Bitcoin News

Pahami Dollar Cost Averaging Sebagai Strategi Investasi

Published

on

Setiap instrumen investasi tentunya terdapat strategi yang bisa diterapkan, beberapanya antara lain yaitu Strategi Lump Sum atau Strategi Dollar Cost Averaging (DCA). Strategi ini pun bisa dilakukan baik di investasi saham, reksa dana maupun aset kripto. Namun pada pembahasannya kali ini akan lebih membahas mengenai Strategi DCA pada investasi Bitcoin. Yuk, simak penjelasannya!

Pentingnya Strategi dalam Investasi

Sama seperti dengan investasi lainnya, investasi aset kripto khususnya Bitcoin perlu menggunakan strategi. Apalagi terkhusus pada Bitcoin, aset ini sama dengan aset cryptocurrency lainnya yang memiliki karakter berbeda dengan instrumen investasi lainnya, karena harganya cenderung mudah berubah atau disebut volatile. Menggunakan strategi yang tepat pada investasi Bitcoin tentunya berguna agar menghasilkan keuntungan.

Setiap orang mempunyai cara berinvestasi Bitcoin yang berbeda-beda, ada investor yang menggunakan strategi membeli Bitcoin dalam jumlah banyak pada satu waktu, kemudian disimpan untuk beberapa tahun ke depan sebelum menjualnya kembali agar keuntungan yang didapatkan besar. Ada juga yang melakukan dengan strategi membeli sedikit Bitcoin dan langsung menjualnya ketika harga yang di pasar naik sedikit, walaupun keuntungan yang didapatkan tidak terlalu besar.  

Mengenal Dollar Cost Averaging dalam Strategi Investasi Bitcoin

Advertisement

Strategi DCA merupakan metode yang cocok digunakan pada investasi Bitcoin, karena investor dapat melindungi diri dari fluktuasi harga dan resiko kerugian. Nah, apa sih Strategi DCA? Strategi Dollar Cost Averaging adalah investasi yang dilakukan dengan membeli aset tertentu dalam jumlah yang tetap dan jadwal yang teratur tanpa melihat harga aset.Investor membeli dengan modal yang tetap sehingga akan mendapatkan lebih banyak aset ketika harga rendah, dan lebih sedikit aset ketika harga tinggi

Strategi ini lebih sesuai untuk Anda yang ingin memiliki toleransi risiko investasi yang lebih rendah dan visi investasi dengan waktu jangka panjang. Jadi, Anda tak perlu khawatir dan memikirkan jika harga yang ada di pasar naik turun terjadi secara tiba-tiba, asalkan Anda tetap melakukannya secara rutin. 

Lalu, bagaimana cara kerja Strategi DCA ini? Misalnya, Anda menetapkan Rp 10.000.000,- sebagai modal investasi yang akan Anda keluarkan tiap bulan, maka Anda akan selalu mengeluarkan sejumlah uang tersebut di setiap bulannya, tanpa memperdulikan apakah harga Bitcoin tersebut sedang naik ataupun turun. Jadi, saat harga Bitcoin sedang turun, Anda akan mendapatkan lebih banyak Bitcoin dengan membayarkan Rp 10.000.000 dan saat harga naik naik, Anda akan mendapatkan lebih sedikit Bitcoin. 

Untuk melihat seberapa besar keuntungannya, simak perbandingan investasi menggunakan Strategi lump sum dan Strategi DCA di bawah ini:

1) Strategi Lump Sum

Advertisement

Misalkan Anda membeli Bitcoin pada awal tahun dengan uang Rp. 120.000.000 ketika harga Bitcoin adalah Rp. 5.000.000 per BTC. Artinya, Anda telah membeli 24 Bitcoin (Rp. 120.000.000 dibagi Rp. 5.000.000).

Pada akhir tahun, harga naik menjadi Rp. 6.000.000 per BTC. Anda memiliki 24 Bitcoin maka total keuntungan Anda adalah Rp 24.000.000 (24 * Rp 6.000.000 = Rp 144.000.000,- dan modal awal Anda adalah Rp 120.000.000). Keuntungan (ROI  atau Return of Investment) yang Anda dapatkan adalah 20%.

2) Strategi DCA

Pada contoh diatas, Anda membeli total 24.29 Bitcoin, karena Anda secara konsisten melakukan investasi sebesar Rp 10.000.000 (diasumsikan membeli ketika harga turun). Lalu pada akhir tahun, aset Anda bernilai 24.29 x Rp 6.000.000 = Rp. 145.740.000 Anda telah mendapatkan keuntungan sebesar Rp 25.740.000 yaitu ROI sebanyak 22%. 

 Pada Strategi DCA ini, Anda mendapatkan keuntungan 2%  lebih banyak dari contoh sebelumnya yang menggunakan Strategi Lump Sump. 

Advertisement

Apakah Anda tertarik untuk memulai investasi Bitcoin dan ingin menerapkan Strategi Dollar Cost Averaging secara langsung? Yuk, mulai investasi bitcoin Anda yang mudah, terpercaya dan aman di Tokocrypto dan kunjungi kami di www.tokocrypto.com!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version