Business

Investor Kripto Global Dilaporkan Tumbuh Berlipat Ganda di Tahun 2023

Published

on

Terlepas dari kondisi ekonomi makro yang sulit, peningkatan investor kripto global telah signifikan pada tahun 2022. Jumlah pemilik aset kripto melampaui angka 400 juta pada November 2022, mencapai 402 juta. Bagaimana potensi pertumbuhan investor kripto di tahun 2023?

Menurut laporan Crypto.com, tingkat pertumbuhan bulanan rata-rata dalam adopsi sepanjang tahun adalah 2,9%. Mengingat tahun 2022 adalah salah satu tahun terburuk bagi industri, pertumbuhannya patut dipuji.

Studi mencatat bahwa pada tahun 2023, investor atau pemilik aset kripto global dapat mencapai 600-800 juta, hampir dua kali lipat jumlahnya.

Sektor Blockchain Tumbuh

Pertumbuhan investor kripto global sampai November 2022. Sumber: Crypto.com.

Baca juga: Ethereum Shanghai Hard Fork Bakal Rilis Maret 2023, Apa Untungnya?

Laporan Crypto.com juga mengungkap pertumbuhan sektor blockchain. Studi menyoroti bahwa kita dapat melihat beberapa judul game blockchain AAA dalam beberapa tahun mendatang.

Game Blockchain adalah salah satu sektor yang paling tidak terpengaruh dalam koreksi pasar tahun 2022. Ini dikaitkan dengan fakta bahwa industri game lebih melayani inovasi daripada menghasilkan keuntungan.

Advertisement

Selain itu, laporan tersebut menyebutkan kemungkinan pendorong pasar lainnya yang mungkin adalah meningkatnya jumlah aplikasi untuk Soulbound Token (SBT). SBT adalah NFT yang tidak dapat dialihkan dan tidak dapat diperdagangkan (token yang tidak dapat dipertukarkan). SBT terkait dengan orang atau benda tertentu.

Edukasi dan Keamanan

Ilustrasi aset kripto.

Baca juga: Bloomberg Intelligence Klaim Masa Depan Bitcoin Cerah Tahun 2023

Pada tahun 2023, Crypto.com mengantisipasi penekanan yang lebih besar pada edukasi dan keamanan pengguna. Kita mungkin melihat lebih banyak investasi dalam sertifikasi dan audit keamanan pada tahun 2023. Namun, perusahaan juga berharap untuk melihat lebih banyak program edukasi diluncurkan di bidang ini, mengikuti tren dari tahun 2022.

Crypto.com juga mencatat area lain yang dapat melihat pertumbuhan di tahun depan. Diantaranya adalah adopsi bukti zk (zero knowledge), aplikasi DeFi berbasis utilitas, dan infrastruktur blockchain baru. Studi ini juga menyoroti peningkatan yang diharapkan dalam investasi institusional di sektor kripto, yang terpukul pada tahun 2022.

Namun, banyak pelajaran yang bisa dipetik dari tahun ini. Dengan berakhirnya bencana tahun 2022, tahun yang akan datang bisa berubah menjadi tahun untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Advertisement

Popular

Exit mobile version