Market

Pendiri Waves Crypto: Manipulasi Pasar Kripto Adalah Tanda Akhir Zaman

Published

on

Sasha Ivanov, pendiri Waves, sebuah perusahaan blockchain yang memungkinkan pengguna untuk meluncurkan token kripto khusus, mengatakan bahwa otoritas pemerintah perlu mengatur industri kripto untuk menangani manipulasi pasar dan mencegah investor dari proyek yang merugikan.

Ivanov yang pernah bersitegang dengan pendiri FTX, Sam Bankman-Fried, akibat tuduhan secara ilegal memanipulasi harga proyek kripto, WAVES. Namun, ia membantah tuduhan itu dengan keras.

“Manipulasi pasar kripto adalah tanda akhir zaman. Kita yang berada di ruang (kripto) berharap itu tidak begitu, tapi tetap ada. Orang dengan dana besar dan tingkat kecerdasan tinggi dapat memperoleh keuntungan dengan mengorbankan investor pemula. Resolusi kami adalah regulasi yang adil,” kata Ivanov dikutip Bitcoinist.

Founder and CEO Waves, Sasha Ivanov. Foto: Getty Images.

Baca juga: Mengenal WAVES Coin dan Fiturnya

Lebih lanjut, Ivanov telah menunjuk ke arah peraturan atau regulasi untuk menjaga transparansi dan memastikan perlindungan pengguna.

“Meskipun ini mungkin bukan pendapat yang paling populer, saya yakin kita membutuhkan regulasi untuk melindungi pengguna. Karena itu, kami sangat mendukung untuk menemukan beberapa solusi nyata dan efisien melalui percakapan cerdas dengan regulator.”

Advertisement

Kasus Stablecoin USDN dan WAVES

Stablecoin USDN yang didukung WAVES kehilangan pasaknya dengan dolar AS berkali-kali pada tahun 2022. Terakhir, ia gagal mempertahankan pasaknya dengan dolar AS dan jatuh ke US$ 0,90 pada 26 Agustus.

Saat berbicara tentang bagaimana dia memperbaiki masalah itu dan mengendalikan situasi pada bulan April, ketika nilai USDN anjlok menjadi US$ 0,80, Ivanov menjelaskan bahwa dump terjadi karena enam akun whales meminjam likuiditas Vires Finance secara berlebihan.

Ilustrasi aset kripto Waves.

Baca juga: Market Aset Kripto Masih Mendung di Awal September ‘Ceria’

Karena jumlah bunga terus meningkat, menjadi tidak mungkin bagi whales yang kelebihan beban untuk membayar kembali pinjaman. Akibatnya, itu mengganggu harga setiap aset kripto dan kemungkinan WAVES.

“Ini adalah saat saya harus turun tangan untuk mengambil sekitar US$ 500 juta dari hutang buruk ini ke dompet saya sendiri untuk membayarnya secara bertahap. Tidak melakukan hal itu akan membuat akun-akun tersebut dilikuidasi, menciptakan lebih banyak tekanan jual karena kuantitas USDN yang terjual.”

Advertisement

Popular

Exit mobile version