Altcoin News

Daftar 10 Kripto yang Diproyeksikan Berkinerja Baik di Tahun 2023

Published

on

Ada berbagai jenis aset kripto di dunia ini, namun tidak semua berkinerja baik dan bisa mendatangkan keuntungan jangka panjang. Menurut CoinMarketCap, pada Maret 2023, ada sekitar 22.904 aset kripto di dunia. Dari sekitar ribuan jenis aset kripto tersebut, tidak semua aktif atau berharga. Banyak kripto yang “mati” hanya menyisakan sekitar 8.832 aset yang aktif.

Perkembangan aset kripto yang pesat juga mendatangkan banyak investor yang melirik. Ada lebih dari 300 juta pengguna kripto di seluruh dunia dan sekitar 18.000 bisnis sekarang menerima bentuk kripto sebagai pembayaran.

Baik itu investor kripto yang sudah mapan atau baru memasuki pasar untuk pertama kalinya, ada banyak peluang untuk dipertimbangkan. Dengan begitu banyak pilihan, menemukan kripto yang berkinerja baik di tahun 2023 bisa dibilang sulit, mengingat sifat market kripto yang volatile.

Untuk membantu kamu, artikel ini menganalisis dan memberi daftar 10 kripto yang diproyeksikan berkinerja baik pada tahun 2023 .

1. Bitcoin (BTC)

Salah satu aset kripto yang paling besar kapitalisasi pasarnya adalah Bitcoin (BTC). Investor kripto telah berusaha mengidentifikasi Bitcoin sebagai aset terbaik untuk dibeli. Supremasi BTC tetap ada meskipun banyak koin alternatif baru-baru ini meningkat. Juga, dibandingkan dengan 10 kripto teratas lainnya, banyak investor menyukai Bitcoin.

Advertisement
Ilustrasi market kripto bitcoin.

Baca juga: CPI Inflasi AS Melandai: Market Aset Kripto Hijau, Harga Bitcoin Naik

2. Ethereum (ETH)

Proyek kripto signifikan pertama yang menggunakan smart contract adalah Ethereum. Aplikasi terdesentralisasi (dApps) dapat diluncurkan di platform desktop dan seluler berkat smart contract ini. Jutaan token kripto berjalan di jaringan Ethereum, dan token inilah yang mendorong pergerakan initial coin offering (ICO). Salah satu kripto terbesar untuk dibeli pada tahun 2023 adalah Ethereum.

3. Polkadot (DOT)

Polkadot (DOT) adalah aset kripto proof-of-stake (PoS) yang menonjol karena bermaksud untuk menghadirkan interoperabilitas di antara blockchain lainnya. Meskipun Polkadot memiliki kemiripan dengan Ethereum karena merupakan blockchain yang dapat diprogram, Polkadot mengambil langkah lebih jauh. Pengembang dapat membangun blockchain kustom mereka sendiri di Polkadot bernama parachains, yang merupakan blockchain paralel dengan kegunaan khusus.

4. Cardano (ADA)

Cardano adalah platform blockchain open source yang dibuat oleh salah satu pendiri Ethereum. Ini bertujuan untuk memecahkan berbagai masalah, termasuk membuat layanan keuangan dan catatan identitas dapat diakses oleh semua orang. Pengembangan Cardano didasarkan pada penelitian peer-review, sehingga cenderung bergerak lebih lambat dibandingkan proyek lainnya.

Ini adalah salah satu kripto besar pertama yang menggunakan proof-of-stake (PoS) untuk memverifikasi transaksi. Ini adalah alternatif yang lebih hemat energi untuk pembuktian kerja, yang digunakan oleh Bitcoin dan banyak kripto utama lainnya.

Ilustrasi Cardano (ADA).

Baca juga: Alasan Bitcoin Dekati Harga US$ 25.000, Pasca Kejatuhan Signature Bank

5. XRP (XRP)

XRP adalah aset kripto asli untuk Ripple , protokol pembayaran yang dibuat untuk transaksi cepat dan berbiaya rendah. Ini secara khusus ditujukan untuk transfer uang internasional, dan ada ratusan lembaga keuangan yang bermitra dengan Ripple untuk menggunakan teknologinya.

Advertisement

Ripple terkenal karena terlibat dalam gugatan dengan SEC. Pada akhir tahun 2020, SEC menuduh Ripple menjual sekuritas yang tidak terdaftar dalam bentuk XRP. Meskipun Ripple membantah tuduhan itu, banyak pertukaran kripto teratas berhenti menawarkan perdagangan XRP sebagai dampak kasus tersebut.

6. Shiba Inu (SHIB)

Shiba Inu adalah aset kripto yang memanfaatkan fitur dan keamanan ekosistem Ethereum. Kripto ini baru-baru ini tumbuh secara signifikan selama setahun terakhir, menunjukkan potensi masa depannya yang sangat baik.

7. Chainlink (LINK)

LINK adalah kripto yang telah membuat gelombang di dunia teknologi blockchain. Fitur uniknya dalam mengintegrasikan data off-chain ke dalam smart contract melalui jaringan Oracle telah merevolusi cara blockchain terhubung dengan data dan transaksi eksternal. Jika Anda ingin berinvestasi dalam kripto, Chainlink adalah salah satu yang harus diperhatikan. Teknologi inovatif dan potensi pertumbuhannya menjadikannya aset berharga dalam portofolio investasi apa pun.

8. Avalanche (AVAX)

Salah satu inisiatif blockchain yang secara signifikan mempercepat waktu pemrosesan transaksi adalah Avalanche. Dengan pendekatan unik yang menggabungkan tiga jaringan berbeda, Avalanche telah mampu meningkatkan efisiensi transaksi blockchain. Ini adalah keunggulan utama dibandingkan metode pemrosesan transaksi tradisional, yang dapat memakan waktu beberapa hari untuk diselesaikan.

Ilustrasi aset kripto Avalanche (AVAX). Sumber: Binance Academy.

Baca juga: 6 Cara Belajar Main Kripto untuk Pemula yang Baik dan Bijak

9. Binance Coin (BNB)

Binance Coin (BNB) adalah kripto asli di Binance Smart Chain. Platform blockchain ini dibuat oleh Binance, salah satu bursa kripto paling populer di dunia. Ini dengan cepat menjadi alternatif populer untuk Ethereum karena biaya gas fee (transaksi) yang jauh lebih murah.

Advertisement

Biaya gas fee di Binance Smart Chain dibayarkan dalam Binance Coin, jadi kamu harus memilikinya untuk menggunakan blockchain itu. Binance juga menawarkan diskon biaya perdagangan untuk klien yang memiliki BNB.

10. Tether (USDT)

Nilai Tether (USDT) dianggap lebih stabil daripada kripto lainnya karena dipatok ke dolar AS yang disebut stablecoin. Ini berarti bahwa untuk setiap token Tether yang beredar, ada jumlah setara dolar AS yang disimpan sebagai cadangan. Hal ini menjadikan Tether sebagai stablecoin dan memberi kepercayaan kepada investor untuk menyimpannya sebagai penyimpan nilai.

Dengan begitu banyak kripto yang tersedia, mungkin sulit untuk mengetahui di mana harus berinvestasi. Penting untuk meneliti aset kripto apa pun yang ingin kamu beli dengan cermat.

Pastikan kamu hanya melakukan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah. Anda juga bisa menyimak berbagai informasi terbaru mengenai kripto dengan mengunjungi website TokocryptoInstagramTwitter, serta  komunitas Tokocrypto!

DISCLAIMERBukan saran atau ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset kripto masih berisiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Advertisement

Popular

Exit mobile version