Altcoin News

Pangsa Pasar Stablecoin Tether USDT Naik ke Level Tertinggi

Published

on

Dominasi USDT Tether meningkat di antara stablecoin lain di tengah perombakan pasar kripto. Market share atau pangsa pasar stablecoin sendiri kini mencapai senilai US$ 136 miliar, data dari CoinGecko.

Pangsa pasar USDT di antara stablecoin melampaui 54% pada hari Senin (6/3), level tertinggi sejak November 2021, setelah pasar kripto bull mencapai puncaknya . Kenaikan Tether sebagian besar datang dari saingannya Binance USD (BUSD), yang telah mengalami penurunan cepat sejak kasus Paxos.

Perusahaan kripto, Paxos, mengumumkan pada 13 Februari lalu, bahwa ia akan menghentikan pencetakan token BUSD baru karena tekanan dari Departemen Layanan Keuangan New York, regulator tertinggi negara bagian. Sejak itu, BUSD menyusut di bawah US$ 9 miliar dari kapitalisasi pasar US$ 16 miliar.

USDT Tumbuh

Ilustrasi stablecoin.

Baca juga: Alasan Kripto ‘Koin China’ Filecoin hingga VeChain Hasilkan Untung Besar

Dilaporkan Coindesk, kapitalisasi pasar USDT telah tumbuh sekitar US$ 5,3 miliar tahun ini, menjadi US$ 71,6 miliar, dengan keuntungan US$ 3 miliar setelah pertengahan Februari. Stablecoin saingan Circle, koin USD (USDC), juga telah memperoleh US$ 3 miliar sejak pengumuman Paxos, namun kapitalisasi pasarnya sebesar US$ 44 miliar masih lebih rendah dibandingkan awal tahun 2023.

Posisi Tether sebagai penerbit stablecoin yang dominan di dunia menentang pelaporan yang secara historis buram tentang cadangannya yang mendukung nilai USDT dan pengawasan ketat terhadap transaksi internalnya.

Advertisement

Pekan lalu, The Wall Street Journal melaporkan bahwa Tether menggunakan rekening bank yang diakses oleh dokumen palsu pada tahun 2018. Pada bulan September, seorang hakim New York memerintahkan Tether untuk menunjukkan catatan keuangan aset cadangan USDT dalam gugatan yang menuduh Tether berkonspirasi mengeluarkan USDT untuk menopang harga Bitcoin (BTC), CoinDesk melaporkan .

Stablecoin Utama

Ilustrasi stablecoin Tether USDT.

Baca juga: Masuk Bisnis Web3, Amazon Bakal Rilis NFT Marketplace pada April 2023

USDT adalah aset kripto yang paling banyak diperdagangkan dengan volume perdagangan sekitar US$ 27 miliar dalam 24 jam terakhir, menurut CoinGecko, lebih besar dari BTC .

Stablecoin telah menjadi tulang punggung ekonomi kripto dalam beberapa tahun terakhir, menggelembung ke puncak kapitalisasi pasar sebesar US$ 188 miliar pada Mei 2022.

Stablecoin mematok harganya stabil terhadap aset eksternal, seperti dolar AS, dan berfungsi sebagai fasilitator untuk perdagangan di pertukaran dan melakukan transaksi antara uang fiat yang dikeluarkan bank sentral dan dunia aset digital.

Pastikan Anda hanya melakukan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah. Anda juga bisa menyimak berbagai informasi terbaru mengenai kripto dengan mengunjungi website TokocryptoInstagramTwitter, serta  komunitas Tokocrypto!

Advertisement

DISCLAIMERBukan saran atau ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset kripto masih berisiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Popular

Exit mobile version