Altcoin News

Daftar Watchlist Kripto Altcoin untuk Bulan April 2023

Published

on

Ada beberapa aset kripto alternatif atau altcoin selain Bitcoin (BTC) yang diproyeksikan berkinerja baik pada bulan April 2023. Sejumlah analis memprediksi kebangkitan pasar kripto akan berlanjut di April, setelah indeks Bitcoin Monthly Returns menunjukan kenaikan 22,96% pada Maret lalu.

Mengutip BeInCrypto, ada lima kripto altcoin terpopuler yang diklaim dapat masuk dalam watchlist aset berkinerja baik untuk bulan April 2023. Altcoin yang layak investor dan trader pantau, antara lain: Ethereum (ETH), PancakeSwap (CAKE), dan iExec RLC (RLC) yang akan meluncurkan upgrade jaringannya. Sementara itu, EOS akhirnya akan segera merilis Ethereum Virtual Machine (EVM), dan IoTeX (IOTX) akan menggelar hard fork.

1. Ethereum (ETH)

Grafik harga harian ETH/USDT. Sumber: TradingView.

Upgrade jaringan Shapella (Shanghai dan Capella) akan diaktifkan di jaringan Ethereum pada epoch 194048, yang menurut rencananya akan berlangsung pada 12 April mendatang. Upgrade ini akan memungkinkan validator untuk menarik staked ETH mereka dari Beacon Chain, kembali ke lapisan eksekusi (execution layer). Dengan begitu, hal ini nantinya berpotensi membuat status sejumlah besar ETH berubah menjadi unstaked.

Pergerakan harga Ethereum (ETH) sendiri terlihat sangat bullish. Harga kripto altcoin ETH telah meningkat pesat sejak 10 Maret dan juga berhasil merebut kembali area support US$ 1.700 pada 17 Maret, serta memvalidasi area tersebut sebagai support 10 hari kemudian.

Selain itu, indikator relative strength index (RSI) hariannya sukses breakout dari garis tren bearish divergence dan kini bergerak di atas level 50. Jika kenaikan terus berlanjut, harga ETH bisa bergerak menuju kisaran US$ 2.000. Namun, jika harga closing-nya turun di bawah US$ 1.700, maka struktur bullish-nya jadi tidak valid dan harga Ethereum dapat anjlok ke level support US$ 1.450.

2. PancakeSwap (CAKE)

Grafik harga harian CAKE/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Harga Arbitrum (ARB) Turun Drastis, Apa Penyebabnya?

PancakeSwap v3 akan diluncurkan pada minggu pertama bulan April. Para investor tahap awal jaringannya akan menerima bagian dari airdrop senilai US$ 135.000 yang akan menyertai peluncuran tersebut. V3 akan menawarkan biaya perdagangan dan yield farming yang lebih baik, serta liquidity provision (penyediaan likuiditas) yang lebih baik pula.

Advertisement

Harga CAKE telah bergerak di dalam pola segitiga simetris (symmetrical triangle) jangka panjang sejak bulan Juni 2022. Harganya saat ini sangat dekat dengan garis support pola segitiga tersebut. Apakah harga token utilitas ini nantinya mampu breakout atau justru ambruk dari garis tersebut dapat menentukan tren masa depan CAKE sendiri di pasar kripto.

Bila terjadi breakdown, harganya kemungkinan akan tergelincir ke area US$ 3,20, sedangkan jika berhasil breakout, harganya siap untuk meroket ke level US$ 4,70.

3. EOS (EOS)

Grafik harga harian EOS/USDT. Sumber: TradingView.

Kripto altcoin EOS siap meluncurkan Ethereum Virtual Machine (EVM) pada 14 April mendatang. Proyek EVM ini telah berlangsung selama lebih dari satu tahun dan akan memberikan akses instan ke perpustakaan kode dan toolkit populer, yang idealnya bertujuan untuk mempercepat adopsi. Menariknya lagi, EVM ini akan mampu memproses lebih dari 800 swap per detik, sehingga platform ini siap menyabet gelar sebagai EVM dengan performa terbaik di pasaran.

Harga EOS masih bergerak mengikuti garis descending resistance sejak bulan Agustus 2022 lalu. Jika EOS berhasil breakout, harganya bisa naik dengan cepat ke resistance berikutnya di level US$ 1,50. Namun, jika harga altcoin ini mendapat penolakan kembali, ada peluang terjadinya aksi turun ke garis ascending support jangka pendek di level US$ 0,96.

4. iExec RLC (RLC)

Grafik harga harian RLC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Pengembang Ethereum Konfirmasi Upgrade Shapella Terjadi pada 12 April

RLC baru saja meluncurkan upgrade v8 pada minggu terakhir bulan Maret. Dengan upgrade ini, RLC akan menjadi lebih cepat dan sangat scalable, sehingga mampu menangani komputasi berat pada file besar sekalipun.

Advertisement

Harga RLC melakukan deviasi di bawah area horizontal US$ 1,55 pada 10 Maret, tapi berhasil mengklaimnya kembali tidak lama kemudian. Ini adalah sinyal bullish yang sering muncul sebelum terjadi kenaikan harga. Jika kenaikan saat ini masih terus berlanjut, harga RLC berpotensi mencapai area resistance US$ 2,55.

Namun, jika harga closing dari altcoin ini justru berkisar di bawah US$ 1,55, maka harganya bisa anjlok menuju garis ascending support di level US$ 1,20.

5. Iotex (IOTX)

Grafik harga harian IOTX/USDT. Sumber: TradingView.

Hard fork IoTeX akan mulai tayang pada tanggal 4 April. Fork ini akan diaktifkan pada ketinggian blok 22.991.401.

Harga IOTX telah melambung di area support horizontal US$ 0,022 pada 10 Maret lalu. Sejak saat itu, harganya terus mengalami kenaikan. Jika tren naik ini berlanjut, harga IOTX berpeluang mengukir aksi kenaikan hingga mencapai garis descending resistance jangka panjang di level US$ 0,030.

Namun, jika harga closing aset kripto ini berada di bawah US$ 0,022, maka harganya bisa turun ke level terendahnya sepanjang masa (All-time low/ATL) yang baru.

Pastikan kamu hanya melakukan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah. Anda juga bisa menyimak berbagai informasi terbaru mengenai kripto dengan mengunjungi website TokocryptoInstagramTwitter, serta  komunitas Tokocrypto.

Advertisement

DISCLAIMER: Analisa Market ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular

Exit mobile version