Altcoin News

Lebih Dekat MBL Coin, Adopsi Blockchain di Dunia Perfilman

Published

on

Beberapa tahun terakhir, industri perfilman global dan dalam negeri sedang amat produktif. Meski sempat tersendat karena pandemi, berbagai jenis film tetap terus lahir. Hal ini membuka banyak kesempatan baru, salah satunya adalah adopsi blockchain di dunia perfilman, seperti yang dilakukan oleh platform MovieBloc beserta MBL coin miliknya. 

Penasaran? Yuk, baca terus artikel ini!

Apa itu MovieBloc?

MovieBloc adalah sebuah platform perfilman berbasis blockchain asal Korea Selatan yang diluncurkan pada Mei 2019 lalu. Melalui platform ini, para filmmaker dan kreator bisa mendistribusikan beragam koleksi film dan konten yang mereka ciptakan. Kemudian, film dan konten tersebut dapat diakses secara global dan membawa pendapatan bagi para pembuatnya setiap kali film tersebut ditonton.

Tujuan utama dari dibentuknya platform ini adalah untuk meningkatkan transparansi di industri perfilman, terutama dalam hal distribusi suatu karya film. Hal ini disebabkan umumnya produksi dan distribusi film dikuasai oleh perusahaan-perusahaan besar dan tertentu saja, sehingga sulit bagi para pelaku berskala kecil dan menengah untuk mendapatkan kesempatan yang sama. Maka dari itu, MovieBloc dibangun di blockchain sehingga segala transaksi dilengkapi oleh smart contract.

Baca juga: Serba-Serbi Blockchain dan 5 Karakteristik Utamanya

Ekosistem MovieBloc terbagi ke dalam 3 lapisan, yaitu:

Advertisement

1. Block Layer

Lapisan ini mewadahi para pengguna untuk berkomunikasi dan berkontribusi terhadap karya masing-masing maupun pengguna lainnya. Misalnya, pengguna bisa saling berinteraksi dan membagikan rekomendasi film, dengan memberikan rating atau komentar.

2. Market Layer

Sementara itu, seperti namanya lapisan ini mewadahi seluruh aktivitas yang berkaitan dengan transaksi. Seperti memungkinkan para distributor film untuk membiayai suatu film, para penonton untuk menonton sebuah film, hingga para kreator untuk membayar jasa penerjemah untuk film miliknya.

3. Fundraising

Lapisan terakhir memungkinkan para pengguna untuk berdonasi terhadap koleksi film dan konten yang tersedia pada MovieBloc. Nantinya, donasi ini bertujuan untuk mengusung koleksi film untuk ikut serta dalam berbagai festival film.

Selain itu, genre film yang tersedia di MovieBloc sangat beragam, lho. Mulai dari dokumenter, horor, komedi, hingga animasi. Tidak sedikit pula koleksi film yang menghiasi festival film kenamaan dunia ikut tersedia di platform ini. Bentuk dan durasi filmnya juga bervariasi, sehingga para penggemar short movie pun bisa menemukan banyak pilihan tontonan

MovieBloc juga mengeluarkan token yang lebih dikenal dengan sebutan MBL coin. Koin satu ini sudah listing di 11 exchange aset kripto besar dunia, salah satunya adalah Binance. 

Advertisement

Ingin tahu lebih banyak mengenai MBL coin yang kerap menjadi buah bibir ini? Simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut!

Serba-serbi MBL Coin dan Manfaatnya bagi MovieBloc

1. Pembayaran untuk semua transaksi di platform

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, MBL coin adalah native token dari platform MovieBloc. MBL bergerak di bawah protokol Ontology atau OEP-4. Selayaknya native token, MBL berperan dalam segala transaksi yang terjadi dalam platform. Namun, hal ini tidak terbatas pada pembayaran untuk menonton film dan konten premium saja, lho.

2. Imbalan bagi para pihak yang terlibat

Manfaat lain dari MBL dalam ekosistem MovieBloc antara lain adalah sebagai imbalan bagi para pihak yang terlibat seperti kurator atas jasa kurasi, partisipasi pengguna dalam melakukan report serta rekomendasi melalui kolom komentar, imbalan bagi penerjemah atas hasil terjemahannya ke dalam bahasa lain, donasi antar pengguna, hingga biaya promosi film dan konten.

3. Voting

Pada MovieBlock, terdapat sebuah program yang diberi nama ‘PICK’. Program ini menyediakan sederet koleksi film yang bisa dipilih oleh para pengguna, biasanya berlangsung selama empat hari. Nantinya, akan terdapat dua film teratas yang paling banyak dipilih oleh para pengguna. Pengguna yang melakukan vote terhadap dua film tersebut berkesempatan untuk mendapatkan total hadiah senilai 1.8 juta MBL.

Nah, untuk melakukan voting, pengguna wajib memiliki sejumlah tiket terlebih dahulu. Satu tiket voting akan diberikan pada pengguna yang melakukan staking 20,000 MBL coin selama PICK berlangsung. Jumlah tiket voting berlaku kelipatan, sehingga semakin banyak staking, semakin banyak kesempatan pengguna untuk voting.

Baca juga: Tips Cari Cuan Investasi Aset Kripto di Kala Market Anjlok

Advertisement

Perkembangan MBL Coin dari Masa ke Masa

Tidak bisa dipungkiri, sepanjang tahun 2021, MBL coin banyak mencapai titik keemasannya, seperti menyentuh harga tertingginya sebesar 0.04599 USD pada bulan April. Selain itu, MovieBloc juga menjalin banyak kerja sama yang membuat harganya tetap stabil di pasaran. Beberapa di antaranya adalah kerja sama dengan distributor short movie asal Eropa bernama Radiator IP dan mengadakan festival film bersama Asiana.

Dilansir dari CoinMarketCap, harga satu keping MBL coin per tanggal 17 Januari 2021 berada di angka 0.00736 USD, setara dengan Rp 14.372,00 dan volume perdagangan mencapai 4,336,678 USD. MBL coin saat ini menduduki peringkat 430 berdasarkan kapitalisasi pasarnya dengan total supply sebanyak 30 miliar keping dan sudah ada 13.53 miliar keping yang beredar di pasar.

Tidak menutup kemungkinan harga MBL akan terus meningkat di masa yang akan datang. Sebab, MovieBloc berencana untuk terus melakukan pengembangan bisnis untuk menciptakan sebuah platform berisi konten yang sifatnya global, mencakup NFT video, multi-channel, serta dilengkapi dengan layanan pembayaran yang lebih terintegrasi.

Jadi, apakah Anda pecinta film dan tertarik berinvestasi aset kripto? MBL coin adalah pilihan yang tepat. Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan strategi dan susunan portofolio yang Anda miliki agar volatilitas pasar tidak berdampak buruk bagi Anda, ya, di mana hal ini juga berlaku pada aset kripto selain MBL. 

Untuk informasi serta tips and trick investasi kripto lainnya, kunjungi Tokonews dan segera gabung bersama kami di komunitas Discord Tokocrypto!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version