Market

Pasar Kripto Potensi Bullish, Awas Masih Ada Tekanan Makroekonomi

Published

on

Pergerakan pasar kripto di awal pekan kedua April begitu cerah dengan potensi sinyal bullish. Bitcoin (BTC) menikmati sesi akhir pekan yang bullish, naik 1,50% untuk berakhir di US$ 28.320. Itu adalah sesi hari Minggu (9/4) yang tenang, dengan volume perdagangan ringan selama akhir pekan perayaan Paskah. Kurangnya pengawasan SEC atau anggota parlemen AS mendukung sinyal bullish untuk pasar kripto.

Di samping itu, Trader Eksternal Tokocrypto, Fyqieh Fachrur, melihat dalam seminggu terakhir pemberitaan tentang hashtag #dedollarization di Twitter sedang menghangat. Banyaknya negara yang ingin menghilangkan ketergantungan terhadap dolar AS menjadi pemicunya. Hal ini juga memunculkan organisasi BRICS yang merupakan akronim dari Brazil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan. Dengan dominasi GDP gabungan sebesar 26,12% dari total GDP Seluruh dunia. maka BRICS adalah rival dari G7. 

“BRICS diisukan akan menerbitkan uang baru untuk mengganti pengunaan dolar AS. Dengan adanya hal ini maka USD mengalami pelemahan, dan kepercayaan masyarakat tentang US Dollar adalah store of value mulai berkurang. Hal ini akan menyebabkan terjadinya inflasi besar-besaran di negara Amerika Serikat, kata Fyqieh.

Potensi Gerak Pasar

Masyarakat mulai mengalihkan aset mereka ke dalam investasi yang mudah dicairkan dan mudah dibawa ke mancanegara seperti Bitcoin (BTC). Sentimen ini bisa menjadi salah satu pemicu pergerakan untuk pasar kripto bergerak naik. Jika memang terjadi, maka pasar kripto akan mengalami penguatan.

Crypto Heat Map by Coinmarketcap.com.

Berdasarkan total marketcap, dominasi Bitcoin berada pada 46.21% dengan harga US$ 28.437. Dominasi hari ini Senin (10/4), mengalami lonjakan sebesar 0.3%, walaupun terjadi lonjakan, aset altcoin lainnya masih tetap mengalami penguatan. Hal ini dikarenakan adanya trigger kenaikan lonjakan harga sebesar 2% pada waktu 01.00 hingga 05.00 WIB. Lonjakan yang terjadi selama empat jam ini merupakan trigger setelah adanya sideways harga yang terjadi pada Bitcoin.

BTC perlu menghindari pivot US$ 28.202  untuk menargetkan Level Resistensi Utama Pertama (R1) di US$ 28.638. Jika reli diperpanjang, BTC kemungkinan akan menguji Level Resistensi Utama Kedua (R2) di US$ 28.957 dan resistensi di US$ 29.000. Level Resistensi Utama Ketiga (R3) berada di US$ 29.711.

Advertisement

Sentimen Pasar

Bitcoin Fear and Greed Index by Alternative.me.

Baca juga: Bappebti Dorong Penguatan Regulasi & Pembinaan Ekosistem Aset Kripto

Berdasarkan Bitcoin Fear and Greed Index, saat ini sedang berada pada poin 61 dalam kategori Greed yang artinya Bitcoin sedang berada pada penguatan yang terkendali. Indikator ini menggabungkan keseluruhan berita sentimen yang terjadi di Bitcoin, selama sepekan terakhir. 

“Investor harus mewaspadai untuk pekan ini karena akan sibuk dengan berbagai perilisan data ekonomi. Utamanya perilisan data Consumer Price Index (CPI) bulan Maret 2023 di AS pada Rabu (12/4) dan hasil risalah The Fed bulan lalu pada hari yang sama. Ada kemungkinan pasar kripto akan kembali terkoreksi, sebelum melihat perkembangan dari perilisan data-data tersebut,” jelas Fyqieh.

Jika The Fed melihat perbaikan dalam inflasi, hal itu akan memperkuat ekspektasi FOMC untuk segera berhenti pada siklus kenaikan suku bunga saat ini. Alhasil akan mendorong pasar kripto untuk bullish atau bull run.

Berikut ini adalah aset kripto yang berpotensi bullish pada pekan ini.

Daftar Kripto Bullish

Unifi Protocol DAO (UNFI)

UNFI/USD Binance by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Unifi Protokol DAO bertujuan untuk menciptakan kelas blockchain berikutnya, yang dibangun berdasarkan prinsip keberlanjutan ekonomi. Menggunakan stablecoin sebagai pengganti biaya transaksi blockchain. 

