Blockchain

Ketahui Pengertian FOMO Adalah di Dunia NFT Selengkapnya di Sini

Published

on

Di tengah perbincangan mengenai kepopuleran NFT yang tengah terjadi saat ini, ada hal lain yang harus diperhatikan bagi orang-orang yang berkecimpung di komunitas maupun dunia NFT. Ini bukanlah sekedar untung-rugi, NFT art mana yang populer, maupun lakunya NFT art yang kita jual. Istilah Fear of Missing Out atau FOMO adalah sisi lain yang berhubungan dengan psikologis dari kolektor maupun kreator. Ingin tahu lebih lengkapnya? Baca terus artikel ini, yuk!

Pengertian FOMO adalah

Secara umum, berdasarkan jurnal yang ditulis oleh Przybylski.,al Fear of Missing Out atau FOMO adalah perasaan tidak nyaman dan terkadang kondisi ini menghabiskan banyak waktu Anda untuk mencemaskan apa yang teman-teman Anda lakukan, ketahui, atau memiliki sesuatu yang lebih baik daripada Anda. Mudahnya, FOMO bisa diartikan sebagai ketakutan berlebih akan ketinggalan suatu berita, informasi, atau tren yang tengah terjadi. 

Secara khusus yang terjadi pada dunia NFT, FOMO sendiri bisa diartikan sebagai ketakutan yang dialami oleh penjual, pembeli, dan holder NFT. Ketakutan ini dapat berupa akan kehilangan kesempatan saat ingin memasuki proyek NFT tertentu, menahan atau menjual aset NFT, serta melakukan pengecekan harga maupun tren secara terus menerus hingga mengalami kecemasan yang berlebih

Adapun FOMO bisa ditandai dengan beberapa ciri-ciri, antara lain:

  1. Tidak berpikir panjang 

Ketika melihat suatu proyek NFT yang tengah booming, tanpa berpikir panjang Anda langsung membelinya. Bahkan tanpa mempelajari proyek tersebut, maupun mencari tahu kebenaran dari proyek tersebut. 

  1. Cemas karena banyaknya kesempatan

Ciri lainnya adalah di tengah banyaknya kesempatan yang ada, Anda justru merasakan kecemasan yang berlebih. Terlebih jika Anda melihat rekan atau bahkan teman Anda yang dapat mengerjakan proyek NFT atau membeli NFT art yang tengah booming

Ciri inipun sejalan dengan salah satu penilaian indikator seseorang bisa dikatakan FOMO yaitu, “saya takut teman saya atau orang lain memiliki pengalaman yang lebih berharga dibanding saya,” yang sudah diteliti oleh jurnal yang sudah disebutkan di atas.

Advertisement
  1. Depresi karena kehilangan peluang

Anda merasa tidak bersemangat melakukan apa-apa dan bahkan memengaruhi kesehatan mental setelah melewati penawaran harga terbaik ketika auction NFT art? Ya, ini bisa menjadi salah satu tanda Anda telah mengalami FOMO. 

Kenapa Harus Menghindari FOMO?

Semua hal yang terjadi di dunia nyata maupun maya tidaklah seratus persen dapat dipercaya sepenuhnya. Terlebih pada dunia NFT yang notabene dilakukan dan bergantung pada digital. 

Mari kita ambil contoh tren Squid Game yang beberapa bulan lalu tengah menjadi hype di semua social media. Semua orang berlomba-lomba untuk mengikuti, mencari tahu, dan bahkan mendapatkan informasi atau apapun yang berhubungan dengan serial tersebut. Proyek token kripto yang mengusung kepopuleran serial tersebut, SQUID, mampu menarik banyak orang dalam waktu singkat. Dan, ya, ternyata proyek dari token ini adalah scam berjenis rug pull. Pengembang membawa kabur uang dari pemilik token, menghentikan semua aktivitas token, dan menghilang begitu saja. 

Kasus tersebut adalah sedikit contoh yang diakibatkan dari kurangnya sikap kehati-hatian, dan selalu takut akan ketinggalan hype yang tengah terjadi. 

Tips Menghindari FOMO untuk Project NFT

Setelah mengetahui pengertian FOMO, ciri-ciri, dan kenapa harus menghindarinya, sekarang kami rangkumkan apa yang harus Anda lakukan untuk tak terjebak dengan kondisi tersebut. Berikut antaranya:

Cari Tahu Informasi Project NFT Selengkapnya

Langkah utama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari tahu proyek NFT yang ingin dibeli. Anda bisa mencari tahu kredibilitas dari kreator dengan cara meriset karya kreator dengan cara mengecek ke profil social media seniman, apakah di sana ia pernah membagikan secara langsung informasi mengenai penjualan karyanya. Jika tidak ada, Anda patut curiga. 

Advertisement

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengecek proyek NFT tersebut. Anda bisa melihat di website resmi, seperti: developer, roadmap, atau whitepaper-nya. 

Baca juga: Tertarik Koleksi NFT? Inilah Tips Mengoleksinya!

Berpikir Rasional

Menimbang-nimbang dengan baik dan tidak melakukannya terburu-buru ketika ada NFT art yang booming adalah salah satu tips dasar yang harus Anda terapkan. Jika ada yang menawarkan suatu NFT art dengan harga murah dan tak masuk akal, patut Anda curigai. 

Menanamkan Pikiran ‘Tidak Selalu Untung’

Terakhir, karena mengoleksi NFT art adalah salah satu langkah investasi, dan dapat dipastikan semua investasi tidak selalu tentang untung. Anda tak perlu mencemaskannya secara berlebihan apalagi hingga mengganggu kesehatan fisik maupun pikiran. 

Kini, Anda sudah tahu kan pengertian dari FOMO? Pada akhirnya, sikap kehati-hatian dan tak perlu cemas akan hype yang terjadi di dunia NFT tetap diperlukan. Mau tau informasi lainnya mengenai dunia NFT? Yuk, kunjungi Tokonews dari Tokocrypto atau bergabung dengan komunitas resminya

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version