NFT

Coinbase: Penurunan Pasar NFT di Tahun 2022 Masih Wajar dan Sehat

Published

on

Pasar NFT dan kripto memiliki korelasi yang erat satu sama lain. Seiring dengan pasar kripto yang sempat bullish tahun lalu, market NFT pun bernasib sama. Namun, penurunan kedua market tersebut di 2022, masih dalam tahap wajar.

Tidak seperti kripto, kuartal I tahun 2022 tidak terlalu suram untuk NFT. Aset digital tersebut sempat memegang rekor untuk volume perdagangan tertinggi. Pada minggu tanggal 1 Mei lalu, penjualan mingguan kumulatif NFT mencapai US$ 1,2 miliar.

Namun setelah itu, kondisi pasar yang lesu mengurangi perdagangan NFT secara keseluruhan di kuartla II 2022. Angka penjualan telah turun tajam berada di kisaran US$ 40-US$ 50 juta akhir-akhir ini.

Turun Tajam

NFT CryptoPunk tetap terjual Rp 68 miliar saat bear market.

Baca juga: Justin Bieber Beli NFT Bored Ape Rp 20 M, Berapa Harga Sekarang?

Contoh penurunan NFT bisa dilihat dari kasus yang dialami oleh rumah lelang seni, Christie’s. Mereka adalah salah satu penerima manfaat utama dari kegilaan NFT tahun lalu.

Christie’s dilaporkan menjual lebih dari 100 NFT senilai lebih dari US$ 150 juta pada tahun 2021. Namun, tahun ini, 87 NFT yang dijualnya hanya berhasil mengambil total US$ 5,9 juta, menandai penurunan 96% dari tahun 2021.

Advertisement

Laporan Coinbase baru-baru ini menyatakan bahwa NFT akan memainkan peran penting dalam dunia digital di masa mendatang.

“Saat dunia terus beralih ke ranah digital, NFT akan menjadi komponen penting infrastruktur yang memungkinkan kepemilikan dan identitas berfungsi dalam lingkungan tanpa gesekan,“ ungkap laporan Coinbase.

Efek Domino

Bill Murray kehilangan kripto Rp 2,7 M buat amal dari hasil lelang NFT. Foto: Blockworks.

Baca juga: Harga NFT Milik Logan Paul Anjlok hingga 99%, Kenapa?

Coinbase mencatat ada efek domino dari harga aset kripto pada NFT.

“Sementara koleksi “blue chip” tertentu atau NFT “berkualitas tinggi” telah mampu mempertahankan relevansi dan bahkan menumbuhkan pangsa pasar karena konsolidasi likuiditas yang lebih luas, nilai USD telah berjuang untuk mengimbangi nilai berbasis ETH sebagai harga dari ETH telah jatuh lebih dari 66% tahun ini hingga saat ini di tahun 2022,”

Meski begitu, Coinbase percaya bahwa perusahaan dan brand kemungkinan akan terus melihat NFT sebagai bentuk strategi pemasaran yang berbeda dan membuat proyek yang bertindak sebagai mekanisme orientasi yang kuat untuk konsumen non-crypto-native. Juga ditegaskan bahwa teknologi ini memungkinkan bisnis untuk terhubung dengan “cara yang lebih otentik” dengan audiens.

Advertisement

Menguraikan mengapa tren turun 2022 pada dasarnya tidak memprihatinkan, laporan Coinbase mencatat, “Kami percaya adopsi NFT masih dalam tahap awal dan tren turun baru-baru ini dapat dianggap sebagai bagian dari koreksi yang sehat dalam konteks lintasan adopsi siklis yang lebih luas.”

Popular

Exit mobile version