Untuk saat ini UNFI gagal membentuk Rising Wedge (Bearish) dan terkonfirmasi mengalami pembalikan arah. Dengan adanya konfirmasi breakout, maka UNFI memiliki potensi untuk mengalami kenaikan sebesar 23.45% dari titik entry US$ 5,318 dan target potensi kenaikan berada pada harga US$ 6,56. Namun UNFI perlu menembus resisten terdekat nya di harga US$ 5,8.

Advertisement

Jika ternyata ini fake breakout, para trader bisa menargetkan untuk posisi cut loss pada harga US$ 5,18 dengan potensi kerugian kemungkinan sebesar US$ 2.5%. 

NEAR Protocol (NEAR)

NEAR/USD Binance by Fyqieh Fachrur – TradingView.com.

NEAR Protocol adalah blockchain layer-1 yang dirancang sebagai platform komputasi awan yang dikelola komunitas dan yang menghilangkan beberapa batasan yang telah menghambat persaingan blockchain, seperti kecepatan transaksi dan throughput yang rendah, dan interoperabilitas yang buruk.

Saat ini NEAR telah menembus garis resisten pada harga US$ 1,98 dengan candlestick full body. Artinya bahwa NEAR sedang dalam posisi pembelian yang kuat. Potensi pembelian bisa pada area US$ 2,01 dengan stop loss pada US$ 1,97 dan potensi kerugian dari titik entry ke stop loss sebesar 1,76%. Potensi kenaikan target sebesar 6,88% di harga US$ 2,144.

Liternity (LIT)

LIT/USD by Fyqieh Fachrur – TradingView.com.

Liternity merupakan salah satu project yang berfungsi sebagai otentikasi identitas terdesentralisasi dan manajemen data aktivitas infrastruktur. Saat ini LIT sudah terkonfirmasi breakout dari garis resistennya pada US$ 1,09 dan breakout ini menutup pada harga US$ 1,11.

Ini artinya sudah terkonfirmasi dan sudah retest line resistance-nya kembali namun masih kuat di atas resistence line nya. Maka potensi kenaikan akan terjadi dengan potensi kenaikan di harga US$ 1,275 keuntungan sebesar 13.33% dan stop loss pada harga US$ 1,07 dengan potensi loss sebesar 4,4%

Oasis Network (ROSE)

ROSE/USD Binance by Fyqieh Fachrur – TradingView.com.

Baca juga: Burger King Mulai Terima Pembayaran Bitcoin dan Kripto

Oasis adalah jaringan blockchain layer-1 terkemuka yang memungkinkan privasi dan dapat diskalakan. Ini menggabungkan throughput tinggi dan biaya bahan bakar rendah dengan arsitektur aman untuk menyediakan fondasi generasi berikutnya untuk Web3 dan akan mendukung DeFi, GameFi, NFT, Metaverse, Tokenisasi data, dan DAO Data.

Pergerakan harga ROSE terkonfirmasi breakout dari garis resistennya, itu artinya bahwa ROSE berpotensi untuk mengalami kenaikan sebesar 11,17% dengan target harga US$ 0,0661. untuk stop loss berada pada harga US$ 0,584 dengan resiko kerugian sebesar 1,77%.

Advertisement

Daftar Aset Kripto Bearish

Kyber Network V2 (KNC)

KNC/USD Binance Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Kyber network adalah sebuah protokol pertukaran kripto terdesentralisai yang dibangun di atas blockchain Ethereum. protokol ini memungkinkan pengguna untuk menukar aset kripto secara langsung dan aman tanpa melalui pihak ketiga.

Saat ini KNC memiliki potensi mengalami koreksi diakibatkan gagalnya menembus dari garis resistance di harga US$ 0,83. Potensi penurunan ini bisa mencapai minus -15,5% dengan target penurunan di harga US$ 0,655. Support pertama untuk KNC berada pada harga US$ 0,7 namun secara time frame yang lebih besar, KNC membentuk bearish Rising wedge.

Aave (AAVE)

 

AAVE/USD Binance Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

AAVE adalah platform keuangan terdesentralisasi yang berjalan di atas blockchain ETH. Platform ini memungkinkan pengguna untuk meminjam dan meminjamkan aset kripto mereka dengan bunga yang kompetitif. Selain itu, AAVE juga memiliki fitur staking dan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan imbal hasil dari aset kripto mereka

Potensi AAVE mengalami penurunan akibat gagal nya menembus garis resisten. Hal ini tentu biasa terjadi didalam dunia kripto. Potensi penurunan akan terjadi dalam seminggu ke depan akibat adanya dampak ETH shanghai yang dimana 14% supply ETH yang beredar akan bisa ditarik dari staking. Tentu saja ini akan berdampak pada harga secara short term. Potensi penurunan AAVE sebesar 12,35% di harga US$ 66,24.

DISCLAIMER:Analisa Market ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular

Exit mobile version