Connect with us

Crypto

Bagaimana Upgrade Ethereum Shanghai Bisa Pengaruhi Harga ETH?

Published

on

Investor Menanti Pengaruh The Merge Ethereum. Foto: Getty Images.

Ethereum akan menyelesaikan upgrade Shanghai pada tanggal 12 April mendatang untuk menyelesaikan transisi ke Proof-of-Stake (PoS). Langkah ini akan memperkenalkan sejumlah peningkatan teknis ke jaringan, tetapi sebagian besar investor dan trader Ethereum hanya peduli pada satu hal: Penarikan staking dan harga ETH.

Dengan lebih dari 18 juta ETH—bernilai sekitar US$ 34 miliar—terkunci di jaringan Ethereum dan akan mulai tersedia untuk penarikan bagi validator, maka dapat dipahami bahwa investor merasa tidak nyaman tentang nasib harga kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar ini di masa depan.

Andrew Thurman, seorang analis data di Nansen, mengatakan menurut pandangannya akan terjadi perubahan harga dalam jangka pendek, bagaimanapun, akan “sedikit lebih diredam” daripada yang diharapkan oleh komunitas.

Upgrade Shanghai

Ilustrasi Ethereum.
Ilustrasi Ethereum.

Baca juga: Bappebti Dorong Penguatan Regulasi & Pembinaan Ekosistem Aset Kripto

Juga dikenal dengan nama konsensusnya Capella, Shanghai mengakhiri periode penguncian dua tahun pada ETH yang dipertaruhkan dan hadiah yang sesuai. Jika semuanya berjalan dengan baik, pembuat Ethereum akan dapat mulai mengirimkan permintaan penarikan ke jaringan segera setelah Shanghai ditayangkan—tetapi itu tidak berarti pengguna akan menerima dana pada hari pertama. Karena panjangnya antrean penarikan yang diantisipasi, pemegang mungkin harus menunggu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan untuk mengambil kembali aset mereka.

“Dengan banyaknya spekulasi apakah peristiwa ini akan menyebabkan penjualan besar-besaran dalam harga, penting untuk disadari bahwa antrean penarikan hanya memungkinkan serangkaian permintaan terbatas per hari (115.200),” Guilhem Chaumont, CEO dan salah satu pendiri Flowdesk, kata dalam pernyataan yang dibagikan dengan Decrypt.

“Jadi sementara mungkin ada tekanan ke bawah yang berkelanjutan pada harga, unstaking kemungkinan tidak akan menyebabkan penurunan yang tajam dan tiba-tiba.”

Staker individu, mereka yang mampu mengumpulkan setidaknya 32 ETH (bernilai sekitar US$ 60.000 dengan harga hari ini), dapat berharap untuk menunggu setidaknya dua hingga tiga hari untuk memproses permintaan penarikan. Mereka yang mengintai melalui kumpulan dan penyedia layanan lainnya, seperti Lido atau bursa kripto seperti Coinbase, mungkin harus menunggu beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk menarik dana mereka.

Advertisement

Analisis Harga ETH

aset kripto ETH
Ilustrasi Ethereum.

Baca juga: Market Watch: Mengapa Bitcoin dan Kripto Lain Naik Hari Ini (11/4)?

Ethereum (ETH) naik 2,74% pada hari Senin (10/4). Menyusul kenaikan 0,54% pada hari Minggu (9/4), ETH mengakhiri hari di US$ 1.911. ETH memegang pegangan US$ 1.900 untuk pertama kalinya dalam lima sesi.

Arus masuk staking ETH menjadi lebih tinggi pada hari Senin, tetapi tetap di level di bawah 10.000. Menurut CryptoQuant, arus masuk staking meningkat dari 8.864 ETH pada hari Minggu, menjadi 9.024 pada hari Senin. Arus masuk tetap di bawah 10.000 untuk sesi kedua berturut-turut, tren serupa dengan dua minggu sebelumnya.

Sementara arus masuk di level di bawah 10.000 merupakan sinyal bearish, ada tren berkelanjutan di bawah 10.000 selama akhir pekan, membatasi dampak harga pada ETH.

Arus masuk staking ETH dan nilai total staking akan menarik banyak perhatian karena tanggal peningkatan Shanghai semakin dekat. Upgrade Shanghai akan terjadi pada epoch 194.048 atau sekitar tanggal 12 April.

Terlepas dari angka staking ETH yang beragam, meningkatnya taruhan kenaikan suku bunga Fed dan resesi yang dipicu oleh The Fed mendorong permintaan untuk BTC dan pasar kripto yang lebih luas. Sentimen terhadap pemutakhiran Shapella yang akan datang berkontribusi pada sesi ETH yang bullish.

Pada saat penulisan, ETH naik 0,90% menjadi $1.928. Awal yang beragam membuat ETH jatuh ke titik terendah awal di US$ 1.909 sebelum naik ke titik tertinggi di US$ 1.939. ETH menguji Level Resistensi Utama Pertama (R1) di US$ 1.938.

Jika reli diperpanjang, bull kemungkinan akan menguji Level Resistensi Utama Kedua (R2) di US$ 1.965 dan resisten di US$ 2.000. Level Perlawanan Utama Ketiga (R3) berada di US$ 2.037.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah. Anda juga bisa menyimak berbagai informasi terbaru mengenai kripto dengan mengunjungi website TokocryptoInstagramTwitter, serta  komunitas Tokocrypto.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular