Academy

Mengenal Apa itu Golden Cross, Panduan Lengkap untuk Pemula

Published

on

Bagi kamu yang baru saja belajar mengenal jual-beli aset kripto maupun saham, istilah ini mungkin masih terasa asing. Padahal, dalam kegiatan trading istilah ini sangat penting untuk diketahui agar bisa menjadi trader yang cerdik.

Biasanya, para trader pemula masih belum mengerti kapan mereka harus buy dan kapan mereka harus sell. Padahal momen ini sangat krusial dan jangan sampai terlewat. Momen ini dapat menjadi penentu seberapa banyak keuntungan yang bisa trader dapatkan atau seberapa besar kerugian yang bisa dihindari.

Apa itu Golden Cross?

Momentum Golden Cross aset kripto yaitu dimana rata-rata harga mengalami kenaikan dalam periode yang singkat melebihi harga kenaikan pada periode yang panjang. Misalnya saja sebagai contoh yaitu pada indikator Moving Average (MA).

Ilustrasi golden cross di investasi aset kripto.

Pada indikator MA, trader akan menemukan 2 garis biru dan merah. Garis biru merupakan rata-rata harga pada perode singkat yang biasanya berlangsung 5 hari. Sedangkan garis merah adalah rata-rata harga pada periode lama yang berlangsung selama 20 hari.

Hal ini tidak berlaku hanya pada indikator Moving Average saja, namun juga berlaku pada indikator lainnya seperti Moving average convergence divergence (MACD) dan Stochastic.

Apa Maksud dari Garis Biru Memotong Garis Merah?

Saat trading, kamu pastinya akan menemukan fenomena garis biru terlihat memotong garis merah. Maksudnya apa? Jadi pada saat itu sedang terjadi momentum pergerakan nilai kripto yang sedang uptrend. Hal ini ditandai dari rata-rata harga 5 hari tampak lebih tinggi dari rata-rata harga pada 20 hari.

Advertisement

Ini berarti, aset kripto tersebut pada saat itu sedang banyak peminatnya sehingga harganya menjadi naik. Jika kamu ingin melakukan buy pada saat itu, waktu terbaik untuk melakukannya yaitu pada saat garis biru memotong jauh dari garis merah. Bukan pada saat awal-awal garis biru memotong garis merah.

Ilustrasi golden cross di investasi aset kripto.

Baca Juga Vladimir Putin Isyaratkan Toleransi Terhadap Cryptocurrency

Hal ini dikarenakan kamu akan mendapatkan momentum golden cross yang kemungkinan akan mengalami kenaikan harga yang sangat besar. Jika kamu bertanya apakah analisa dari golden cross ini akurat? Jawabannya teknik yang digunakan dalam dunia investasi aset kripto tidak bisa mencapai 100%.

Namun ini, merupakan sebuah momen yang baik untuk membeli aset kripto. Karena kemungkinan besar harga akan mengalami kenaikan yang cukup drastis. Hal ini merupakan momentum harga jenuh jual, artinya, masyarakat akan mulai membeli kripto saat terjadi golden cross.

Bagaimana Cara Identifikasi Golden Cross?

Untuk bisa mengidentifikasi kapan momen golden cross itu terjadi, caranya cukup sederhana. kamu harus mengetahui terlebih dahulu tahapan yang ada pada golden cross. Yaitu, pertama akan terjadi downtrend sampai grafik benar-benar berada di posisi paling rendah. Saat itu pasar bearish sudah mulai lelah.

Selanjutnya, pada tahap kedua akan terjadi Moving Average dengan kurun waktu yang cukup singkat dan bergerak ke atas dan memotong memiliki jangka waktu yang lumayan panjang. Hal ini menjadi pertanda bahwa sedang terjadi pembalikan tren harga.

Advertisement

Dan terakhir, tahap ketiga. Pada tahap ini saham akan terus mengalami kenaikan harga atau uptrend yang terus berlanjut sampai mencapai titik yang lebih tinggi. Untuk dapat memanfaatkan momen golden cross dengan optimal, ada beberapa strategi yang bisa Anda coba.

Strategi Golden Cross untuk Profit Maksimal

1. Persiapkan Diri saat Tren Turun Panjang

Perlu kamu ketahui jika pengaturan golden cross semuanya tidak sama. Ini berarti cara yang bisa kamu lakukan ialah dengan menunggu aset kripto yang sudah lama mengalami downtrend, kemudian mencari kripto lain yang siap untuk bergerak naik.

Dalam investasi aset kripto akan begitu banyak terjadi penurunan, sehingga sinyal kemungkinan dapat mengelami pembalikan yang signifikan. Sinyal ini memiliki kekuatan bahwa persilangan yang terjadi setelah tren bearih panjang untuk mendapatkan persilangan bullish harus disertai periode dasar.

Dengan demikian, saat saham sedang melesat naik, kamu sudah tahu jika mungkin saja ada potensi terjadinya pembalikan arah balik dari pergerakannya. Carilah peluang saat nilai kripto mulai terlihat naik untuk bisa mendapatkan keuntungan yang aman.

Ilustrasi rugi di investasi aset kripto.

Baca Juga Daftar Token Aset Kripto dengan Nama Klub Sepak Bola Terpopuler

2. Hindari Spread Lebar Moving Average

Moving Average kadang-kadang memiliki spread yang lumayan luas. Dalam hal ini, kamu akan melihat seolah formasi MA ini seperti secangkir kopi. Di permukaannya akan terlihat sangat bullish.

Advertisement

Padahal, jika kamu memperhatikan price action, akan menemukan polanya kurang baik. Sehingga tidak boleh mengabaikan price action, karena sebuah kripto bisa bergerak seperti parabola, yakni naik dengan cepat dan turun dengan cepat.

3. Kombinasi Pola Doble Bottom dengan Golden Cross

Strategi terakhir yang bisa kamu coba yaitu dengan mengkombinasikan double bottom dengan golden cross. Setting-nya yaitu, silahkan cari double bottom pada grafik dengan ketentuan low kedua harus berada di bawah low pertama.

Selanjutnya, silahkan tunggu formasi dari golden cross terlebih dahulu. Langkah terakhir yaitu menunggu harga menguji kembali SMA 200. kamu bisa saja melakukan buy pada saat retest SMA 200 dengan stop loss berada di bawah titik terendah double bottom.

Itulah pembahasan lengkap mengenai golden cross. Perlu diperhatikan, pastikan setiap langkah yang akan kamu ambil, telah dipertimbangkan dengan risikonya. Semoga berhasil!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version