terpercaya, karena hanya pihak yang berwenang saja yang dapat menggantinya.

Contohnya, Anda mendepositokan uang sejumlah Rp.500.000 dan uang tersebut tidak akan berubah jumlahnya menjadi Rp. 100.000 secara tiba-tiba. Sedangkan jika Anda tidak terdaftar di bursa yang legal, perubahan jumlah ini dapat terjadi lho!

2. Terverifikasi Sesuai Standar

Salah satu syarat lainnya adalah bursa tersebut sudah harus terverifikasi melalui penilaian secara independen dengan standar internasional berdasarkan praktik terbaik di industri aset kripto.

Advertisement

3. Coin Listing

Sebelum melakukan coin listing, biasanya perusahaan-perusahaan bursa aset kripto ini melakukan due diligence untuk menentukan koin-koin mana yang akan tersedia di bursa mereka.

Adapun hal-hal yang diperhatikan dalam proses due-diligence ini adalah white paper, roadmap, blockchain, dan team project. Namun, ada pula bursa yang menerapkan coin voting, sehingga Anda dapat turut serta memilih koin-koin apa saja yang akan tersedia di bursa tersebut.

Tokocrypto adalah bursa bitcoin legal pertama di Indonesia. Selain itu, Tokocrypto menggunakan binance cloud sebagai tempat penyimpanannya. Jadi, apalagi yang Anda tunggu? Mari bergabung dengan Tokocrypto! Salam to the moon!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version