Crypto

ETF Ethereum Dikabarkan Dapat Restu SEC, Akankah Harga ETH Naik?

Published

on

ETF Ethereum dikabarkan telah mendapat lampu hijau dari Securities and Exchange Commission (SEC) untuk disetujui dalam beberapa waktu mendatang. Perkembangan ini bisa menjadi katalis signifikan untuk harga ETH dan berpotensi mendorongnya ke level tertinggi baru sepanjang masa.

Menurut sebuah artikel baru-baru ini oleh The Wall Street Journal (WSJ), SEC sedang mempertimbangkan untuk mengizinkan beberapa ETF berjangka Ethereum untuk didaftarkan secara bersamaan. Langkah ini akan menandai tonggak penting bagi industri kripto, karena ini akan menjadi ETF berbasis pertama kali yang tersedia untuk investor AS.

Sebelumnya, Volatility Shares telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan ETF berjangka Ethereum pada 12 Oktober. Yang lebih menjanjikan adalah bahwa sejak pengajuannya pada bulan Juli, SEC belum meminta perusahaan tersebut untuk menarik aplikasinya, menunjukkan prospek yang menguntungkan.

Pengenalan ETF berjangka Ethereum di pasar AS dapat menyebabkan masuknya modal institusional. Secara historis, peluncuran Bitcoin berjangka pada Desember 2017 diikuti oleh lonjakan harga yang signifikan, dan tren serupa dapat diantisipasi.

Efek ke Harga ETH

Bagaimana Reaksi Harga Ethereum (ETH) terhadap Persetujuan ETF? — RSI harian, Agustus 2023, Sumber: TradingView.

Baca juga: Hasan Fawzi Jelaskan Tugas Pengawas ITSK dan Aset Kripto OJK

Harga Ethereum (ETH) langsung rebound menuju US$ 1.700 setelah laporan Bloomberg yang mengutip sumber anonim menyatakan bahwa SEC AS ditetapkan untuk memberi lampu hijau pada beberapa aplikasi ETF ETH Futures. Aplikasi dari petinggi Wall Street seperti ProShares, Volatility Shares, Bitwise, dan Roundhill termasuk di antara yang diidentifikasi dalam laporan tersebut.

Advertisement

Sekilas kinerja harga Ethereum saat ini mengungkapkan bahwa itu diperdagangkan sekitar US$ 1.668,03. Meskipun ini di bawah level tertinggi sepanjang masa, berita positif seputar daftar ETF potensial dapat bertindak sebagai katalis bullish yang kuat.

Antisipasi peningkatan minat institusional dan legitimasi Ethereum sebagai sarana investasi melalui ETF dapat mendorong permintaan yang signifikan, mendorong harga naik.

Namun, penting untuk dicatat bahwa meskipun berita tersebut menjanjikan, dampak sebenarnya pada harga Ethereum akan bergantung pada berbagai faktor, termasuk sentimen pasar yang lebih luas, perkembangan peraturan, dan peluncuran ETF yang sebenarnya. Investor harus berhati-hati dan melakukan penelitian menyeluruh sebelum membuat keputusan investasi.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. 

Advertisement

Popular

Exit mobile version