Business

Drama Binance, FTX & Alameda Research Bikin Market Kripto Kocar-kacir

Published

on

Market kripto terganggu dengan drama yang terjadi antara Binance, FTX, dan Alameda Research. Sejak awal pekan Senin (7/11) pasar kripto sebagian besar berada di zona merah karena industri aset digital terus berurusan dengan kontroversi atas neraca perusahaan perdagangan Alameda Research.

Dikutip Coindesk, native token exchange FTX, FTT yang merupakan sejumlah besar aset Alameda, telah turun lebih dari 23%. Salah satu penyebabnya karena CEO Binance, Changpeng Zhao, secara terbuka berselisih dengan CEO Alameda, Caroline Ellison, tentang penjualan kepemilikan FTT di Binance.

Crypto exchange, FTX. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: NGOBRAS Season 2: Harga MATIC Reli hingga Likuidasi Token FTT

Saldo pertukaran FTT juga melonjak, menurut data yang disediakan oleh Glassnode. Biasanya, saldo pertukaran yang tinggi menyiratkan bahwa ada banyak likuiditas untuk membeli dan menjual token. Ini biasanya menghasilkan tren harga yang turun karena trader ingin menjual token.

Arus Keluar FTX

Data dari Nansen menunjukkan bahwa FTX menderita lonjakan besar arus keluar pertukaran. Selama minggu lalu, sekitar US$ 292 juta dalam stablecoin telah keluar dari FTX. Trader dapat meninggalkan bursa karena kekhawatiran masalah likuiditas, karena Alameda adalah pembuat pasar besar di FTX.

Sementara itu, Solana, token yang didukung oleh Alameda dan FTX, turun 11% hari ini, Selasa (8/11). Menurut salinan neraca Alameda yang dilihat oleh CoinDesk, Alameda memegang US$ 292 juta “unlocked SOL”, US$ 863 juta “locke SOL” dan US$ 41 juta “SOL collatera.”

Advertisement
Crypto investment company, Alameda Research on screen in front of web page. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Mastodon, Media Sosial Desentralisasi Mirip Blockchain Pesaing Twitter

Kemudian, terjadi gejolak pasar dengan token BNB Binance, yang turun 4%. Mungkin ketakutan akan krisis likuiditas besar-besaran dilebih-lebihkan karena pemimpin pasar Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) tetap stabil.

Indeks Pasar CoinDesk saat ini berada di 1.041. Bitcoin , aset digital terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, saat ini berada di US$ 19.758, turun 4,95% hari ini. Volatilitas tersirat Bitcoin, atau ekspektasi trader opsi untuk turbulensi harga selama periode tertentu, terus bergerak ke samping, menunjukkan sedikit tanda kepanikan.

Popular

Exit mobile version