Connect with us

Market

Obligasi Bitcoin El Salvador Siap Meluncur di Awal Tahun 2024

Published

on

El Salvador dilaporkan akan menerbitkan obligasi Bitcoin yang dikenal sebagai “Volcano Bonds.” Produk obligasi ini telah menerima persetujuan peraturan untuk diluncurkan pada awal tahun 2024.

Dilaporkan Cointelegraph, Volcano Bond telah disetujui oleh Komisi Aset Digital El Salvador dan diperkirakan akan diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2024, menurut pernyataan 11 Desember dari The National Bitcoin Office (ONBTC).

Presiden El Salvador, Nayib Bukele juga tampaknya mengkonfirmasi berita tersebut dalam postingannya sendiri, dengan judul: “Wen Volcano Bond,” sementara juga memposting ulang beberapa postingan yang mencatat bahwa obligasi tersebut akan diterbitkan pada Q1 2024.

Baca juga: Nayib Bukele: Investasi Bitcoin El Salvador Sekarang Profit US$ 3,6 Juta

Adopsi Bitcoin

Kemungkinan negara tersebut menerbitkan Volcano Bonds awalnya muncul pada November 2021.

El Salvador pertama kali meloloskan undang-undang penting yang memberikan kerangka hukum untuk obligasi yang didukung Bitcoin pada 11 Januari. Volcano Bond dimaksudkan untuk membayar utang negara dan mendanai pembangunan “Kota Bitcoin” yang diusulkan negara tersebut.

ONBTC mengatakan obligasi tersebut akan diterbitkan di Platform Sekuritas Bitfinex, sebuah situs perdagangan ekuitas dan obligasi berbasis blockchain yang terdaftar di El Salvador.

Advertisement

Ini menandakan dimulainya pasar modal berbasis Bitcoin di negara tersebut, dengan obligasi yang ditetapkan untuk jangka waktu 10 tahun dan memberikan pengembalian tahunan sebesar 6,5% kepada pemegangnya.

Volcano Bond mendapat dukungan dari Paolo Ardoino, CTO Bitfinex Securities:

“Kami mendukung komitmen pemerintah El Salvador terhadap pengembangan pasar modal berbasis Bitcoin dan bersemangat untuk menjadi bagian dari transformasi ekonomi mereka. Kami menantikan peluncuran penerbitan baru pada paruh pertama tahun 2024.”

Baca juga: Inflasi AS Mendingin, Bitcoin dan Kripto Bisa Bangkit?

Perkembangan Bitcoin di El Salvador

El Salvador baru-baru ini meluncurkan proyek penambangan Bitcoin berkapasitas 241 megawatt senilai US$ 1 miliar, yang akan memanfaatkan sumber daya vulkanik negara tersebut melalui kemitraan dengan Luxor Technology. Conchagua adalah nama gunung berapi yang akan menggerakkan operasi pertambangan di negara tersebut.

Persetujuan tersebut diberikan hampir 21 bulan setelah mantan menteri keuangan negara tersebut, Alejandro Zelaya, mengatakan Volcano Bond akan diluncurkan pada pertengahan Maret 2022 .

Sebelumnya, Nayib Bukele, yang baru-baru ini mulai cuti enam bulan dari jabatannya untuk fokus pada kampanye pemilihannya kembali, telah menyatakan bahwa investasi Bitcoin (BTC) El Salvador telah menghasilkan keuntungan karena lonjakan Bitcoin baru-baru ini melewati US$ 41.000.

Advertisement

“ Investasi Bitcoin di El Salvador berada dalam ketidakpastian. Dengan harga pasar Bitcoin saat ini , jika kami menjual Bitcoin kami , kami tidak hanya akan memulihkan 100% investasi kami tetapi juga mendapat untung sebesar US$ 3.620.277,13 (pada saat ini),” tulis postingan Bukele.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading  di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading  jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular