Bitcoin News

Bitcoin Terjebak di Harga US$ 26K, Tapi Sentimen Ini Sebut Ada Peluang

Published

on

Tren penurunan harga Bitcoin dan pasar kripto secara keseluruhan membuat banyak orang berharap untuk pulih dengan cepat. Bitcoin pun dalam beberapa hari terakhir masih melayang di wilayah bearish tanpa tanda-tanda pembalikan jangka pendek.

Menurut data Santiment, slogan buy the dip atau ajakan untuk membeli aset kripto saat pasar turun tidak lagi marak. Tampaknya masyarakat tidak lagi yakin bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk membeli kripto saat harga turun. Ini berarti pesimisme mulai mengambil alih lagi seiring memudarnya kapitalisasi pasar.

Kapan Waktu yang Tepat Beli Bitcoin?

Dikutip Crypto Potato, pasar masih belum pulih dari penurunan Bitcoin menjadi US$ 25.000 dan pertumpahan darah altcoin dalam beberapa hari terakhir. Sebagian besar 20 aset kripto teratas telah membukukan kerugian dua digit selama seminggu terakhir. Harapannya yang terjadi selanjutnya adalah antisipasi pemulihan pasar yang cepat.

Platform analitik kripto, Santiment mengamati bahwa Reddit menonjol sebagai platform media sosial yang dominan dengan konsensus tertinggi yang menyebutkan “buy the dip.” Setelah kebangkitan kecil, Twitter (X) kembali ke sikap netral. Tren serupa juga terlihat di 4chan dan Telegram.

Ilustrasi aset kripto, Bitcoin.

Baca juga: Vitalik Buterin Transfer US$ 1 Juta dalam ETH ke Coinbase, Sinyal Apa?

Secara historis, momen yang tepat bagi trader muncul ketika keempat platform media sosial menyelaraskan dan kembali ke penyebutan netral “buy the dip.”

Advertisement

Lebih lanjut analisis Santiment menyatakan bahwa ada lonjakan signifikan dalam persentase diskusi terkait Bitcoin, yang melonjak ke level tertinggi tahun ini setelah jatuhnya pasar.

Namun alih-alih dominasi sosial BTC tetap tinggi, ia dengan cepat turun kembali ke tingkat yang relatif normal. Pergeseran ini terjadi karena para trader menunjukkan “greed” tentang “apa pun altcoin panas di blok” saat ini.

Ketakutan adalah Saat Pasar Naik

Santiment mencatat bahwa dominasi sosial Bitcoin harus tetap tinggi, karena hal ini cenderung berkorelasi dengan pasar kripto yang “berkembang dan sehat.”

Wacana yang meningkat seputar aset utama sering dikaitkan dengan “fear,” sedangkan percakapan tentang aset yang lebih spekulatif biasanya dikaitkan dengan “greed” yang meningkat. Perlu dicatat bahwa kenaikan pasar sering kali terjadi selama periode ketakutan, menurut temuan platform tersebut.

Pengamatan baru-baru ini dari analis kripto, Ali, yang dikenal sebagai @ali_charts di platform media sosial X, menunjukkan bahwa jika Bitcoin kehilangan dukungannya pada US$ 25.400, harga BTC dapat mengalami penurunan lebih lanjut hingga US$ 22.650 atau bahkan US$ 20.590.

Advertisement

Di sisi lain, Ali mencatat bahwa Bitcoin perlu menembus dan bertahan di atas level resistance di US$ 28.830 untuk menandakan pembalikan bullish.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. 

Popular

Exit mobile version