Altcoin News

Dominasi Memecoin Merosot: Apa yang Perlu Anda Ketahui

Published

on

Memecoin, yang dulu menguasai perhatian pasar kripto, kini tertinggal di belakang altcoin karena hiruk-pikuknya mereda. Dalam beberapa hari terakhir, koin meme mengalami koreksi tajam, memicu aksi jual besar-besaran karena sentimen pasar yang menurun.

Kapitalisasi pasar kripto secara keseluruhan juga mengalami penurunan, diperdagangkan di bawah US$2,4 triliun. Sementara itu, kapitalisasi pasar koin meme turun menjadi US$49,9 miliar, jauh dari puncaknya yang mencapai lebih dari US$68 miliar tahun ini.

Perubahan Sentimen Pasar

Pada awal tahun ini, memecoin seperti Solana melonjak ke level tertinggi sepanjang masa, didorong oleh persetujuan ETF Bitcoin spot dan minat institusional yang tinggi. Sentimen positif terhadap aset kripto mendorong arus masuk besar-besaran ke token meme.

Namun, ketika volume perdagangan rendah dan faktor makro ekonomi berperan, investor mulai menarik dana dari aset berisiko, termasuk koin meme.

Koin Meme Kalah Bersaing dengan Altcoin

Selama tujuh hari terakhir, koin meme mengalami penurunan signifikan setelah sebelumnya mencatat keuntungan besar karena volatilitas pasar. Volume perdagangan koin meme turun menjadi US$4,5 miliar, dengan kerugian tercatat di berbagai kategori utama. Data dari perusahaan analitik on-chain, CryptoQuant, menunjukkan penurunan tajam koin meme di pasar altcoin.

Advertisement
Ilustrasi altcoin.

Baca juga: Ethereum (ETH) dan Token AI Menjadi Top Kripto Pekan Ini

Ki Young Ju, pendiri dan CEO CryptoQuant, menjelaskan di X (sebelumnya Twitter) bahwa fokus pasar telah bergeser dari perjudian ke fundamental. “Dominasi koin meme di pasar alternatif sedang menurun.

Komunitas kripto akan beralih dari perjudian ke fokus pada fundamental, mirip dengan beberapa tahun lalu. Sudah waktunya untuk mengemasi semuanya, ini sudah berakhir,” ujarnya. Meski bersikap bearish pada koin meme, Young Ju tetap bullish pada Bitcoin.

Kinerja Mingguan Koin Meme

Token meme teratas mengalami kerugian dua digit minggu lalu sebelum sedikit pulih. Dogecoin (DOGE) turun 15% dalam tujuh hari terakhir, sementara Shiba Inu anjlok 17%.

Koin lainnya seperti Dogwifhat, Floki, dan BONK mencatat kerugian lebih besar, masing-masing turun sebesar 23,6%, 21%, dan 24,6%. Total kapitalisasi pasar kripto turun 4% hari ini, meskipun ada sedikit arus masuk ke token baru.

Advertisement

Dengan pasar yang terus bergejolak, investor kini lebih berhati-hati dan mulai fokus pada aset yang lebih fundamental dibandingkan aset spekulatif seperti koin meme.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular

Exit mobile version