Crypto

Presiden AS, Joe Biden Rilis Aturan Baru Aset Kripto Disambut Suka Cita

Published

on

Market kripto bersuka cita, pasca Presiden Amerika Serikat, Joe Biden mengumumkan perintah eksekutif yang sangat dinanti pada aset digital dan akhirnya mengambil sikap mendukung terhadap industri tersebut.

Di dalam siaran pers bertanggal 9 Maret 2021, Joe Biden menyatakan dukungannya terhadap inovasi aset digital kripto yang bertanggung jawab. Selain itu, Departemen Keuangan AS juga akan bekerja sama dengan otoritas lainnya untuk menentukan masa depan uang fiat dan sistem pembayaran.

Pelaku pasar menganggap hal ini sebagai dukungan terhadap perkembangan aset kripto di AS. Imbasnya market kembali bergairah, sejumlah kripto big cap terpantau masuk zona hijau pada Kamis (10/3) pagi pukul 08.00 WIB, bahkan Bitcoin alami kenaikan hingga 8%.

Ilustrasi aset kripto.

Baca juga: Tokocrypto Market Signal 9 Maret 2022: Pasar Perlahan Bangkit, tapi…

Dukung Manfaat Aset Kripto

Presiden AS, Joe Biden telah menandatangani perintah eksekutif yang meminta pemerintahannya untuk memeriksa risiko dan manfaat aset kripto. Ini merupakan arahan yang telah lama ditunggu-tunggu yang telah membuat industri kripto gelisah.

Perintah eksekutif ini mencoba untuk memperbaiki kurangnya kerangka kerja untuk pengembangan aset kripto di AS, yang telah disambut secara luas oleh industri dan investornya.

Advertisement

Para kritikus mengatakan kurangnya kejelasan peraturan dapat menahan laju AS, ketika kripto sudah diterima oleh seluruh dunia. Kurangnya kejelasan peraturan juga sering disebut sebagai penghalang untuk adopsi institusional yang lebih besar di pasar crypto.

“Sangat mudah untuk melupakan seberapa banyak landasan yang telah dicakup oleh ekosistem ini dalam dua tahun terakhir, dalam hal legitimasi dan pendirian dari pemerintah AS. Tetapi perintah eksekutif ini menjelaskan bahwa pemerintah AS tidak melarang crypto, melainkan merangkulnya,” kata Travis Kling, CEO Ikigai Asset Management dilansir CNBC.

Ilustrasi aset kripto.

Baca juga: 5 Crypto dengan Kabar Potensial Pekan Ini: LUNA, KAVA, IOTX, FIL, POSI

Melindungi Konsumen Aset Kripto

Dalam perintah eksekutif yang ditanda tangani oleh Joe Biden, setidaknya ada enam hal yang jadi fokus utama. Tujuannya memastikan pengawasan dan perlindungan yang memadai terhadap risiko keuangan sistemik yang ditimbulkan oleh aset digital.

Keenam fokus utama tersebut adalah:

  1. Perlindungan konsumen dan investor.
  2. Stabilitas keuangan.
  3. Membasmi aktivitas ilegal di ruang kripto.
  4. Tingkat Daya saing AS di panggung global.
  5. Ciptakan Inklusi keuangan.
  6. Inovasi yang bertanggung jawab.

Dalam instruksinya, Biden mengatakan bahwa AS harus tetap mempertahankan kepemimpinannya di bidang teknologi di tengah pertumbuhan yang pesat.

“Membangun kerangka kerja untuk mendorong daya saing dan kepemimpinan AS, dan memanfaatkan teknologi aset digital,” tegasnya.

Advertisement

Baca juga: Perempuan Semakin Tertarik Investasi Kripto, tapi Minim Ilmu

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version