Bitcoin News

Prediksi Nilai Bitcoin Setelah Tembus Harga Rp 445 Juta

Published

on

Nilai Bitcoin akhirnya menembus level US$ 30.000 atau sekitar Rp 445 juta yang merupakan level psikologi terkuat saat ini. Saat posisi nilai ini terjadi banyak para trader melenyapkan jutaan posisi short. Bagaimana prediksi Bitcoin ke depan?

Dalam dua hari terakhir, posisi short Bitcoin senilai US$ 107 juta telah dilikuidasi di seluruh bursa kripto utama, menurut situs analitik derivatif kripto, CoinGlass. Sekitar US$ 60 juta dalam posisi short ini telah dilikuidasi pada hari Selasa (11/4)saja.

Pada hari Selasa, Bitcoin (BTC) naik sebesar 1,95%. Menyusul reli 4,57% pada hari Senin (10/4), BTC mengakhiri hari di US$ 30.190.

Sentimen Pendorong Bitcoin

Dua hari ini sedang mengalami masa tenang, tanpa indikator ekonomi AS untuk mempengaruhi sentimen investor. Kurangnya statistik membuat pasar terus bertaruh pada kenaikan suku bunga The Fed sebesar 25 basis poin di bulan Mei mendatang.

Menurut CME FedWatchTool, ada peluang 69,2% dari kenaikan suku bunga 25 basis pada bulan Mei, naik dari 44,8% pada 4 April. Pergeseran sentimen terhadap The Fed membebani Indeks Komposit NASDAQ, yang turun 0,43% pada hari Selasa.

Advertisement

Faktor penyumbang lain untuk kembali reli di atas US$ 30.000 termasuk diamnya SEC menjelang sidang sub-komite aset digital pada 18 April di Capitol Hill. Selain itu juga ketidaksepakatan antara Ketua SEC, Gary Gensler dan Ketua CFTC, Rostin Behnam tentang klasifikasi kripto sebagai sekuritas dan komoditas harus memberikan perhatian yang lebih besar pada dengar pendapat.

Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Bagaimana Upgrade Ethereum Shanghai Bisa Pengaruhi Harga ETH?

Hakim yang memimpin kasus terkait kripto telah menyoroti masalah yang dihadapi investor maupun trader. Ketidaksepakatan di antara regulator, komentar Hakim yang menguntungkan, dan dukungan aset kripto yang meningkat di luar perbatasan AS telah meredam efek peraturan SEC dengan penegakan hukum.

Sentimen Jangka Pendek

Pasar kripto akan dihadapi oleh hari yang sibuk di kalender ekonomi AS. Laporan CPI AS dan risalah rapat FOMC akan mempengaruhi pergerakan pasar beberapa hari ke depan.

Setelah Laporan Pekerjaan AS, pasar bertaruh pada kenaikan suku bunga The Fed sebesar 25 basis poin pada bulan Mei. Laporan CPI dan risalah rapat FOMC dapat memperkuat kenaikan suku bunga menjadi 5,25%.

Sementara Laporan CPI kemungkinan akan menjadi pendorong utama, investor harus memantau berita kripto untuk aktivitas regulasi dan komentar anggota parlemen.

Advertisement

Pertemuan IMF/World Bank Spring Meetings akan berlangsung pada Rabu (12/4). Kripto cenderung menjadi topik hangat. Bersamaan dengan Pemerintahan AS, IMF telah mengambil sikap anti-kripto, dengan seruan untuk meningkatkan pengawasan regulasi yang mungkin menjadi tema umum.

Namun, pembaruan dari kasus SEC vs Ripple yang sedang berlangsung dan berita terkait Binance dan Coinbase perlu dipertimbangkan.

Prediksi Harga Bitcoin

Grafik harga harian BTC/USD. Sumber: TradingView.

Baca juga: 6 Tips Mengatur Uang THR untuk Investasi Aset Kripto Bagi Pemula

Dikutip FX Empire, Indikator teknis prediksi pergerakan harga Bitcoin bisa dilihat dari analisis teknikalnya. BTC perlu menghindari pivot US$ 30.088 untuk menargetkan Level Resistensi Utama Pertama (R1) di US$ 30.596. Pergerakan melalui tertinggi di US$ 30.494 akan menandakan sesi bullish yang diperpanjang.

Jika reli diperpanjang, BTC kemungkinan akan menguji Level Resistensi Utama Kedua (R2) di US$ 31.003. Level Resistensi Utama Ketiga (R3) berada di US$ 31.918.

Namun bila terjadi penurunan melalui pivot akan memainkan Level Dukungan Utama Pertama (S1) di US$ 29.681. Namun, kecuali aksi jual yang memicu risiko, BTC harus menghindari di bawah US$ 29.500 dan Level Dukungan Utama Kedua (S2) di US$ 29.173. Level Dukungan Utama Ketiga (S3) berada di US$ 28.258.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah. Anda juga bisa menyimak berbagai informasi terbaru mengenai kripto dengan mengunjungi website TokocryptoInstagramTwitter, serta  komunitas Tokocrypto.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular

Exit mobile version